manfaat ampas kopi
Manfaat Ampas Kopi Mulai Dari Kecantikan hingga Pengusir Serangga
18/10/2018
cara menghilangkan bruntusan di wajah
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Bahan Alami
20/10/2018

Wajib Tahu, Ini Pembagian Jumlah Penduduk Jerman Di Setiap Negara Bagian

jumlah penduduk jerman

Jumlah Penduduk Jerman – Populasi penduduk dunia selalu meningkat setiap tahunnya tidak terkecuali di negara Jerman. Banyak yang mengira bahwa jumlah penduduk yang menempati di setiap negara bagian di Jerman sedikit.

Namun pada kenyataannya negara Jerman mengalami kenaikan yang cukup tinggi bahkan di tahun 2018 ini. Saat ini Jerman memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 82,29 juta yang membuatnya menempati rangking ke 17 dengan jumlah penduduk terbanyak.

Baca Juga  Catatan dalam Memilih Preschool Jakarta yang Terbaik Untuk Anak

Jerman yang juga merupakan salah satu negara terbesar di Eropa jika dihitung terdapat 227 penduduk/ kilometer dan menempati rangking 58 kepadatan penduduk di dunia.

Estimasi jumlah penduduk yang adai di Jerman tersebut telah tercatat bahwa 3.4 juta penduduknya tinggal di luar negeri.

jumlah penduduk jerman

Ada 4 grup yang tercatat di Jerman sebagai monoritas

Tahukah Anda bahwa ada 4 grup yang tercatat di Jerman sebagai monoritas yang artinya nenek moyang mereka tinggal di satu tempat selama berabad-abad. Grup ini adalag Sorbs, Danes, Frisian, Roma dan Sinti.

Terdapat 50.000 orang Danes di bagian paling utara Jerman. Orang Surbs yang merupakan orang Slavic tinggal di daerah Lustia. Gvrup terbesar adalah Frisian di negara bagian Saxony dan di bagian barat Scleswig-Holstein.

Jika dibagi dari kepercayaannya seluruh populasi yang ada di negara Jerman menganut agama kristen dengan pembagina katolik roma 29.9% dan protestan 29.8%. Selaim agama kristen terdapat juga kristen ortodhok yang menempati 1.3%. Agama islam adalah agama kedua terbanyak yang ada di Jerman dengan estimasi sebanayak 6.1%. Jumlah ini diperkirakan oleh Pew Research Survey di tahun 2017.

Jerman adalah negara dengan populasi orang islam terbanyak kedua di dunia yang mendekati jumlah 5 milyar orang dan diprediksi akan meningkat secara signifikan beberapa tahun ke depan. Salah satu grup terbanyak sesuai anutan ajaran agama adalah orang yang tidak percaya atau sama sekali tidak menganut agama.

Populasi ini mencapai hingga 34%. Jumlah orang atheis dan agnostics paling banyak berada di Jerman timur daripada Jerman barat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya partai komunis yang ada di Jerman Timur.

Jika melihat keseluruhan populasi yang mencapai 82.29 juta di tahun 2018 ni semuanya terbagi dalam 16 negara bagian yang ada di Jerman. Masing-masing negara bagian tidak memiliki jumlah yang sama karena disebabkan oleh beragam faktor seperti fasilitas yang ada di kota tersebut dan juga merupakan ibu kota negara bagian.

Baca Juga  6 Tempat Wisata di Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Dikunjungi

Setiap negara bagian memiliki kota dengan jumlah penduduk Jerman paling banyak bahkan mencapai 1 juta orang yaitu terbagi pada emat kota Berlin, Hamburg, Munich dan Cologne. Cotohnya saja seperti di Hamburg, kota ini tercatat memiliki 1.8 juta penduduk pada tahun 2012 namun sebagai kota metropolitan, kota ini sebenarnya merupakan rumah dari 5 juta penduduk.

Dusseldorf merupakan kota nomor tujuh terbesar di Jerman dan memiliki populasi yang mendekati 600 ribu juta jiwa namun sebagai kota metropolitan, kota ini merupakan rumah dari 11.3 juta penduduk.

Menjadikan kota metropolitan merupakan nama yang sangat penting dan membuat banyak penduduk yang mencari lapangan pekerjaan di sana. Seperti di Indonesia, Jakarta yang merupakan ibu kota negara menjadi kota besar yang dituju masyarakat untuk mencai lapangan pekerjaan.

jumlah penduduk jerman
Wajib Tahu, Ini Pembagian Jumlah Penduduk Jerman di Setiap Negara Bagian

Pembagian jumlah penduduk di Jerman berdasarkan dengan negara bagiannya terbagi sebagai berikut ini:

1. Berlin mencapai populasi 3.439.100

2. Hamburg mencapia populasi 1.769.117

3. Munich mencapai penduduk 1.330.440

4. Cologne mencapia penduduk 998.105

5. Frankfurt mencapai penduduk 671.927

6. Suttgart mencapai penduduk 600.068

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

7. Dusseldorf mencapai penduduk 586.217

8. Dortmund mencapai penduduk 581.308

9. Essen mencapai penduduk 576.259

10. Bremen mencapai penduduk 547.685

Sensus penduduk yang diadakan di Jerman terakhir kali diadakan pada tahun 1987. Setelah itu pemerintahan Jerman mendapatkand ata penduduk dengan menggunakan sampel data yang didapatkan dari pertambahan penduduk sangat kecil yaitu 1%.

Baca Juga  Ingin Kuliah Di Universitas Kedokteran di Jerman? Perhatikan Hal Ini

Saat ini dengan jumlah penduduk Jerman tersebut, negara Jerman telah menghabiskan 265 juta dollar tiap tahunnya untuk kebutuhan keluarga.

Beberapa ahli khawatir bahwa negara Jerman telah menunggu terlalu lama untuk mencoba mengatasi masalah kependudukannya, dan meningkatkan tingkat kemakmuran di bidang ekonomi telah terbukti sulit.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *