cara membuat masker kefir
Cara Membuat Masker Kefir dan yang Mudah dan Sederhana
25/10/2018
mengatasi biang keringat pada bayi
4 Langkah Untuk Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
25/10/2018

Khasiat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit Wajah

khasiat cuka apel

Khasiat Cuka Apel – Cuka apel merupakan minuman hasil fermentasi jus apel dan proses fermentasi alkohol dilakukan dengan memasukkan bakteri dan ragi ke dalam cairan hasil perasan apel.

Alkohol hasil fermentasi pertama kemudian diubah menjadi cuka oleh bakteri penghasil asam asetat.

Selain mengandung asam asetat, cuka apel yang diperoleh dari hasil fermentasi ini juga kaya mineral seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, magnesium, vitamin (A, B1, B2, B6, C, E), serta mengandung senyawa bioflavonoid dan pektin.

khasiat cuka apel
Khasiat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit Wajah

Tahukah Anda bahwa ternyata cuka apel tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, tetapi banyaknya bahan aktif membuat cuka apel memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Banyaknya khasiat ini membuat cuka apel banyak dicari oleh masyarakat dan inilah beberapa khasiat cuka apel yang perlu anda ketahui:

1.Mengatasi gangguan pencernaan

Mengkonsumsi asam cuka membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, asam lambung, dan maag.

Cuka apel mengandung bakteri baik yang akan menyerap saripati makanan yang tidak tercerna dengan baik. Untuk penyajiannya, anda bisa menambahkan madu dan cuka apel ke dalam segelas air hangat, dan minum setiap pagi hari.

2.Menurunkan berat badan

Cuka apel ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kandungan asam asetat dalam sari cuka apel ternyata mampu membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

Selain itu sari cuka apel juga bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga sangat bermanfaat bagi orang yang berniat mengurangi asupan makanan agar berat badan turun.

Baca Juga  6 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menggunakannya

Hanya saja, efek menurunkan berat badan ini tidak bisa didapatkan secara instan.

Tetapi merupakan efek jangka panjang dan harus dibarengi dengan pola makan sehat dan olahraga.

3. Mengontrol kadar gula darah

Nah, berikut ini adalah berita baik bagi penderita diabetes, karena cuka apel ternyata mampu mengatur kadar gula darah tetap normal.

Bahkan banyak pakar percaya bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 sendok makan cuka apel sebelum tidur, kadar gula darah bisa turun 2 sampai 6% pada pagi harinya.

Hal ini karena asam cuka memiliki kemampuan untuk menyerap karbohidrat sehingga kadar gula tidak naik drastis setelah makan makanan tinggi karbohidrat.

khasiat cuka apel

4.Menurunkan kadar kolesterol jahat

LDL (Low Density Lipoprotein) atau Kolesterol jahat dalam tubuh sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit.

Tapi siapa sangka mengkonsumsi cuka apel bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga  Manfaat Ubi Ungu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

Sari cuka apel diketahui memiliki kandungan asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan mengeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu cuka apel juga mengandung serat larut yang mampu menyerap kolesterol jahat dan lemak. Penurunan kadar kolesterol jahat ini akan mengurangi risiko beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi.

Untuk mengkonsumsinya, anda bisa minum langsung 2 sendok makan cuka apel tanpa campuran apapun. Tetapi jika tidak kuat dengan kandungan asam yang ada pada cuka apel, anda bisa mencampurnya dengan air putih, teh, jus buah, ataupun mengkonsumsi dalam bentuk suplemen.

5. Mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa sakit atau panas.

Tenggorokan yang tidak sehat juga bisa menimbulkan beberapa efek negatif diantaranya rasa perih ketika menelan makanan, suara serak, batuk, dan tenggorokan gatal.

Baca Juga  Selain Diminum, Ternyata Masker Susu Dancow Bisa Dimanfaatkan

Tapi jangan khawatir, karena ternyata cuka apel memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Cuka apel dengan sifat asamnya akan membantu membersihkan bakteri penyebab sakit tenggorokan, karena sebagian besar bakteri tidak mampu bertahan hidup di lingkungan yang asam.

Selain itu, cuka apel juga mengandung cairan ekspektoran alami yang membantu mengeluarkan dahak.

Sebagai obat sakit tenggorokan alami, anda bisa mencampur 2 sendok makan cuka apel ke dalam air hangat. Untuk mengurangi rasa asam, tambahkan madu, kemudian kumur-kumur dan minum dengan ramuan tersebut setiap 4 jam sekali.

6.Menjaga kesehatan kulit wajah

Selain menyehatkan, sari cuka apel ternyata bermanfaat juga untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa khasiat cuka apel bagi kulit wajah:

Mengatasi jerawat

Cuka apel mengandung asam malat yang memiliki peran penting sebagai anti bakteri dan anti jamur. Sehingga menggunakan cuka apel secara teratur akan melindungi kulit wajah dari kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga  Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari

Sebagai obat jerawat, campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:3. oleskan pada kulit dengan menggunakan kapas, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

• Mengurangi bintik hitam akibat penuaan

Kandungan senyawa asam asetan, antioksidan, danti mikroba dalam cuka apel ternyata mampu menghilangkan kulit mati dan memicu pembentukan sel kulit baru, sehingga bintik hitam akan memudar dan menghilang.

Untuk mengurangi bintik hitam di wajah, jangan gunakan cuka apel secara langsung di wajah karena kandungan asam yang tinggi bisa membuat kulit perih dan iritasi. Tetapi buatlah campuran cuka apel dengan air hangat dengan perbandingan 1:1. Lalu gunakan cuka apel sebagai toner atau masker yang dioleskan pada pagi setelah bangun dan malam hari sebelum tidur

• Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Pernahkah kulit terbakar oleh sinar matahari? Nah, ternyata cuka apel juga bisa dijadikan sebagai lotion alami yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet pada sinar matahari.

Dengan lotion alami ini, akan membantu mencegah kulit terbakar oleh matahari. Untuk membuat lotion cuka apel ini, campurkan 125 mL cuka apel dengan 1 L air. Basahi handuk dengan lotion ini lalu tepuk-tepuk handuk ke bagian kulit yang terbakar matahari.

Baca Juga  Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Nah, demikian tadi ulasan mengenai khasiat cuka apel. Harap diingat juga walau cuka apel memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, tetapi tetap harus bijak dalam menggunakannya. Pemakaian dengan kadar yang berlebihan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Selain itu, menggunakan cuka apel saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan. Tetapi faktor utama agar tubuh tetap bugar adalah gaya hidup sehat, pola makan bergizi, dan aktivitas fisik yang sehat. Jadi, tetap jaga gaya hidup sehat dan lengkapi dengan sari cuka apel

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *