penyebab telapak tangan berkeringat
Penyebab Telapak Tangan Berkeringat dan Cara Mudah Mengatasinya
10/01/2019
cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan
Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online Dengan Mudah
11/01/2019

Mengenal 4 Fase Menstruasi Yang Terjadi Pada Wanita

fase menstruasi

Fase Menstruasi – Selama masih berada di antara masa pubertas dan monopause, setiap wanita mengalami perubahan hormonal yang membuatnya memungkinkan untuk hamil. Serangkaian peristiwa yang dipicu perubahan hormonal itu biasa disebut sebagai siklus menstruasi. Rata-rata siklus mentruasi berlangsung antara 28-29 hari.

Akan tetapi panjang siklus ini bisa berbeda-beda antara tiap wanita atau antara satu siklus ke siklus berikutnya. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai hari sebelum haid berikutnya dimulai.

Baca Juga  Kenalilah Penyebab Telat Haid Dan 7 Cara Mengatasi Telat Haid

Setiap siklus menstruasi, sel telur atau ovum akan berkembang dan lepas dari ovarium. Lalu sel telur akan turun ke rongga rahim. Jika sel telur yang siap dibuahi tidak bertemu dengan sperma, maka dinding rahim yang telah menebal akan luruh kembali dalam bentuk darah haid.

Mengenal 4 Fase Menstruasi Yang Terjadi Pada Wanita

fase menstruasi wanita

Perlu Anda ketahui bahwa siklus menstruasi wanita dibagi dalam empat fase, dan berikut di bawah ini adalah ulasannya untuk Anda, diantaranya

1.Fase menstruasi atau fase pendarahan

Hari pertama pendarahan merupakan hari pertama siklus menstruasi. Fase menstruasi ini dimulai ketika sel telur dari siklus sebelumnya tidak dibuahi. Karena kehamilan belum terjadi, maka kadar hormon estrogen dan progesteron turun. Kadar progesteron yang turun menyebabkan peluruhan pada dinding rahim, dan terlepas dalam bentuk darah dan lendir yang keluar melalui vagina.

Fase keluarnya darah haid ini dimulai dari hari pertama menstruasi hingga 5-7 hari berikutnya.

2.Fase folikuler

Fase folikuler dimulai dari hari pertama menstruasi dan berakhir pada masa ovulasi atau sampai hari ke-13 dari siklus menstruasi. Ini dimulai ketika hipotalamus mengirimkan sinyal perintah ke kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon perangsang folikel (follicle-stimulating hormone-FSH).

Hormon FSH merangsang indung telur untuk menghasilkan sekitar 5 sampai 20 folikel, dimana setiap folikel mengandung sel telur yang belum matang.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 15 Penyebab Terlambat Haid

Pada akhirnya hanya satu sel telur paling sehat yang akan matang dan menjadi dewasa, sementara sisa folikel akan diserap kembali oleh tubuh. Folikel yang matang akan memicu lonjakan kadar estrogen sehingga mengentalkan lapisan rahim. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang kaya nutrisi bagi embrio untuk tumbuh.

cara hitung fase menstruasi

3.Fase ovulasi

Fase ovulasi merupakan pelepasan sel telur matang dari permukaan ovarium. Fase ini biasanya terjadi di pertengahan siklus atau pada hari ke 14 dari siklus menstruasi (bagi yang mempunyai siklus 28 hari). Masa hidup telur ini hanya sekitar 24 jam, setelah itu sel telur akan mati jika tidak dibuahi oleh sperma.

Buat pasangan yang ingin segera punya momongan, penting untuk mengetahui fase ovulasi ini karena peluang untuk hamil lebih besar ketika berhubungan intim pada waktu sekitar fase ovulasi. Karena sperma dapat hidup hingga lima hari,maka kehamilan terjadi jika pasutri melakukan hubungan mulai dari lima hari sebelum ovulasi.

4.Fase luteal

Selama ovulasi, sel telur keluar dari folikel, tetapi folikel yang pecah tetap berada di permukaan ovarium dan dalam 2 minggu akan berubah menjadi corpus luteum. Corpus luteum yang terbentuk akan melepaskan hormon progesteron dan sejumlah kecil estrogen. Kombinasi kedua hormon ini membuat lapisan uterus atau rahim menebal dan menunggu untuk ditempati sel telur yang telah dibuahi.

Jika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim, tubuh akan menghasilkan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon ini membantu menjaga corpus luteum dan menjaga lapisan rahim tetap tebal. Ketika seorang wanita melakukan tes urine, hormon HCG ini pula yang terdeteksi sebagai tanda kehamilan.

Namun jika kehamilan tidak terjadi, corpus luteum akan layu dan mati. Ini menyebabkan penurunan kadar estrogen dan progesteron sehingga lapisan rahim terlepas dan terjadilah menstruasi.

Ketika terjadi menstruasi seorang wanita bisa mengalami masa sulit, yang mungkin dirasakan dengan adanya gejala PMS seperti mengidam makanan berkabohidrat, perut kembung, sakit kepala, gelisah, murung, sulit tidur, maupun perubahan suasana hati (mood).

Cara Mengurangi Gejala PMS

Agar mengurangi timbulnya gejala PMS, kita bisa melakukan tindakan perawatan diri seminggu sebelum menstruasi datang, diantaranya konsumsi makanan sehat, tidur malam lebih awal, olahraga ringan, pijat, atau apapun yang membuat tubuh terasa nyaman. Ketika tubuh diberi haknya dengan baik, maka akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghadapi fase menstruasi ini.

Baca Juga  Berbahayakah Anak Sering Mimisan? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Penting untuk mengetahui siklus menstruasi anda, termasuk kapan anda biasa mendapatkan haid dan berapa lama haid berlangsung. Ini sangat bermanfaat, terutama bagi suami isteri yang ingin memiliki keturunan.

Adapun masalah yang berhubungan dengan siklus menstruasi ditandai dengan beberapa gejala diantaranya : menstruasi tidak teratur, anda mengalami menstruasi lebih dari 7 hari, ataupun siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari lebih dari 35 hari. Anda harus waspada jika menemui gejala-gejala tersebut dan segera konsultasikan dengan dokter kandungan, karena dikhawatirkan ada masalah pada kesehatan rahim.

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *