fsj di jerman
Syarat, Fasilitas, dan Gambaran Umum FSJ di Jerman
18/03/2019
sejarah jerman
Mengenal Sejarah Jerman dan Penyebab Pecahnya Negara Jerman
19/03/2019

3 Pilihan Kerja di Jerman Gratis, Mau Pilih yang Mana?

cara kerja di jerman gratis

Kerja di Jerman Gratis – Bagi kamu yang ingin mencari pengalaman budaya di Jerman, akan lebih baik apabila diselingi dengan pekerjaan ringan. Artinya, kamu bisa belajar bahasa kebudayaan Jerman lainnya sembari bekerja ringan dan mendapatkan uang saku.

Untungnya juga, banyak pekerjaan di Jerman yang tidak memerlukan biaya masuk ataupun jenjang pendidikan yang sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa macam kerja di Jerman gratis yang bisa kamu coba.

3 Pilihan Kerja di Jerman Gratis, Mau Pilih yang Mana?

kerja di jerman gratis

1. Aupair

Aupair merupakan pekerjaan yang lebih mirip pertukaran budaya bagi anak-anak remaja berusia 18 tahun hingga 26 tahun. Maksudnya, anak muda tersebut masuk ke Jerman sebagai pekerja tetapi memiliki waktu yang sangat cukup untuk belajar budaya.

Aupair ini juga sangat mirip dengan konsep Homestay, dimana seorang anak muda tinggal bersama sebuah keluarga di Jerman. Semua kebutuhan anak tersebut akan dipenuhi oleh keluarga, namun tentunya anak tersebut harus melakukan beberapa pekerjaan rumah.

Baca Juga  Mengenal Tugas Aupair dan Cara Mengikuti Aupair Jerman

Seorang pekerja Aupair bahkan akan memperoleh ciri khas pembelajaran bahasa sebelum berangkat ke Jerman, sehingga tidak terlalu kesulitan berkomunikasi dengan keluarga. Setiap bulan, pekerja Aupair juga akan diberi uang saku gitar 260 euro.

Sementara itu, tugas yang harus dilakukan hanyalah tugas-tugas yang berhubungan dengan anak kecil di dalam keluarga tersebut. Misalnya, menghantar dan menjemput anak dari sekolah atau menyiapkan makanan bagi anak-anak.

2. Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ)

Apabila kamu ingin mencari gaji yang lebih tinggi dan tidak masalah dengan pekerjaan lebih berat, kerja di Jerman gratis sebagai FSJ ini bisa jadi pilihan.

Freiwilliges Soziales Jahr atau FSJ adalah pekerjaan menyerupai volunteer di bidang sosial. Freiwilliges Soziales Jahr ini memiliki banyak cabang di berbagai bidang sosial, namun khusus untuk orang-orang yang berasal dari luar Jerman, hanya tersedia 2 cabang yang dapat dimasuki, yaitu volunteer di Panti Jompo dan volunteer untuk pelayanan bagi anak-anak disabilitas.

Baca Juga  Syarat, Fasilitas, dan Gambaran Umum FSJ di Jerman

Berbeda dengan Aupair yang akan tinggal bersama sebuah keluarga di dalam satu rumah, para pekerja Freiwilliges Soziales Jahr ini akan memiliki tempat tinggal tersendiri yang ditanggung oleh penyedia pekerjaan. Gaji yang diberikan setiap bulannya pun lebih tinggi, yaitu sekitar 300 hingga 500 Euro.

Para pekerja Freiwilliges Soziales Jahr ini pun akan mendapatkan identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk kok berbagai fasilitas umum, seperti museum dan seminar-seminar tertentu.

info kerja di jerman gratis

3. Ausbildung

Ini bisa jadi pilihan kerja di Jerman gratis apabila kamu ini sekaligus menempuh pendidikan. Ausbildung adalah sebuah pekerjaan yang lebih menyerupai magang, yang di fokuskan kepada anak-anak berusia 18 tahun hingga 27 tahun. Pelakunya disebut azubi.

Seorang azubi akan lebih cenderung sebagai pelajar ketimbang sebagai volunteer. Itu karena ketika seseorang menjalani Ausbildung, dia akan mendapatkan pendidikan di dalam kelas.

Ausbildung ini sendiri menyerupai sebuah jenjang pendidikan yang ada di Jerman, yaitu berufschule. Berufschule merupakan pendidikan yang memungkinkan seorang pelajar dapat mengambil 2 hari kelas belajar dalam seminggu, antara sisanya akan digunakan untuk praktek magang di sebuah perusahaan.

Baca Juga  Mau Cari Kerja? Ini 3 Cara Kerja di Jerman Untuk Anak Muda

Seorang azubi akan digaji sebesar 370 Euro setiap bulan dan akan bertambah 10% setiap tahunnya. Azubi tersebut memang tidak termasuk ke dalam pekerja di perusahaan yang dimasuki, namun sertifikat yang dikeluarkan nanti akan sangat berguna sebagai portofolio. Sertifikat yang dimaksud bahkan bernilai seluruh wilayah Eropa.

Itulah tadi beberapa pilihan kerja di Jerman gratis. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai informasi bagaimana cara kerja di Jerman gratis maka kamu bisa membuka virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *