aplikasi pengusir tikus
Tak Perlu Racun, Ini Aplikasi Pengusir Tikus di Smartphone
20/06/2019
cara menghilangkan kutu beras
7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Dirumah Dengan Bahan Alami
21/06/2019

Waspadai, Inilah Gejala Tipes Ringan yang Perlu Diketahui

gejala tipes ringa

Gejala Tipes Ringan – Tahukah Anda bahwa infeksi penyakit tipes sering ditularkan melalui makanan maupun minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi bakteri?

Selain itu penularan penyakit tipes paling lebih sering terjadi di tempat-tempat di mana mencuci tangan lebih jarang. Tipes juga bisa ditularkan oleh pembawa penyakit yang tidak tahu mereka membawa bakteri.

Apa itu Tipes?

Tipes adalah infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella typhimurium yang menyebar dari manusia ke manusia. Tipes adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium (S. typhi).

Bakteri hidup di usus dan aliran darah manusia. Ini menyebar di antara individu melalui kontak langsung dengan kotoran orang yang terinfeksi. Tidak ada hewan yang dapat membawa penyakit ini, jadi penularannya selalu dari manusia ke manusia.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

Jika tidak diobati, sekitar 1 dari 5 kasus penyakit tipes kemungkinan besar dapat berakibat fatal. Pada umumnya S. typhi masuk melalui mulut dan menghabiskan 1 hingga 3 minggu di usus. Setelah itu ia masuk melalui dinding usus dan masuk ke aliran darah.

Dari aliran darah, menyebar ke jaringan dan organ lain. Sistem kekebalan tubuh inang dapat melakukan sedikit untuk melawan karena S. typhi dapat hidup dalam sel inang, aman dari sistem kekebalan tubuh.

Gejala tipes ringan dapat didiagnosis dengan mendeteksi keberadaan S. typhi melalui sampel darah, tinja, urin, atau sumsum tulang.

gejala tipes ringan pada anak
Waspadai, Inilah Gejala Tipes Ringan yang Perlu Diketahui

Gejala tipes riangan biasanya dimulai antara 6 dan 30 hari setelah seseorang terpapar bakteri. Dua gejala utama tipus adalah timbulnya demam dan ruam.

Demam penyakit tipus pada umumnya sangat tinggi, secara bertahap meningkat selama beberapa hari Selain itu gejala tipes ringan akan timbul ruam yang berwarna merah terutama di perut dan leher dan berikut di bawah ini adalah gejala lain tipes dapat termasuk:

• Kondisi tubuh yang melemah

• Sakit pada bagian perut

• Mengalami sembelit

• Sakit pada area kepala

Baca Juga  Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Infeksi lain, paratyphoid, disebabkan oleh adanya Salmonella enterica dan jenis ini memiliki gejala-gejala yang mirip dengan gejala tipes ringan, tetapi cenderung berakibat fatal.

Bagaimanakah Penyakit Tipes Diobati?

Menurut berbagai macam sumber, terdapat pengobatan yang efektif untuk mengobati penyakit tipus yaitu menggunakan antibiotik.

Antibiotik paling umum digunakan untuk pasien tipes adalah ciprofloxacin. Selain menggunakan antibiotik, penting untuk pasien tipes agar selalu terehidrasi dengan minum banyak air putih.

Baca Juga  Amoxilin Obat Apa dan Apa Kegunaan Obat Amoxilin?

Ada dua jenis vaksin tifoid yang tersedia, tetapi vaksin yang lebih kuat masih diperlukan. Setelah 3 tahun, masih melindungi individu dari infeksi 73 persen dari waktu. Namun, vaksin ini memiliki lebih banyak efek samping.

Vaksin saat ini tidak selalu efektif, dan karena tifus begitu lazim di negara-negara miskin, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mencegah penyebarannya.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *