tes toefl online
3 Strategi Belajar Tes Toefl Online Tanpa Membuang Waktu
15/04/2019
cara mudah belajar bahasa inggris
3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Mudah
16/04/2019

Rumus, Contoh Past Tense Dalam Kehidupan Sehari-Hari

contoh past tense

Contoh Past Tense – Bagaimana menjelaskan sebuah proses atau kejadian yang telah selesai di masa lampau? Misalnya anda ditanya temen anda ngapain aja selama liburan? Kemudian anda diminta menjelaskan pada saat kursus atau sesi dalam bahasa inggris.

Kira-kira tense yang tepat digunakan apa ya? Tense yang paling tepat adalah past tense. Past tense sendiri merupakan tenses yang menjelaskan kondisi faktual atau situasional pada masa lalu, berlangsung pada masa lalu dan telah selesai pada masa lalu.

Baca Juga  Inilah Ciri, Fungsi, dan Contoh Kalimat Modals Untuk Dipelajari

Kenapa tiga hal ini perlu diperhatikan? Karena nantinya akan ada tense tense lain yang juga menjelaskan kejadian atau situasi pada masa lalu, tetapi prosesnya masih berlangsung hingga kini.

Seperti misalnya anda kuliah dari tahun kapan hingga berjalan sampai saat ini dan kemudian selesai pada tahun tahun mendatang. Nah, jika kondisinya seperti ini maka penggunaan tense nya nanti akan berbeda.

Pengertian Past Tense

contoh past tense

Contoh past tense yang paling sederhana adalah simple past tense. Karena simple past tense ini merupakan bagian dasar dari past tense yang bertingkat tingkat dalam menjelaskan proses di masa lampau.

Simple past tense ini menjelaskan sebuah kejadian pada masa lalu, atau baru saja terjadi beberapa jam dan menit yang lalu, prosesnya sudah selesai dan tidak terulang. Misalnya hari kemarin Andi naik kereta pergi berlibur ke solo. Jika diterjemahkan ke dalam sebuah contoh past tense maka akan menjadi “Andi went to Solo yesterday by train”.

Baca Juga  Mari Belajar, Ini 21 Contoh Kalimat Gerund dan Artinya

Coba bandingkan penggunaan past tense dengan past continues tense. Jika past tense menjelaskan sebuah kejadian yang telah selesai di masa lalu. Seperti andi yang berlibur ke solo kemarin bisa dijelaskan dengan contoh past tense berupa simple past tense.

Maka past continues tense, sesuai dengan namanya continues yaitu terus berlangsung. Maka past continues tense adalah sebuah tense yang menjelaskan sebuah kejadian di masa lampau, terus terjadi hingga hari ini. Misalnya andi berlibur ke solo dari kemarin sampai dengan saat ini dan terus hingga pekan depan. Jika kondisinya seperti ini maka menjelaskannya dengan past continues tense.

Rumus Simpel Past Tense

Nah, simple past tense atau contoh sederhana dari past tense merupakan penjelasan situasi masa lampau yang telah berakhir dicirikan dengan penggunaan rumus yang sangat sederhana yaitu: “subyek + verb dua + objek.

Ciri ciri verb dua kebanyakan yang digunakan dalam reguler verb atau kata kerja beraturan adalah mereka yang berakhiran dengan huruf -ed. Seperti play menjadi played, stay menjadi stayed.

Baca Juga  Mudahnya Belajar Rumus Present Tense dan Kegunaanya

Tetapi jika menggunakan kata kerja tidak beraturan seperti irreguler verb. Maka kata kerja yang digunakan mengikuti kaidah-kaidah yang telah dijelaskan dalam irreguler verb tersebut. Misalnya beberapa contoh: run, ran, run. Atau put, put dan put.

Contoh Past Tense Dalam Kehidupan Sehari-Hari

contoh past tense

Berikut beberapa contoh past tense dalam bentuk past tense affirmative atau past tense yang mnjelaskan bentuk kalimat positif sehari-hari:

1. She joined Mandarin Class at college at Thursday Morning

Artinya: Dia bergabung dengan kelas mandarin ketika di kampus kemarin kamis malam). Joined adalah kata kerja bentuk kedua reguler verb.

2. They watched Avenger in the Malioboro Avenue the day before yesterday

Artinya mereka menonton film Avenger di Plaza Malioboro pada kemarin lusa. watched juga bentuk kata kerja kedua dari reguler verb.

3. She wrote paper to the magazine las night

Artinya: tadi malam, dia perempuan menulis surat kepada sebuah majalah). wrote adalah kata kerja irreguler verb bentuk kedua dari kata write.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *