cara membuat gelang dari tali kur
Step by Step, Ini Cara Membuat Gelang Dari Tali Kur Dirumah
05/07/2019
ciri ciri gejala tipes
Waspadai Bunda, Ini Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Anak
06/07/2019

Waspadai, Inilah Penyebab dan 10 Ciri Ciri Tipes Pada Anak

ciri ciri tipes pada anak

Ciri Ciri Tipes Pada Anak – Infeksi tipes ternyata sering tertular saat seseorang mengonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi dan paling sering terjadi di antara anak-anak.

Setelah tertular penyakit ini, ciri ciri tipes pada anak pertama dan terpenting adalah mengalami demam tinggi yang persisten dan bertahap meningkat.

penyebab tipes pada anak

Apa Penyebab Tipes Pada Anak?

Tipes paling sering terjadi pada anak-anak yang tidak sering mencuci tangan. Hewan tidak membawa penyakit ini, penularan dari manusia ke manusia selalu menjadi penyebabnya. Seseorang yang menderita tipus akan menularkan bakteri melalui tinja, di mana bakteri dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu di selokan.

Baca Juga  Waspadai, Inilah Gejala Tipes Ringan yang Perlu Diketahui

Pada orang dewasa umumnya penyebab tipes terjadi karena adanya pembawa patogen, kemudian mereka menularkannya melalui tinja atau urin. Berikut adalah penyebab tipus pada anak yang harus diperhatikan dan dicegah:

• Makan makanan yang terkontaminasi atau kotor

• Minum air yang terkontaminasi

• Kebersihan yang buruk, misalnya jika tangan tidak sering dicuci, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan

• Makan di tempat-tempat yang dekat dengan limbah dari pedagang kaki lima yang kotor

• Makan sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih

• Orang yang menderita tipus yang bersin dan batuk dapat mencemari makanan di sekitar mereka

 ciri ciri tipes pada anak anak

Waspadai, Inilah Ciri Ciri Tipes Pada Anak

Setelah didiagnosis, tifoid atau tipes menunjukkan banyak gejala pada anak-anak mulai dari yang ringan sampai yang parah. Berikut adalah gejala paling utama.

1. Demam Tinggi

Gejala pertama dan terpenting yang akan Anda perhatikan pada anak Anda adalah demam tinggi yang dimulai dari demam ringan hingga menumpuk selama beberapa hari. Hal ini juga salah satu gejala yang bertahan paling lama.

2. Sakit Tenggorokan

Anak Anda akan mengeluh ketidaknyamanan di tenggorokan dan rasa sakit yang bisa sangat menyakitkan.

3. Sering Mengalami Kelelahan

Ciri ciri tipes pada anak selanjutnya adalah anak-anak seringkali merasa kelelahan setiap harinya padahal mereka tidak melakukan aktifitas yang berat, dan hal tersebut menandakan infeksi sudah merasuki tubuh anak.

4. Terdapat Bintik-Bintik Merah

Ciri ciri tipes pada anak selanjutnya adalah adanya bintik-bintik merah pada bagian tubuh anak biasanya bintik-bintik tersebut berada di bagian dada bawah, karena adanya bintik-bintik merah tersebut merupakan salah satu pertanda umum tipes.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

5. Kehilangan Nafsu Saat Makan

Jika anak Anda kurang tertarik pada makanan dan menolak untuk makan, dikombinasikan dengan sakit tenggorokan atau kehilangan nafsu makan, maka bisa menjadi salah satu ciri ciri tipes pada anak.

6. Mengalami Diare

Anak-anak yang terinfeksi diare salah satu cirinya adalah akan mengalami demam yang tinggi disertai dengan mengalami diare.

7. Nyeri pada bagian perut

Jika anak Anda mengeluh sakit akut pada bagian perut, maka kemungkinan besar mereka bisa mengalami tifus, akan tetapi untuk memastikannya membutuhkan cek up dari medis.

8. Mengalami Sembelit

Jika anak Anda seringkali mengalami kesulitan untuk buang air besar dan merasa kembung setiap hari, maka kemungkinan besar hal itu adalah tanda adanya infeksi tipes pada anak.

9. Sakit kepala

Si kecil juga bisa mengeluh merasa berat di kepala selain sakit kepala berkepanjangan yang bisa disebabkan oleh infeksi

10. Perut bengkak

Beberapa anak juga mengalami pembengkakan perut jika mereka terkena tifus. Jika Anda memperhatikan anak Anda mengalami perut bengkak, segera hubungi dokter.

Sekianlah pembahasan mengenai penyebab dan ciri ciri tipes pada anak yang perlu Anda ketahui, dan ada baiknya jika anak-anak Anda mengelamilebih dari ciri ciri diatas segera memerikan kondisi tersebut kepada dokter untuk menghidari hal hal yang tidak diinginkan.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *