domperidone adalah
Domperidone Adalah Jenis Obat Anti Emetik, Apa Kegunaanya?
03/09/2018
kegunaan vaseline petroleum jelly
Gak Cuman Untuk Kecantikan, Ini 17 Kegunaan Vaseline Petroleum Jelly
03/09/2018

Yuk Pelajari 7 Pose Dasar Gerakan Yoga Untuk Pemula – Originals.id

gerakan yoga untuk pemula

Gerakan Yoga Untuk Pemula – Belakangan ini olah raga Yoga mulai banyak diminati. Banyak orang mulai mendaftar ke tempat-tempat olah raga yang menyediakan layanan Yoga.

Yoga merupakan jenis olah raga yang menghasilkan ketenangan jiwa. Meski terlihat sepele, gerakan yoga tak bisa dipandang sebelah mata. Jika salah melakukannya, Anda bisa mendapatkan cedera. Untuk itu, penting untuk mempelajari gerakan Yoga bagi pemula agar terhindar dari resiko cidera serius.

gerakan yoga untuk pemula
Yuk Pelajari 7  Gerakan Yoga Untuk Pemula

Untuk Anda yang baru mempelajari Yoga, terdapat 7 pose dasar yang merupakan gerakan Yoga untuk pemula. Anda harus membiasakan diri terlebih dahulu dengan pose-pose dasar tersebut sebelum melakukan gerakan-gerakan lainnya. Pose dasar dalam Yoga antara lain:

1. Mountain pose

Gerakan yang terlihat sederhana ini bisa membantu memperbaiki postur tubuh dan menjaga keseimbangan. Pose ini dilakukan dengan berdiri tegak dengan posisi tumit yang sedikit terbuka.

Tarik tangan anda keatas melalui bahu, posisikan kepala anda sejajar dengan badan yang tegak lurus. Tahan posisi tersebut selama 30 detik atau 1 menit.

Baca Juga  Cara Mengobati Telinga Berdengung dengan Mudah Berikut Penyebabnya

2. Downward facing dog

Pose ini bagus untuk meregangkan tubuh bagian atas. Cara melakukan gerakan yoga untuk pemula yang satu ini diawali dengan mengambil posisi merangkak dengan posisi tangan sedikit didepan bahu.

Buang napas dan mulailah mengangkat tulang pantat anda ke langit-langit sambil meluruskan kaki anda. posisikan kepala anda sesantai mungkin dan tahan posisi tersebut selama 1-3 menit.

3. Warrior

Berdiri tegak kemudian buka kaki anda selebar 4 langkah, tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut siku-siku, kemudian rentangkan tangan ke samping kiri dan kanan. Buat bahu anda rileks dan hadapkan kepala kearah tangan kanan dan tahan selama 1 menit kemudian ulangi untuk siis yang sebaliknya.

4. Tree pose

Gerakan yoga untuk pemula yang satu ini mungkin sering anda lihat. Posisi ini akan melatih keseimbangan tubuh Anda. Pertama-tama berdirilah tegak dengan posisi tangan sejajar sambil perlahan memberi tumpuan pada kaki kiri Anda.

Angkat kaki kanan secara perlahan dan letakan dibawah paha kiri sambil mengangkat tangan ke atas dan disejajarkan dengan badan. Tahan selama 30 detik dan ulangi pada kaki yang satunya.

5. Bridge pose

Gerakan ini dapat meregangkan tulang belakang dan mengembalikan postur tubuh yang bungkuk dan berbaringkah sambil menekuk lutut dan membuatnya sejajar dengan tumit.

Posisikan tangan disamping dengan telapak menghadap ke bawah. Lalu perlahan angkat pinggul anda keatas dan tahan posisi tersebut selama 1 menit.

gerakan yoga untuk pemula

6. Triangle pose

Pertama posisikan tubuh Anda berdiri tegak dan lebarkan kaki Anda 3 langkah sambil mengarahkan jari kaki kanan kearah kanan dan jari kaki kiri kearah depan. Rentangkan tangan dikedua sisi dan perlahan jatuhkan tubuh Anda ke kanan hingga menyentuh jari kaki kanan.

Rentangkan tangan kiri keatas dan posisikan kepala Anda menghadap langit-langit sejajar dengan tangan kiri. Tahan selama 5 tarikan napas dan ulangi lagi untuk sisi yang satunya.

7. Cobra

Gerakan yoga untuk pemula yang terakhir ini akan membantu tubuh Anda agar lebih rileks. Pertama berbaringlah dengan posisi telungkup dengan jari tangan di bawah bahu. Luruskan telapak kaki Anda hingga ujung jari kaki menyentuh lantai.

Tekan bahu keatas dengan mendorong lengan Anda dan posisikan tegak lurus sambul mengunci otot perut. Tahan beberapa saat sekuat anda tetapi jangan dipaksakan, kemudian beristirahan sejenak dan ulangi kembali gerakan tadi.

Baca Juga  11 Manfaat Lompat Tali Dan Tips Aman Melakukan Lompat Tali

Beberapa gerakan dasar yoga yang telah sijelaskan diatas dapat membantu memperlancar sistem pernafasan sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan segar.

Gerakan-gerakan yoga juga bisa melatih keseimbangan tubuh sehingga Anda tidak mudah jatuh. Selain itu, gerakan yoga juga bisa mengembalikan postur tubuh yang bungkuk agar kembali tegak.

Ulangi gerakan yoga bagi pemula diatas secara rutin untuk membiasakan tubuh Anda. Jika tubuh Anda sudah terasa lebih fleksibel, barulah Anda bisa beranjak ke garakan-gerakan inti Yoga yang lainnya.

Membiasakan tubuh terhadap gerakan dasar adalah hal yang penting untuk menghindari resiko kram bahkan cidera yang bisa terjadi selama melakukan gerakan-gerakan yoga.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *