cara meniruskan wajah
5 Tips Cara Meniruskan Wajah Bagi Wanita yang Praktis
25/05/2019
penyebab biduran
Kenali Penyebab Biduran Cara Mengatasi Biduran dan Mencegahnya
27/05/2019

6 Kegunaan Cuka Apel yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

kegunaan cuka apel

Kegunaan Cuka Apel – Cuka sari apel akhir-akhir ini mulai populer di kalangan wanita. Banyak yang mengatakan bahwa fungsinya sangat baik untuk menurunkan berat badan hingga menghilangkan jerawat. Bagi mereka yang sedang diet pasti menambahkan menu cuka apel dalam menu makanan.

Cuka apel sendiri terbuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim yang meningkatkan kesehatan. Kadar gula yang masuk dan kalori ke dalam tubuh jauh lebih sedikit dibandingkan sari apel atau jus apel.

Baca Juga  Tak Perlu Beli, Ini 8 Cara Membuat Cuka Apel Di Rumah

Hanya dibutuhkan satu hingga dua sendok makan cuka apel untuk mendapatkan khasiatnya. Masing-masing dari satu sendok makan cuka apel hanya mengandung 3-5 kalori dan sedikit gula.

6 Kegunaan Cuka Apel yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

 kegunaan cuka apel untuk kesehatan tubuh

Beberapa kemasan cuka apel menampilkan khasiatnya seperti menyembuhkan gejala pilek, alergi flu dan juga asam lambung. Namun benarkah demikian? Yuk simak 5 kegunaan cuka apel yang dibutuhkan tubuh.

1. Mengatur kadar gula darah

Cuka apel terkenal memiliki kemampuan untuk mengatur gula darah karena kandungan gulanya yang sangat rendah. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabets, cuka apel terbukti mampu menurunkan diabetes dalam waktu empat minggu.

Sensitivitas insulin yaitu hormon yang mengangkut gula darah ke jaringan dimana ia digunakan sebagai bakar akan meningkat. Mempertahankan kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengurangi efektivitasnya dan menyebabkan gula darah tinggi dan diabetes.

Baca Juga  Khasiat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit Wajah

2. Meningkatkan penurunan berat badan

Para ahli kebugaran dan ahli kesehatan alami merekomendasikan diet cuka sari apel untuk membantu menurunkan lemak yang tidak diinginkan dengan cepat. Tetapi apakah cuka sari apel baik untuk menurunkan berat badan?

Pada sebuah studi, mengkonsumsi cuka apel selama 12 minggu mampu menghasilkan 4 pon lemak tanpa adanya diet. Hal ini disebabkan cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan makan.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang dapat menumpuk di arteri, menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras. Cuka sari apel dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

Pada penelitian yang dilakukan di Iran terhadap tikus, pemberian cuka apel akan mengurangi kadar kolesterol LDL yang buruk dan meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat. Cukup dengan mengkonsumsi satu hingga dua sendok cuka sari apel dalam makanan.

 kegunaan cuka apel

4. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Ketika tekanan darah meningkat akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras, menyebabkan otot jantung melemah dan memburuk seiring waktu.

Penelitian yang dilakukan pada hewan memberikan hasil bahwa cuka secara efektif memblokir aksi enzim tertentu yang meningkatkan tekanan darah. Cara alami lain yang bisa ditempuh untuk mengurangi tekanan darah dengan asupan magnesium dan kalium.

Baca Juga  Lupakan Obat, Ini 15 Cara Menghilangkan Bruntusan Tanpa Efek Samping

5. Meredakan gejala refluks asam

Penyakit gastroesophageal reflux, merupakan kondisi dengan aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Masalah ini dapat menimbulkan gejala seperti mulas, bersendawa dan mual. Asam lambung disebabkan oleh rendahnya kadar asam lambung.

Oleh karena itu jika Anda mengkonsumsi cuka apel akan meningkatkan kadar asam lambung. Sehingga akan meringankan gejala refluks asam sehingga saluran pencernaan menjadi lebih baik.

Hasil terbaik bisa Anda dapatkan dengan mengencerkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam 8 gelas air minum. Cukup konsumsi sebelum makan dan ikuti diet asam lambung yang kaya dengan sayuran, lemak sehat dan makanan fermentasi.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Cuka apel tidak hanya mempengaruhi kesehatan dalam tubuh namun juga kegunaan cuka apel ternyata mampu mengobati jerawat dan mengembalikan kulit menjadi lebih cerah. Cuka terkenal dengan sifat antibakteri dan telah terbukti efektif terhadap banyak strain bakteri berbahaya.

Komponen yang terdapat dalam cuka sari apel seperti asam asetat, asam laktat, asam suksinat dan asam sitrat terbukti mampu menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes. Bakteri ini adalah penyebab timbulnya jerawat pada kulit.

Berbagai komponen tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi jaringan parut. Sebuah studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa asam laktat dapat memperbaiki tekstur, pigmentasi dan penampilan kulit yang dirawat hingga bekas luka.

Baca Juga  Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Menambahkan beberapa makanan probiotik ke dalam makanan Anda, menggunakan masker dan toner akan menjaga kulit Anda dan meningkatkan penyembuhan.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *