penyebab stretch mark
6 Penyebab Stretch Mark yang Harus Anda Hindari Sejak Dini
02/10/2018
pap smear
Apa Itu Pap Smear? Pap Smear Adalah Penting Bagi Wanita, Ini Syaratnya
02/10/2018

Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

efek samping daun binahong

Efek Samping Daun Binahong – Daun binahong telah dikenal sejak lama memiliki banyak khasiat dan manfaat sehingga sering digunakan dalam pengobatan herbal. Daun yang memiliki nama latin Bassela rubra linn ini banyak ditemukan di Indonesia.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya senyawa aktif di dalam daun binahong seperti senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, terpenoid, asam askorbat, asam oleanolic, minyak atsiri dan lainnya.

Senyawa – senyawa tersebut membuat daun binahong bersifat antioksidan, antiinflamasi serta antibakteri. Khasiat daun binahong ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit luar dan dalam.

Baca Juga  Efek Samping Parasetamol Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Dengan berbagai kandungan tersebut, daun binahong bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti maag, meredakan asam urat, mengeringkan luka luar, menurunkan kadar gula dalam darah, melawan penyakit kanker, mengobati rematik dan lainnya.

efek samping daun binahong

Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Penggunaan daun binahong untuk mengobati penyakit – penyakit tertentu, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Disamping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata juga ada efek samping daun binahong yang perlu kita waspadai seperti pusing, nafsu makan menurun, gelisah, mual, muntah kesemutan dan kesulitan buang air kecil.

– Menyebabkan perkembangan janin terganggu bahkan keguguran

Daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena daun binahong memiliki senyawa yang tidak baik untuk perkembangan janin, bahkan senyawa pada daun binahong bisa menyebabkan keguguran.

Baca Juga  Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita

Hal ini dikarenakan, pada daun binahong terdapat senyawa yang bersifat panas dan membuat mineral yang ada di dalam tubuh terserap sehingga menjadikan dinding rahim iritasi dan dapat meracuni dinding rahim. Itulah sebabnya daun binahong tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran

Beberapa gejala yang dapat terjadi jika daun binahong dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu mual, muntah, tubuh menjadi lemas, sakit kepala dan menimbulkan nyeri pada rahim.

– Menurunkan kualitas ASI

Sedangkan pada ibu menyusui, daun binahong ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan daun binahong dapat menurunkan kualitas ASI. ASI yang terkontaminasi daun binahong dapat menjadi racun saat dikonsumsi oleh bayi.

Selain itu, daun binahong juga dapat menyebabkan nyeri dan juga bisa menyebabkan cedera pada jaringan dada. Jika ibu yang sedang menyusui mengonsumsi daun binahong, maka efek samping daun binahong ini dapat memunculkan gejala seperti timbul rasa sakit pada payudara, rasa nyeri di dada, tubuh menjadi lemas, volume ASI berkurang dan warna ASI menjadi keruh. Beberapa efek samping daun binahong lainnya yaitu :

– Menyebabkan insomnia

Daun binahong memiliki kandungan efedrin yang memiliki efek negatif yang dapat memperparah penyakit jantung, stroke dan penyakit hipertensi. Mengonsumsi daun binahong tidak boleh berbarengan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Baca Juga  Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

Kandungan kafein pada kopi yang terkontaminasi dengan daun binahong akan menyebabkan insomnia. Apalagi jika yang mengonsumsi kedua minuman tersebut memiliki riwayat insomnia sebelumnya, maka akan semakin memperparah insomnia.

– Memacu detak jantung menjadi lebih cepat

Efek samping daun binahong lainnya yaitu dapat memacu detak jantung menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan di dalam daun binahong terkandung zat efedrin yang dapat merangsang detak jantung menjadi lebih cepat.

Mengonsumsi daun binahong bersama kopi juga menyebabkan jantung berdegup lebih cepat. Selain itu efek samping daun binahong lainnya juga dapat menaikan tekanan darah, jantung berdebar – debar dan parahnya lagi tekanan darah yang tinggi bisa mengakibatkan stroke. Untuk menghindari terjadinya hal ini sebaiknya gunakan air putih saat mengonsumsi daun binahong.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *