efek samping the raskin
Awas, Ini 5 Efek Samping Theraskin Palsu yang Harus Diwaspadai
29/06/2019
perekonomian negara jerman
5 Hal Yang Memajukan Perekonomian Negara Jerman yang Patut Ditiru
01/07/2019

6 Karakter dan Kebiasaan Orang Jerman Yang Perlu Kita Ketahui

kebiasaan orang jerman

Kebiasaan Orang Jerman – Bagi kalian yang mau ke Jerman, pasti akan bertanya-tanya tentang kebiasaan orang Jerman. Apalagi kalau kalian mau tinggal di Jerman dalam jangka waktu lama. Apakah mau bekerja atau kuliah, penting untuk mengetahui kultur maupun kebiasaan penduduk lokal.

Apalagi tradisi Jerman dan Indonesia sangat berbeda, sehingga mengetahui kebiasaan mereka akan membantu beradaptasi dengan kehidupan Jerman. Nah apa saja kebiasaan orang Jerman yang perlu kita tahu? Ini dia ulasannya

6 Karakter dan Kebiasaan Orang Jerman Yang Perlu Kita Ketahui

kebiasaan orang jerman

1.Minta maaf karena terlambat

Kebiasaan orang Jerman yang pertama adalah ketepatan waktu sangat penting bagi orang Jerman. Tapi tidak semua orang bisa selalu tepat waktu. Orang akan merasa sangat bersalah dan meminta maaf, walau hanya terlambat tiga menit.

Jadi kalau kalian ada janjian dengan orang Jerman, ada baiknya datang 10 atau 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Bagi orang Jerman, punktlichkeit atau tepat waktu menjadi cara untuk menghargai orang lain

Baca Juga  6 Catatan Penting Sebelum Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses

2.Perfeksionis

Kebanyakan karakter orang jerman adalah ingin segalanya berjalan sempurna sudah menjadi mentalitas dan karakter orang Jerman. Mereka sangat memperhatikan pekerjaan mereka.

Bukan cuma hasil, prosesnya pun harus dilakukan sesuai standar. Mereka selalu mengikuti peraturan dan tidak membiarkan kecerobohan terjadi. Makanya tidak heran kalau kualitas produk Jerman diakui di seluruh dunia.

3.Jangan berkunjung dengan tangan kosong

Kebiasaan orang Jerman yang selanjutnya adalah saling memberi telah menjadi budaya bagi orang Jerman. Mereka sangat menjunjung prinsip tngan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Walau berupa oleh-oleh sederhana, orang Jerman terbiasa membawa hadiah saat berkunjung.

Salah satu barang yang sering dibawa adalah bunga. Orang Jerman biasa menberi bunga saat berkunjung ke rumah orang tua. Atau saat bertamu ke rumah teman, berikan bunga pada nyonya rumah (istrinya). Intinya, jangan pernah datang dengan tangan kosong.

4.Minum kopi di hari minggu

Setelah sibuk dengan pekerjaan di hari kerja, hari minggu merupakan “hari istirahat nasional” bagi kebiasaan orang Jerman. Sebagaimana disiplin dalam bekerja, mereka juga disiplin dalam libur. Makanya kalau kalian mengajak janjian orang Jerman di hari minggu dan ditolak, belum tentu karena mereka tidak suka dengan kalian.

Itu mungkin karena mereka sedang berkumpul di rumah kakek atau nenek di hari minggu. Mereka terbiasa berkumpul dengan keluarga, walau sekedar untuk minum kopi. Jadi kalau kalian ingin mengikuti gaya hidup ala orang Jerman, cobalah minum kopi di hari minggu.

Baca Juga  Ciri Khas Negara Jerman dari yang Sepele Hingga Mengagumkan

5.Menghormati orang lain

Walaupun telah menjadi negara modern, karakter orang Jerman tidak kehilangan nilai-nilai dalam menghormati orang lain. Mereka dengan sangat hormat akan menyebut kolega atau orang yang belum dikenal dengan sebutan herr (tuan) atau frau (nyonya).

Jabat tangan bisa diartikan juga dengan penghormatan. Ketika bertemu orang Jerman, usahakan untuk menjabat tangan mereka dengan erat dan menatap penuh hormat. Jabat tangan yang hangat bisa menjadi awal yang baik untuk menjalin hubungan dengan orang Jerman, karena mereka akan menganggap itu sebagai rasa hormat.

6.To the point

Bagi kalian yang suka berbasa-basi, cobalah untuk dihilangkan saat hidup di Jerman. Jika kalian melihat kesalahan, jangan ragu untuk mengoreksi secara langsung. Bicara langsung pada inti permasalahan membuat mereka lebih cepat paham.

Begitu juga saat diskusi. Karakter orang Jerman tidak akan ragu mengungkapkan pendapat yang berbeda. Bagi mereka, berdebat adalah hal yang biasa. Mereka tidak akan segan bersikap kritis sampai mendapat jawaban yang berdasar dan masuk akal.

Nah itu tadi 6 kebiasaan orang Jerman yang beberapa diantaranya sangat baik kalau bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita. Dengan mengetahui beberapa kebiasaan orang Jerman ini, semoga menjadikan kalian lebih siap saat tinggal dan bergaul dengan penduduk Jerman. Sampai bertemu di artikel lainnya ya!!

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *