manfaat buah kedondong
Gak Cuma Buat Rujak, Ini Manfaat Buah Kedongdong Buat Kesehatan
10/09/2018
cara mengobati suara serak
Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak Dengan Mudah
12/09/2018

Harga Pasang Behel Gigi Terbaru dan Jenis-Jenis Behel Gigi

harga pasang behel gigi

Harga Pasang Behel Gigi – Behel gigi adalah alat yang berfungsi merapikan gigi. Alat ini bekerja dengan cara menarik dan memberikan tekanan pada gusi dan gigi. Setelah gigi berada di posisi yang diinginkan, behel gigi akan menahan pergerakan gigi agar tidak bergeser lagi.

Pemasangan behel bisa juga dilakukan semata untuk tujuan keindahan. Seperti diketahui, berubahnya bentuk gigi akan berpengaruh pada bentuk wajah, lengkung bibir hingga senyuman. Tak heran meskipun harga pasang behel gigi lumayan tinggi tetap banyak orang yang menginginkannya.

Baca Juga  Tambal Gigi Permanen: Pengertian dan Manfaat

Bila anda berniat memasang behel, alangkah lebih baik jika menggunakan jasa ahli ortodonti. Hal tersebut guna memastikan hasil pemasangan lebih rapi dan maksimal. Gunakan juga jasa dokter yang sama untuk perawatan rutin.

harga pasang behel gigi

Harga Pasang Behel Gigi sesuai dengan Jenisnya

Behel gigi ada bermacam jenisnya berdasarkan material dan fungsinya. Harga pasang behel gigi masing-masing jenisnya juga berbeda. Berikut gambarannya:

A. Behel Metal

Behel ini berbentuk butiran kecil yang dihubungkan dengan kawat dan kemudian direkatkan dengan kuat pada gigi.

Jenis ini cukup populer salah satunya karena pengguna dapat memilih warna butir sehingga menambah unsur keindahan dan harga memasang behel gigi jenis ini beserta kelengkapannya sekitar 6 hingga 7 juta.

B. Behel transparan.

Behel transparan terdiri dari 2 jenis, yakni keramik dan saphir. Behel keramik atau saphir cenderung tidak terlalu terlihat dan lebih nyaman ketika dipakai mengunyah atau berbicara. Harga pasang behel gigi yang satu ini sedikit lebih mahal.

Jenis saphir dibanderol dengan harga kurang lebih 8 juta, sementara keramik ada di angka 7 hingga 8 juta bergantung kualitas keramik yang dipilih. Behel transparan sangat sesuai bagi anda yang ingin tetap berpenampilan prima selama proses merapikan gigi berlangsung.

Baca Juga  Cara Merontokan Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

C. Self Ligating.

Behel gigi yang satu ini termasuk yang memiliki teknologi cukup mutakhir. Jika memilih self ligating, kemungkinan besar anda akan terhindar dari keharusan mencabut gigi pada proses pemasangan. Kinerjanya juga lebih cepat dan lebih minim rasa sakit.

Behel self ligating umumnya terbuat dari bahan metal atau keramik. 12 hingga 17 juta adalah harga pasang behel minimal yang mesti anda habiskan untuk behel self ligating.

Rata-rata lama penggunaan behel yang disarankan adalah 2 tahun. Namun disesuaikan pula dengan kondisi gigi. Jika susunannya tidak terlalu berantakan sangat mungkin untuk melepas behel sebelum 2 tahun.

harga pasang behel gigi

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Pasangan Behel Gigi?

Dalam kurun waktu 2 tahun tersebut pengguna behel mesti rutin melakukan check up ke dokter gigi. Check up bertujuan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di kawat. Selain itu bila kawat sudah renggang juga bisa lekas diperbaiki.

Memasang behel gigi bukannya tanpa resiko. Pertama, pada saat pemasangan kemungkinan ada gigi yang harus dicabut. Tujuannya adalah memudahkan pemasangan dan menyediakan ruang bagi gigi yang ingin diperbaiki letaknya.

Setelah pemasangan behel, pengguna biasanya juga akan mengalami sariawan dan bibir pecah pecah. Hal tersebut wajar terjadi karena mulut sedang menyesuaikan diri dengan benda asing yang dipasang serta lebih sering terkena gesekan dari behel.

Proses penyesuaian mulut terhadap behel biasanya berlangsung selama kurang lebih 2 minggu. Untuk mengurangi tingkat keparahannya, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih. Dianjurkan pula untuk mengkonsumsi vitamin C.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gigi Ngilu atau Sensitif

Memasang behel pada gigi juga akan menyebabkan mulut lebih cepat bau. Pasalnya akan ada sisa sisa makanan yang menempel pada kawat. Sisa makanan tersebut biasanya tidak cukup dibersihkan hanya menggunakan sikat gigi.

Cara menghilangkan bau mulut salah satunya adalah menggunakan mouthwash. Penggunaan mouthwash yang disarankan adalah 3 hari sekali atau setiap habis makan. Hal ini akan menjaga mulut senantiasa beraroma segar.

Selain resiko dan terdapat  masalah lain yang perlu diperhitungkan adalah biaya perawatan rutin. Perawatan tersebut mencakup pembersihan dan penggantian karet yang terlepas. Siapkan budget bulanan minimal 100 ribu.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan retainer setelah behel gigi dilepas. Penggunaan retainer akan mencegah gigi yang telah dirapikan kembali bergeser. Harga termurah untuk pembuatannya sendiri sekitar 1,5 hingga 3 juta rupiah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *