sertifikat toefl
Ini Dia Cara Mudah Membedakan Sertifikat TOEFL Asli dan Palsu
28/11/2018
rumput fatimah
Pro Kontra Rumput Fatimah Serta Manfaat Lainnya Bagi Wanita
28/11/2018

Penjelasan Mengenai Test GRE VS GMAT, Mana yang Harus Dipilih?

gre vs gmat

GRE VS GMAT – Sudah siap belum untuk belajar keluar negeri melanjutkan program master? Sudah siap belum syarat-syarat yang diperlukan. Jangan sampai salah juga memilih tes bahasa Inggris yang ditentukan oleh perguruan tinggi luar negeri yang akan dimasuki lhoh. Sekali salah kamu harus mengulang bahkan perlu mengeluarkan banyak uang untuk sekali tes.

Biaya yang tidak murah ini membuat kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik untuk memilih jenis tes dan mengerjakannya sehingga mendapatkan nilai yang dibutuhkan. Tentu saja tes yang diambil bukan sekedar mengukur kemampuan bahasa Inggris biasa saja. Namun untuk mengukur seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris agar bisa mengikuti kegiatan akademik selanjutnya di luar negeri.

Baca Juga  3 Tips Mengikuti Persiapan Penting Menghadapi GRE Test Jakarta

Ada dua tes yang bisa dipilih yakni tes GRE (Graduate Record Examination) atau mengikuti GMAT (Graduate Management Admission Test). Dari namanya saja sudah terlihat perbedaan antara tes GRE vs GMAT.

Ya tes GRE adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi kamu yang ingin melanjutkan program master di Amerika Serikat. Sedangkan GMAT adalah tes yang dilakukan untuk kamu yang ingin melanjutkan program master khusus bisnis di Amerika. Nah dari dua tes ini mana yang harus kamu pilih? Bagaimana dengan persiapannya?

Penjelasan Mengenai Test GRE VS GMAT, Mana yang Harus Dipilih?

gre vs gmat
Pada saat memilih tes GMAT atau GRE ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Tentu saja ini berkaitan dengan soal yang akan diujikan dan bagaimana kamu bisa menghadapinya. Berikut ini beberapa faktor untuk memilih salah satu tes bahasa Inggris untuk menempuh program master di Amerika.

1. Apakah jurusan yang akan dipilih?

Jurusan adalah faktor utama kamu bisa memilih salah satu tes. Tes GRE adalah tes bahasa Inggris umum yang bisa digunakan untuk mendaftar pada berbagai macam jurusan program master. Sedangkan untuk GMAT sendiri hanya bisa diambil bagi kamu yang ingin melanjutkan jurusan bisnis atau menajemen.

2. Kemampuan matematika dalam bahasa Inggris

Masuk jurusan master bisnis di luar negeri juga tidak harus melalui tes GMAT saja. Beberapa mahasiswa justru memilih tes GRE, alasannya adalah soal matematikan yang dikeluarkan lebih mudah daripada GMAT. Tentu saja tes GMAT akan lebih spesifik dalam ujian materi bisnis yang kompleks.

Baca Juga  Apa Saja Persiapan Menjelang SAT Test Indonesia? Ini Jawabannya

Sedangkan tes GRE akan lebih umum yang membuat soal matematikan yang diujikan akan lebih mudah. Lalu bagaimana dengan kemampuan berhitung yang kamu miliki?

gre vs gmat

3. Syarat yang diajukan perguruan tinggi

Kembali lagi pada syarat yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang dipilih. Kamu bisa memilih tes GRE vs GMAT sesuai dengan syarat yang dikehendaki oleh perguruan tinggi. Nah di sini kamu bisa mendapatkan tes yang sesuai, namun jangan lupa juga untuk memperhatikan berapa skor yang ditentukan atau minimal skor yang harus kamu raih agar bisa lolos.

Membicarakan masalah skor yang harus ditempuh, maka persiapan untuk mengikuti masing-masing tes harus dipersiapkan dengan matang. Uang yang harus dikeluarkan untuk mengikuti salah satu tes GMAT vs GRE tidak sedikit bahkan mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga  Pentingkah Mengikuti GRE Test Indonesia Sekarang? Ini Jawabannya

Persiapan mengikuti tes yang baik bisa ditempuh melalui kursus. Kamu bisa mengikuti program kursus khusus di Westwoodprep
untuk bisa mendapatkan persiapan tes GRE atau GMAT terbaik. Semua soal yang lalu dan perkembangan soal yang akan diujikan diajarkan oleh native speaker yang berpengalaman. Jadi tidak usah khawatir lagi jika mengikuti kursus, persiapan mental juga akan diasah lhoh.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *