manfaat daun seledri
Selain Dijadikan Bahan Makanan, Ini 3 Manfaat Daun Seledri
29/01/2019
manfaat kentang untuk wajah
3 Manfaat Kentang Untuk Wajah Yang Jarang Diketahui
29/01/2019

10 Khasiat Binahong Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

khasiat binahong

Khasiat Binahong – Tanaman binahong (Anredera Cordifolia) semakin populer saat ini. Daun berbentuk love pada tanaman ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun ini diperkirakan berasal dari Tiongkok namun saat ini banyak ditemukan di daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia tanaman binahong ini terkenal sebagai obat herbal.

Daun dan batang tanaman binahong dideskripsikan sebagai: antioksidan, antimikroba, antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, analgesik, antiulcer, gastroprotektif, lambung, hepatoprotektif, nefroprotektif, diuretik, antidiabetik, antihipertensi, hipolipidemik, antikanker stimulan penyembuhan luka, hemostatik, anti-parasit dan antiobesitas.

Apa Sajakah Kandungan Daun Binahong?

Daun binahong mengandung: saponin 28mg/g (triterpenoid saponin [boussingoside A1]), flavonoid (tetrahydroxyflavonol, desmosflavone, demethoxymatteucinol), polifenol, alkaloid, kuinon, steroid (beta-sitosterol, asam sulfida, asam sulfida) L-arabinose, D-galaktose, L-rhamnose, D-glukosa), glikosida, asam askorbat, asam oleanolic, fenol dan senyawa fenolik (p-coumaric acid).

Baca Juga  15 Manfaat Daun Binahong Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Selain itu, 100g daun binahong juga mengandung: 136 mg potasium, 89 mg kalsium, 18 mg fosfor, 1,61 mg besi, 0,78 mg vitamin C, 0,59 mg niasin, 0,13 mg vitamin B2, 0,01 mg vitamin B1. Sedangkan pada umbi binahong mengandung: saponin 43mg/g (saponin triterpenoid [larreagenin, 3ß-hydroxy-30-noroleana-12, 18-dien-29-oate, boussingoside E dan quinosaponin-9]), flavonoid, polifenol, polisakarida, tanin, steroid, protein (anacodin), asam ursolat.

10 Khasiat Binahong Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

manfaat daun binahong

1. Mengatasi Infeksi

Tanaman binahong mampu melawan berbagai jenis infeksi, baik bakteri, virus, jamur atau parasit. Khasiat binahong ini juga bisa digunakan dalam pengobatan penyakit menular seksualitas. Aktivitas antibakteri tanaman ini telah digambarkan mirip dengan antibiotik penisilin dan tetrasiklin, dengan spektrum target yang luas.

Studi telah menunjukkan bahwa ramuan ini menghambat pertumbuhan Aeromonas hydrophila, bakteri yang ditemukan pada ikan, yang menyebabkan gastroenteritis pada manusia, dan Streptococcus pyogenes yang dapat menyebabkan tonsilitis.

2. Mengatasi Penyakit Hati

Di negara Tiongkok dan Indonesia, khasiat binahong dikonsumsi sebagai agen pelindung hati, regeneratif dan antiinflamasi, digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati seperti hepatitis.

3. Mengatasi Masalah Perut

Khasiat binahong dapat digunakan untuk membantu mengatasi banyak gangguan lambung dan pencernaan seperti infeksi, gastritis, radang usus, dan diare. Meskipun pada umumnya dianggap sebagai ramuan anti-diare, karena antimikroba. Binahong juga dapat menenangkan perut dan merelaksasi otot lambung.

4. Mengatasi Masalah Pernapasan

Khasiat binahong juga tercatat bisa mengobati asma, bronchitis, TBC, dan umumnya untuk batuk apa pun.

5. Mengatasi Gangguan Kardiovaskular

Di Indonesia khasiat binahong juga digunakan untuk mengobati banyak keluhan kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan pembekuan darah.

Ekstrak daun binahong pada dosis 50 mg / kg bb memiliki aktivitas antihipertensi, juga mengurangi denyut jantung yang diinduksi oleh adrenalin dan menunjukkan efek diuretik yang lemah dibandingkan dengan furosemide.

Tanaman ini juga terbukti memiliki manfaat dalam mengobati penyakit jantung dengan menurunkan lipid, trigliserida, dan level LDL, dan dengan meningkatkan level HDL.

khasiat daun binahong

6. Mengobati Diabetes

Tanaman ini biasa digunakan sebagai obat anti-diabetes tradisional, daunnya direbus, dan rebusannya diminum setelah dingin.

Daun binahong mengandung senyawa yang bernanama alkaloid yang bersifat hipoglikemik dan senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain itu, juga bisa menurunkan kandungan alkaloid, gula darah pun bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Baca Juga  Selain Dijadikan Bahan Makanan, Ini 3 Manfaat Daun Seledri

7. Mempercepat penyembuhan luka

Tanaman binahong terkenal di banyak negara Asia Tenggara dan Amerika Selatan sebagai obat yang mempercepat penyembuhan luka. Daun binahong dapat digunakan secara eksternal pada luka, bekerja sebagai antiseptik, dan agen anti-inflamasi Penggunaannya juga telah terbukti efektif mempercepat penyembuhan luka.

8. Mengatasi Masalah Ginjal

Di Indonesia tanaman binahong digunakan secara tradisional untuk mengobati infeksi ginjal. Dalam Pengobatan Tradisional Cina tanaman ini (terutama umbi) digunakan dalam persiapan herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit ginjal dan sebagai agen nefroprotektif dan diuretik.

Tes laboratorium juga telah membuktikan bahwa daun binahong dapat mencegah kerusakan racun pada ginjal, membantu regenerasi sel – sel ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 15 Penyebab Terlambat Haid

9. Melancarkan Siklus Haid

Siklus haid yang tidak lancar bisa menjadi masalah tersendiri bagi wanita karena bisa membuat nyeri yang parah saat haid terlambat datang. Rebusan daun binahong dapat mengatasi masalah tersebut karena rebusan daun binahong dapat melancarkan siklus haid.

10. Melawan Kanker

Rebusan daun binahong bisa digunakan untuk melawan kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong menjanjikan agen antikanker terhadap sel kanker serviks HeLa (menunjukkan aktivitas sitotoksik dan mempromosikan apoptosis dalam sel HeLa dengan nilai IC50 75 µg / mL), dan aktivitas yang baik terhadap sel kanker kolon HT-29 dan payudara.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun binahong dapat membantu melawan kanker. Khasiat binahong ini bisa didapatkan dengan merebus 30 gram daun binahong dengan 1 liter air kemudian tunggu hingga mendidih. Air rebusan daun binahong ini bisa diminum 3 kali sehari.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *