cara merontokkan karang gigi
3 Cara Merontokkan Karang Gigi Dengan Perawatan Mudah Dirumah
24/06/2019
cara menghilangkan ngorok
Jangan Khawatir Inilah Cara Menghilangkan Ngorok Paling Mudah
25/06/2019

Ternyata Bukan Sahara, Inilah Gurun Terluas di Dunia

gurun terluas di dunia

Gurun Terluas di Dunia – Ketika Anda mendengar kata gurun, apa yang terlintas dalam pikiran? Kemungkinannya adalah, Anda akan memikirkan matahari yang sangat terik.

Mungkin kaktus, burung nasar, dan kalajengking juga muncul dalam pikiran, atau mungkin unta dan oasis? Tetapi sebenarnya, gurun datang dalam segala bentuk dan ukuran, dan sangat bervariasi dari satu bagian dunia ke bagian berikutnya.

Seperti semua iklim Bumi, semuanya bermuara pada beberapa karakteristik dasar yang memiliki kriteria seperti tidak ada kehidupan, tidak produktif, kering, dan bermusuhan dengan kehidupan. Karena alasan ini, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa gurun terbesar di dunia sebenarnya ada di Antartika.

gurun terluas di dunia
Penjelasan Mengenai Gurun

Untuk memecahnya, menjadi gurun adalah wilayah yang sangat kering karena hanya menerima sedikit air. Untuk dianggap sebagai gurun, suatu daerah harus menerima curah hujan tahunan lebih dari 250 milimeter. Tetapi curah hujan dapat berbentuk hujan, salju, atau kabut. Secara harfiah segala bentuk air yang ditransfer dari atmosfer ke bumi.

Gurun juga dapat digambarkan sebagai daerah di mana lebih banyak air yang hilang karena penguapan daripada jatuh sebagai curah hujan. Ini tentu saja berlaku di daerah yang mengalami “penggurunan”, di mana peningkatan suhu (mis. Perubahan iklim) menyebabkan lapisan sungai mengering, pola curah hujan berubah, dan vegetasi mati.

Baca Juga  15 Cabe Terpedas Di Dunia yang Bisa Buat Lidahmu Terbakar

Gurun pasir sering merupakan beberapa tempat terpanas dan paling tidak ramah di Bumi, seperti yang dicontohkan oleh Gurun Sahara di Afrika, gurun Gobi di Cina utara dan Mongolia, dan Lembah Kematian di California. Tetapi mereka juga bisa menjadi lanskap yang dingin dan berangin.

Jadi pada akhirnya, menjadi panas tidak ada hubungannya dengan itu. Bahkan, akan lebih akurat untuk mengatakan bahwa gurun ditandai oleh sedikit atau tidak ada kelembaban dan suhu yang ekstrem. Semua mengatakan, gurun membentuk sepertiga dari permukaan Bumi. Tetapi sebagian besar ditemukan di daerah kutub.

Ternyata Bukan Sahara, Inilah Gurun Terluas di Dunia

gurun terluas di dunia

1. Gurun Antartika

Gurun terluas di dunia adalah Antartika, dalam hal ukuran, Gurun Antartika adalah gurun terbesar di Bumi, berukuran total 13,8 juta kilometer persegi. Antartika adalah benua paling dingin, paling berangin, dan paling terisolasi di Bumi, dan dianggap sebagai gurun karena curah hujan tahunannya bisa kurang dari 51 mm.

Area seluas itu ditutupi oleh lapisan es permanen yang mengandung 90% dari air tawar bumi. Hanya 2% benua yang tidak tertutup es, dan ini benar-benar di sepanjang pantai, tempat semua kehidupan yang terkait dengan massa daratan (mis. Penguin, anjing laut dan berbagai jenis burung) bertempat tinggal. 98% Antartika lainnya tertutup oleh es yang rata-rata memiliki ketebalan 1,6 km.

Baca Juga  Ketahui, Inilah 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Tidak ada penghuni manusia permanen, tetapi ada dari 1.000 hingga 5.000 peneliti, yang terletak di pulau McMurdo Station, yang terletak di ujung Pulau Ross. Di luar kisaran terbatas mamalia, hanya spesies tungau, alga, dan vegetasi tundra yang dapat beradaptasi dengan dingin tertentu yang dapat bertahan hidup di sana.

Meskipun memiliki sedikit curah hujan, Antartika masih mengalami badai angin besar. Sama seperti badai pasir di padang pasir, angin kencang mengambil salju dan berubah menjadi badai salju. Badai ini dapat mencapai kecepatan hingga 320 km per jam (200 mph) dan merupakan salah satu alasan mengapa benua ini sangat dingin.

2. Gurun Arktik

Bahkan, suhu terdingin tercatat di Stasiun Vostok Soviet di Dataran Tinggi Antartika. Menggunakan pengukuran berbasis darat, suhu mencapai titik terendah bersejarah -89,2 ° C (-129 ° F) pada 21 Juli 1983. Analisis data satelit menunjukkan kemungkinan suhu sekitar -93,2 ° C (-135,8 ° F; 180,0 K), juga di Antartika, pada 10 Agustus 2010.

Menariknya, gurun terluas di dunia nomor dua ini juga terkenal dingin – Gurun Arktik. Terletak di atas 75 derajat lintang utara, Gurun Arktik dilengkapi luas total sekitar 13,7 juta km persegi (5,29 juta mi persegi). Di sini, jumlah total hujan di bawah 250mm (10 inci), yang sebagian berbentuk salju.

Baca Juga  Perekonomian Negara Perancis dan 4 Sektor yang Membuatnya Maju

Suhu rata-rata dari Gurun Arktik adalah -20 ° C, mencapai serendah -50 ° C di musim dingin. Tapi mungkin aspek yang paling menarik dari Gurun Arktik adalah pola sinarnya.

Selama bulan-bulan musim panas, matahari tidak melekat selama 60 hari. Ini kemudian dilanjutkan di musim dingin dengan periode kegelapan yang berkepanjangan.

3. Gurun Sahara

Sahara, adalah gurun yang diketahui orang umum paling luas hanyaklah gurun terluas di dunia nomor tiga, karena luas gurun sahara adalah 92,2 Juta Km2.

Gurun sahara ini terletak di Afrika Utara, menurut situs wikipedia Nama “Sahara” diambil dari bahasa Arab yang memiliki arto”padang pasir”. Bahasa Arab pada gilirannya mengambil dari bahasa Sumeria dan gurun sahara ini berusia 2,5 juta tahun

 

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *