kegunaan jeruk nipis
Tak Perlu Perawatan Mahal, Kegunaan Jeruk Nipis Ini Bisa Dimanfaatkan
07/12/2018
contoh kalimat present continuous
Contoh Kalimat Present Continuous yang Mudah Dipelajari
07/12/2018

Meskipun Banyak Manfaat, Waspadai 8 Efek Samping Buah Naga Ini

efek samping buah naga

Efek Samping Buah Naga – Siapa sih yang tidak kenal dengan buah naga? Ya, buah naga dikenal sebagai buah dengan segudang manfaat. Buah yang memiliki warna merah dan putih ini termasuk ke dalam jenis buah-buahan yang bergizi tinggi.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 4 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Salah satu ciri khas buah naga adalah tekstur daging buahnya yang lembut dan kulit yang berwarna merah. Buah naga dipercaya memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan, di antaranya yaitu buah naga diyakini dapat membantu mencegah penyakit-penyakit degeneratif, misalnya penyakit jantung dan diabetes.

 efek samping buah naga
Meskipun Banyak Manfaat, Waspadai Efek Samping Buah Naga Ini

Namun, yang belum banyak orang tahu adalah buah naga ternyata memiliki efek samping untuk kesehatan. Nah, mau tahu apa saja efek samping buah naga? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. MENYEBABKAN PERUT KEMBUNG

Efek samping buah naga yang pertama yaitu menyebabkan perut kembung atau begah. Hal ini dapat terjadi jika anda mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, karena jumlah kandungan mineral pada buah naga yang dikonsumsi akan menjadi terlalu banyak sehingga mengakibatkan perut kembung atau begah.

Baca Juga  Wajib Tahu, Inilah Manfaat Ibuprofen Dan Dosis Serta Efek Sampingnya

2. MENYEBABKAN DIABETES

Efek samping buah naga yang satu ini karena kandungan gula yang cukup tinggi pada buah naga dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini sangat berpotensi menjadi penyebab munculnya gangguan atau gejala penyakit diabetes.

Untuk meminimalisasi efek samping buah naga yang satu ini, sebaiknya perhatikan jumlah buah naga yang dikonsumsi dan jangan mengonsumsi buah naga dengan campuran gula atau susu.

3. MENYEBABKAN KAMBUHNYA MAAG

Efek samping buah naga selanjutnya yaitu dapat menyebabkan kambuhnya maag. Buah naga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, yaitu berkisar 0,139 per 100 gram buah naga, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan, dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang mengakibatkan kambuhnya maag.

Untuk mengurangi efek samping naiknya asam lambung, sebaiknya sebelum mengonsumsi buah naga, konsumsi nasi terlebih dahulu, dan pastikan maag sedang tidak kambuh agar tidak semakin parah.

 efek samping buah naga

4. MENYEBABKAN DIARE

Efek samping buah naga yang dirasakan beberapa orang adalah menyebabkan diare. Selain itu sebagian orang juga mengalami efek samping berupa feses mengeras.

5. MENYEBABKAN KENCING DAN KOTORAN BERWARNA KEMERAHAN

Pada sebagian orang, buah naga memiliki efek samping yang dapat menyebabkan air seni dan kotoran berwarna kemerahan. Hal ini mungkin disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi buah naga yang berwarna merah.

Baca Juga  12 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Ini Jarang Diketahui

6. MENYEBABKAN SAKIT PERUT

Efek samping buah naga selanjutnya yaitu dapat menyebabkan sakit perut. Hal ini dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi buah naga, perut yang sudah terlanjur menerima banyak asupan makanan sudah tidak dapat menampungnya.

Selain itu, buah naga juga merupakan buah yang mengenyangkan, sehingga Jika terus-terusan dimasuki makanan, maka akan terjadi “pemberontakan” di dalam perut karena perut terasa penuh.

7. MENYEBABKAN KEPALA PUSING

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, efek samping buah naga pada sebagian orang adalah dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Jika anda mengalami efek samping ini, sebaiknya segera hentikan konsumsi buah naga untuk sementara waktu.

8. MUAL DAN MUNTAH

Efek samping buah naga yang satu ini biasanya terjadi pada ibu hamil. Selain itu, jika mengonsumsi buah naga terlalu banyak, ibu hamil juga berisiko mengalami pusing dan sembelit. Buah naga sebenarnya sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi.

Namun, jika terlalu banyak menyerap zat besi pada buah naga, ibu hamil akan mengalami efek mual, muntah, pusing, sembelit, hingga feses berwarna hitam. Untuk mengatasinya, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah naga.

Nah, itu tadi beberapa efek samping buah naga. Untuk menghindari dan meminimalisasi efek samping buah naga, sebaiknya konsumsi buah naga secukupnya saja dan selalu perhatikan kondisi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *