kata kata bijak dalam bahasa inggris
10 Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya Untuk Anda Pelajari
13/03/2019
ciri ciri mata minus
Jangan Abaikan 3 Ciri Ciri Mata Minus yang Serius Ini
14/03/2019

3 Panduan Diet Sehat Golongan Darah O Untuk Anda

diet sehat golongan darah o

Diet Sehat Golongan Darah O – Program diet sangat familiar di telinga kita, namun pernahkan Anda mendengar diet golongan darah? Diet golongan darah merupakan diet yang dilakukan dengan menerapkan pola makanan tertentu sesuai golongan darah yang dimiliki seseorang.

Diet golongan darah digagas oleh seorang dokter naturopati bernama Peter D’Adamo dalam bukunya “Eat Right for Your Type: The individualized diet solution to staying healthy, living longer & achieving your ideal weight”.

Menurut Peter, golongan darah dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Setiap golongan darah mencerna secara berbeda kandungan lektin atau sejenis protein pada makanan.

Baca Juga  10 Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Kandungan lektin pada makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan golongan darah, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti metabolisme menjadi lambat, perut kembung, dan munculnya penyakit. Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkan diet yang disesuaikan dengan golongan darah yaitu diet sehat golongan darah O, A, AB, dan B.

Diet sehat golongan darah membahas berbagai makanan dan olahraga yang baik untuk masing – masing tipe golongan darah serta makanan dan jenis olahraga yang harus dihindari. Simak yuk bagaimana cara melakukan diet sehat golongan darah O berikut ini.

diet sehat golongan darah o
3 Panduan Diet Sehat Golongan Darah O Untuk Anda

Umumnya, orang yang memiliki golongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi. Nah, untuk menerapkan diet sehat golongan darah O, Anda perlu mengetahui makanan yang baik dikonsumsi, makanan yang harus dihindari, serta olahraga yang direkomendasikan seperti berikut ini:

1. Makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O

Makanan yang baik untuk dikonsumsi pemilik golongan darah O adalah makanan tinggi protein. Makanan yang tinggi protein diantaranya daging, ikan, seafood, kacang – kacangan, susu, telur, keju, dan yoghurt. Daging dan ikan menjadi sumber protein hewani terbaik untuk menerapkan diet sehat golongan darah O.

Baca Juga  Bebas Nyeri Sendi Dengan Menghindari 7 Pantangan Asam Urat

Konsumsi biji – bijian seperti padi dan kacang – kacangan sebaiknya dibatasi. Sayuran yang direkomendasikan untuk golongan darah O diantaranya bayam, buncis, kangkung, daun bawang, daun seledri, dan brokoli. Buah yang bagus untuk dikonsumsi golongan darah O adalah pisang dan mangga.

Nah, makanan terbaik untuk menurunkan berat badan golongan darah O yaitu hati, daging merah, seafood, brokoli, bayam, dan kangkung.

2. Makanan yang harus dihindari oleh golongan darah O

Walaupun daging dan ikan direkomendasikan untuk dikonsumsi golongan darah O, ada beberapa jenis daging dan ikan yang perlu dihindari,yaitu daging babi, bacon (daging babi asap), ikan lele, ham, salmon asap, gurita, dan kaviar.

Jenis biji – bijian dan kacang – kacangan yang perlu dihindari diantaranya jagung, gandum, kacang, merah, dan kacang navy. Sementara sayuran yang perlu dihindari yaitu kol, kentang, terong, sawi hijau, bunga kol, dan jamur shiitake.

Baca Juga  Bermasalah dengan ASI? Konsumsi 5 Makanan Penambah ASI Ini

Buah – buahan yang perlu dihindari yaitu jeruk, melon, melon madu, kiwi, blewah, stroberi, jeruk, dan kelapa.

3. Olahraga yang sesuai dengan golongan darah O

Jenis olahraga yang cocok dengan golongan darah O adalah olahraga yang memerlukan ketahanan seperti berlari.

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Golongan Darah O?

cara diet sehat golongan darah o

Hanya dengan menerapkan pola makan sesuai daftar yang telah disebutkan di atas tidak menjamin berat badan Anda langsung turun seketika. Namun, ada hal – hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu:

– Saat mengonsumsi makanan sesuai daftar di atas, Anda tetap harus memperhatikan jumlah kalori dan keseimbangan nutrisinya.

– Melakukan olahraga sesuai golongan darah dengan rutin.

– Menerapkan pola makan dan olahraga dengan konsisten.

– Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, Anda harus mengonsultasikannya dulu ke dokter.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *