jamu pelancar haid
6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Di Rumah
17/10/2018
cara cepat menumbuhkan kumis
Cara Cepat Menumbuhkan Kumis Dengan 10 Bahan Alami Dirumah
17/10/2018

13 Khasiat Buah Pir yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh

khasiat buah pir

Khasiat Buah Pir – Buah pir sangat familiar bagi kita. Tapi tahukah Anda jika ternyata buah pir memiliki khasiat yang menakjubkan?

Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam serta menyegarkan ini dulunya merupakan buah impor. Pada awalnya buah pir dibudidayakan di Eropa, Afrika Utara dan Asia Timur.

Baca Juga  Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

Buah pir berasal dari daerah yang beriklim sedang. Tetapi karena buah ini disukai banyak orang, kini buah pir sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Pada saat cuaca sedang panas, memakan buah pir terasa sangat menyegarkan karena buah ini mengandung banyak air.

13 Khasiat Buah Pir yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh

khasiat buah pir

Buah pir mengandung banyak nutrisi seperti kalori, magnesium, kalium, natrium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin C, serat, lemak tak jenuh dan lainnya.

Karena kaya akan nutrisi menjadikan buah pir ini banyak khasiat dan manfaatnya. Khasiat – khasiat buah pir yaitu :

1. Menyehatkan jantung

Buah pir kaya akan serat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Dengan khasiat buah pir tersebut buah pir dapat mencegah penyakit jantung serta menyehatkan jantung.

2. Melancarkan pencernaan

Buah pir mengandung serat tidak larut yang mampu memperlancar pencernaan. Di dalam buah pir terkandung 18% kebutuhan serat harian yang membuat khasiat buah pir mampu membantu melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga  6 Cara Membuat Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Di Rumah

Serat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makan makanan yang mengandung serat dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah pir mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi yang berfungsi meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Khasiat buah pir ini membantu meningkatkan sistem imun sehingga membuat tubuh kita tidak rentan sakit dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

4. Membantu menurunkan berat badan

Di dalam buah pir terkandung kalori rendah yang membuat khasiat buah pir ini mampu menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi pada buah pir membuat Anda akan kenyang lebih lama.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Buah pir memiliki kandungan mineral seperti kalium dan sodium. Karena kandungan tersebut khasiat buah pir ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung serta membantu kestabilan denyut jantung.

Pada buah pir terkandung senyawa antioksidan dan antikarsinogen glutathione yang bermanfaat menjaga tekanan darah agar tetap normal.

khasiat buah pir

6. Mengatasi peradangan

Buah pir bersifat antiinflamasi yang berguna untuk membantu mencegah dan meredakan masalah peradangan di dalam tubuh. Caranya dengan mengonsumsi jus buah pir maka khasiat buah pir dapat membantu Anda mengatasi peradangan.

7. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Buah pir selain menyegarkan ternyata juga memiliki indeks gliserin yang rendah. Khasiat buah pir ini baik saat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan kandungan serat pada buah pir dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

8. Mencegah osteoporosis

Penting untuk kita menjaga kesehatan tulang agar saat tua nanti tulang kita tidak keropos. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang, salah satunya buah pir. Khasiat buah pir dapat mencegah osteoporosis karena di dalam buah pir terdapat asupan boron yang berfungsi memaksimalkan proses penyerapan kalsium.

9. Mencegah penyakit stroke

Mengonsumsi buah pir dapat meminimalisir risiko terkena penyakit stroke karena buah pir dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga buah ini dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit stroke.

10. Mencegah penuaan dini

Dalam buah pir terkandung mineral tembaga, vitamin C serta vitamin K yang berperan sebagai antioksidan. Adanya kandungan nutrisi tersebut menjadikan khasiat pir ini dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Itu sebabnya buah pir ini dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Juga  Gak Cuma Buat Rujak, Ini Manfaat Buah Kedongdong Buat Kesehatan

11. Mencegah kanker

Tingginya serat pada buah pir dapat melawan sel – sel karsinogenik penyebab terjadinya kanker usus besar. Mengonsumsi buah pir dapat membantu membuang sel – sel karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh dan khasiat buah pir ini dapat mencegah kanker usus besar.

Senyawa antioksidan yang ada pada buah pir juga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Dengan mengonsumsi buah pir, Anda dapat menjauhkan diri dari penyakit kanker.

12. Membantu menjaga kesehatan janin

Buah pir mengandung asam folat yang sangat baik untuk wanita hamil. Asam folat ini dapat membantu menjaga perkembangan serta pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan. Asam folat ini dapat meminimalisir bayi terlahir cacat.

13. Digunakan sebagai scrub alami

Dalam buah pir terkandung scrub yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan sel –sel kulit mati. Dengan menggunakan buah pir sebagai scrub alami, maka kulit akan menjadi halus dan lebih lembut.

Anda juga dapat menggunakan buah pir ini untuk merawat kesehatan bibir. Karena buah pir mengandung asam laktat yang dapat menjaga kesehatan sel – sel di bibir dan melembabkan bibir sehingga bibir terhindar dari kekeringan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *