cara meniruskan pipi tembem
Cara Meniruskan Pipi Tembem Dengan Benar Dan Aman Dirumah
06/09/2018
operasi gigi bungsu
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Operasi Gigi Bungsu
06/09/2018

Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita

Efek Samping KB Spiral – Ada beberapa pilihan untuk menunda momongan yang dilakukan oleh seorang pasutri, yaitu dengan cara menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, suntik, dan spiral (IUD). Sekarang, kita bahas apakah terdapat efek samping kb spiral yang digunakan para ibu.

Tujuannya dari menggunakan alat kontrasepsi adalah untuk memecah jalannya sperma menuju sel telur yang mampu mencegah terjadinya kehamilan. Alat kontrasepsi spiral berbahan dasar plastik dengan bentuk seperti huruf T yang dimasukkan ke dalam rahim.

Dokter atau bidan akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen sebelum pemasangan kb spiral. Pemasangan KB Spiral yang dilakukan hanya berlangsung kira-kira 15 sampai 20 menit saja.

efek samping kb spiral

Jenis-Jenis KB Spiral Berikut Cara Kerjanya

Sebelum kita membahas apa saja efek samping yang terjadi jika Anda menggunakan KB Spiral, mari kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis KB Spiral.

KB Spiral dibagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu KB Spiral berlapis tembaga dan KB Spiral yang mengandung hormon. Apa saja perbedaan dianatara kedua KB tersebut?

Kb Spiral Berlapis

Jadi, KB Spiral berlapis tembaga ini memiliki keefektifan dalam mencegah kehamilan hingga 10 tahun dari sejak awal pemasangan. KB Spiral jenis ini mengandung mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. Jenis KB ini paling sering digunakan oleh para ibu.

Baca Juga  Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Cara kerja dari jenis KB Spiral berlapis tembaga yaitu dengan melepaskan unsur tembaga secara perlahan, fungsi dari tembaga yang dilepaskan yaitu jika apabila terjadi proses pembuahan, maka tidak dapat bertahan hidup di dalam rahim dan juga saluran telur.

– Kb Spiral Hormon

Jenis yang kedua dari KB Spiral yaitu KB Spiral yang mengandung hormon. KB Spiral ini dilapisi oleh hormon progestin, levonorgestrel. Namun, tingkat keefektifan KB Spiral hormon tidak seperti KB Spiral tembaga. Hanya bertahan 3 sampai 5 tahun dan tergantung merk.

Jenis KB ini cocok untuk ibu yang sedang menyusui, namun sangat disarankan untuk dipasang sekitar 1,5 sampai 2 bulan setelah Anda melahirkan, setelah rahim Anda dapat kembali seperti semula.

KB Spiral hormon juga harus digunakan bagi wanita yang sudah pernah hamil. Jadi, jika Anda baru saja menikah dan ingin menunda momongan sebaiknya jangan gunakan KB Spiral jenis hormon karna akan merasakan sakit dan kram setelah pemasangannya.

Cara kerja dari KB Spiral hormon ini dengan mencegah penebalan dinding rahim, sehingga sel telur yang telah dibuahi tidak dapat berkembang, serta dapat membuat leher pada rahim dipenuhi oleh lendir yang lengket sehingga sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim.

Nah, dari penjelasan di atas Anda dapat memilih sebaiknya akan menggunakan KB Spiral jenis apa yang aman untuk kesehatan Anda, karena kesehatan alat vital juga perlu diperhatikan dengan baik.

efek samping kb spiral

Awas, Inilah Efek Samping KB Spiral Untuk Para Wanita

Lalu, apa saja efek samping KB Spiral yang perlu Anda ketahui? Nah, berikut ini beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan jika akan memasang alat kontrasepsi jenis KB Spiral.

1. Terasa Nyeri dan Kram

Efek samping KB Spiral yang pertama adalah Anda akan mengalami rasa nyeri dan kram pada punggung setelah beberapa jam pemasangan spiral, seperti rasa nyeri yang dialami wanita ketika sedang haid.

2. Peningkatan Pendarahan Saat Menstruasi

Efek samping KB Spiral yang selanjutnya adalah Anda akan mengalami peningkatan pendarahan ketika menstruasi dan juga nyeri haid.

3. Nyeri Pada Payudara

Efek samping KB Spiral yang selanjutnya adalah jika Anda memasang KB Spiral hormonal dapat menyebabkan efek samping seperi nyeri payudara, sakit kepala, perubahan pada mood Anda, dan juga bisa menimbulkan jerawat.

Baca Juga  Gak Cuman Untuk Kecantikan, Ini 17 Kegunaan Vaseline Petroleum Jelly

4. Menyebabkan Tumor Jinak

KB Spiral hormonal juga dapat menyebabkan tumor jinak yang disebut kista ovarium. Namun, biasanya kista dapat hilang dengan sendirinya.

5. Timbul Perdarahan Pada Jaringan Rahim

Efek samping KB Spiral yang selanjutnya adalah kemungkinan akan terjadi pendarahan pada jaringan rahim ketika proses pemasangan KB Spiral.

Selain efek samping yang sudah dijelaskan di atas, perlu diketahui bahwa pemasangan KB Spiral memiliki harga yang mahal. Dan jika Anda ingin berhenti menggunakan KB Spiral maka harus pergi ke dokter untuk melepaskannya.

KB Spiral juga dilengkapi dengan alat untuk melindungi atau mencegah Anda terkena penyakit seks yang menular. Jadi, disarankan penggunaan KB Spiral ini untuk pasangan yang tidak memiliki hubungan seksual dengan orang lain.

Kb Spiral Tidak Cocok Untuk Semua Wanita

Perlu diketahui bahwa KB Spiral tidak cocok untuk semua orang yang menggunakannya. KB Spiral tembaga tidak cocok digunakan oleh Anda yang memiliki penyakit radang panggul, kanker payudara, kanker serviks, kelainan pada rahim, dan pernah memiliki masalah KB.

Sebaiknya jika Anda ingin memasang atau menggunakan KB Spiral konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan. Tidak ada salahnya juga jika sebelum ke dokter cerita dengan pasangan Anda, agar sama-sama tahu bagaimana efek sampingnya.

Baca Juga  Efek Samping Cream Wardah Pada Wajah Anda

KB Spiral adalah salah satu alat kontrasepsi yang dapat menjadi pilihan semua orang karena dapat bertahan lama dan juga efektif.

Persiapkan matang-matang jika ingin menggunakan alat kontrasepsi yang bertujuan untuk menunda momongan Anda, dan jangan sampai salah pilih.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *