cara memutihkan ketiak secara alami
Jangan Malu, Ini 6 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Murah
15/02/2019
vitamin penambah nafsu makan anak
4 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Serta Cara Memilihnya
15/02/2019

Mengenal 4 Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan Wanita

khasiat buah pinang

Khasiat Buah Pinang – Ada yang pernah mendengar buah pinang? Buah ini berasal dari pohon pinang yang bentuknya mirip dengan pohon kelapa. Pada 17 Agustusan pohon pinang kerap kali digunakan sebagai lomba panjat pinang karena sangat tinggi dan licin.

Tanaman ini termasuk dalam jenis palma dengan batang pohon mencapai 25 meter dan langsing. Tidak heran pohon pinang digunakan untuk panjat pinang karena sulit dipanjat.

Tanaman ini awalnya tumbuh di China kemudian tersebar ke wilayah India dan Asia tenggara salah satunya Indonesia. Masyarakat pedesaan jaman dahulu biasanya memiliki tradisi ‘nginang’ yaitu mengunyah biji pinang untuk memperkuat gigi. Hanya saja gigi akan berubah menjadi warna merah.

Baca Juga  Selain Rasanya Manis, Ini 10 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Dilihat khasiat dari biji buah pinang bisa memperkuat gigi manusia, apakah manfaat dari buah pinang lainnya? Jika dilihat dari khasiatnya untuk kesehatan bisa berbagai mulai dari mengatasi masuk angin, mengatasi pencernaan yang bermasalah, sakit tenggorokan dan batuk. Hingga mengembalikan nafsu makan.

Mengenal 4 Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan Wanita

kandungan buah pinang

Tidak ketinggalan lagi khasiatnya untuk wanita. Buah pinang banyak digunakan untuk wanita mempercantik diri. Walaupun saat ini sudah mulai langka dan wanita di pedesaan masih menggunakan buah pinang untuk merawat kecantikannya.

Ingin tahu apa saja khasiat buah pinang untuk kecantikan? Berikut ini manfaat yang akan dirasakan jika menggunakan buah pinang dengan tepat.

1. Menghilangkah flek hitam

Jika wanita sering menggunakan kosmetik dan malamnya lupa tidak membersihkannya sebelum tidur, flek hitam akan muncul. Sangat sulit menghilangkan flek hitam dengan perawatan di salon. Selain sulit juga mahal.

Baca Juga  Cara Membuat Masker Timun dan 7 Manfaatnya Untuk Kecantikan Wajah

Buah pinang dapat mengatasi masalah flek hitam pada wajah wanita. Cara menggunakannya adalah parut satu biji pinang yang sudah tua. tambahkan sedikit air kemudian peras parutan buah. Oleskan perasan air pada area flek hitam di wajah. Lakukan langkah ini minimal dua kali sehari dengan rutin.

2. Menghilangkan keriput

Bagi wanita yang telah berumur 30 tahun lebih masalah keriput akan sangat mengganggu. Keriput menandakan penuaan dini telah terjadi. Untuk menghindari masalah keriput ini gunakanlah buah pinang dengan rutin.

Keriput dapat dihilangkan secara alami dengan buah pinang. Cara menggunakannya adalah jemur buah pinang yang telah diiris hingga kering. Haluskan hingga menjadi bubuk kemudian gunakan sebagai masker yang telah ditambahkan air. Diamkan masker pinang selama 30 menit. Dilakukan dua minggu sekali.

3. Atasi bibir kering

Bibir kering seringkali terjadi pada wanita yang menggunakan pemerah bibir secara rutin. Sayangnya lipstik atau kosmetik yang digunakan pada bibir tidak cocok. Nah bibir akan kering karena kosmetik yang tidak cocok dan kurang cairan.

Baca Juga  4 Cara Alami Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis Dirumah

Mengatasi bibir kering ini, Anda bisa menggunakan buah pinang. Caranya adalah dengan nginang atau mengunyah buah pinang. Cara ini akan membuat produksi air liru yang dapat membahasihi bibir secara berkala.

4. Mengatasi kulit berjerawat

Banyak sekali wanita yang mengeluh masalah jerawat khususnya pada saat akan haid. Jerawat muncul karena udara yang kotor dan hormon. Jerawat bisa saja membekas jika Anda sering memencetnya. Manfaat buah pinang untuk wajah berjerawat sangat manjur sehingga Anda tidak perlu lagi muncul bekas jerawat.

Baca Juga  Hindari Iritasi, Ini Cara Penggunaan Cuka Apel Untuk Jerawat

Cara menggunakannya adalah cuci bersih 3 buah pinang. Abla daging buah pinang kemudian oleskan pada area kulit yang berjerawat. Diamkan agar sari buah meresap menurunkan peradangan jerawat selama 20 menit. Lalu bilas kulit dan lakukan cara yang sama hingga jerawat di kulit menghilang.

Kenali juga Efek Samping Buah Pinang

manfaat buah pinang

Banyak khasiat buah pinang adapun efek samping yang harus dihindari. Jika Anda berencana untuk mengkonsumsi buah pinang secara langsung pastikan dosisnya tepat. Terlalu banyak mengkonsumsi buah pinang bisa menimbulkan detak jantung tidak beraturan.

Kandungan senyawa arekolin dapat mengakibatkan masalah farmakologis. Jika mengkonsumsi berlebihan padahal masalah yang dialami sudah hilang maka akan mengakibatkan kulit gatal dan panas.

Baca Juga  Hati-Hati Efek Begadang dan Bahaya Begadang Bisa Mengacammu

Masalah dapat berlanjut pada iritasi kulit yang sangat berbahaya. Bagi ibu hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi buah pinang karena sangat berbahaya untuk janin. Sari dari buah pinang dapat mengganggu kondisi kesehatan janin dan anak bisa terlahir cacat.

Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi buah pinang pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan berhenti ketika masalah yang dihadapi sudah sembuh.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *