negara yang menggunakan bahasa perancis
Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis Dalam Kesehariannya
03/07/2019
keadaan alam jerman
Dibalik Kemajuannya, Ini 4 Keadaan Alam Jerman Yang Mempesona
04/07/2019

Mau ke Jerman? Ini dia Iklim di Jerman Yang Harus Diketahui

iklim di jerman

Iklim di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara Eropa yang banyak disukai dan dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Salah satu sebabnya adalah karena iklim sedang atau moderat yang ada di Jerman. Makanya jangan heran kalau sangat jarang terjadi cuaca ektrem, dimana temperatur sangat tinggi di musim panas maupun membeku di musim dingin.

Iklim di Jerman ini sangat ideal untuk bercocok tanam. Ditambah lagi curah hujan yang banyak dan terdistribusi merata. Kondisi alam yang sangat baik ini dimanfaatkan oleh orang Jerman untuk mengembangkan pertaniannya, terutama di daerah Jerman utara seperti Bremen, Lübeck, Hamburg, Rostock, dan Kiel.

Mau ke Jerman? Ini dia Iklim di Jerman Yang Harus Diketahui

 iklim di jerman

Tapi seperti umumnya terjadi pada negara-negara Eropa, iklim di Jerman dapat berubah dengan cepat dan tidak stabil. Perubahan yang luar biasa menyebabkan beberapa kondisi mendadak seperti dingin, panas, angin, kabut, salju, maupun badai.

Ini bisa terjadi karena adanya angin dari samudera Atlantik bertumbukan dengan massa udara dingin yang bergerak dari Eropa timur laut, Rusia, atau kutub utara.

Baca Juga  Beasiswa kuliah di Jerman dan Program Jurusannya

Iklim sedang di Jerman sendiri sebenarnya didominasi oleh iklim darat dan laut. Iklim sedang dicirikan dengan musim dingin yang memiliki suhu rata-rata 0° C atau lebih sedikit. Musim dingin ini biasanya terjadi di bulan Agustus. Sedangkan musim panas cukup hangat dengan suhu maksimum 22 hingga 24 0° C yang terjadi pada bulan Juli dan Agustus.

– Musim Salju

Selama musim dingin, hujan salju cukup sering terjadi meskipun tidak terlalu melimpah, kecuali di Bavaria, pegunungan, dan terkadang di dataran timur laut. Salju memang lebih sering turun melintasi sabuk timur, yaitu dari Bavaria ke dataran bekas Jerman Timur dan sampai ke pantai Baltik.

Sementara itu, salju lebih jarang turun di Jerman bagian barat. Yaitu dari jurusan sungai Rhine ke barat laut hingga ke laut utara.

Selama terjadi gelombang dingin dari Siberia, suhu di sebagian besar Jerman bisa turun hingga -15/-20° C. Tapi periode ini hanya terjadi selam beberapa hari di bagian utara dan tengah. Cuaca dingin dan ekstrem biasanya bertahan lebih lama di Bavaria, karena udara dingin lebih mudah untuk stagnan.

– Iklim di daratan dan lautan

Selain iklim darat dan laut, di beberapa daerah dataran tinggi terdapat jenis iklim yang dikenal dengan nama iklim pegunungan. Iklim di dataran tinggi ini sangat khas, ditandai dengan suhu lebih rendah karena ketinggian dan curah hujan lebih besar karena kelembapan.

Iklim pegunungan ini biasa terjadi secara masif di Jerman selatan-tengah dan sebagian kecil pegunungan Alpen di Jerman selatan.

– Iklim dipegunungan

Musim dingin di pegunungan bisa luar biasa dingin dan berkepanjangan. Selain itu, sesekali di pegunungan Alpen terjadi dengan kondisi yang disebut “föhn” atau angin hangat. Terkadang angin hangat bisa bertiup sangat kencang dan menyebabkan kerusakan, terutama di akhir musim gugur dan musim dingin.

Baca Juga  4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Bandung Paling Rekomendasi

Nah itu tadi gambaran singkat iklim di Jerman. Bagi kalian yang hendak berkunjung ke Jerman, semoga artikel ini bermanfaat dan kalian bisa melakukan persiapan untuk mengantisipasi kondisi alam yang ada.

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *