mengatasi hidung mampet
Cara Mengatasi Hidung Mampet dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui
04/09/2018
cara menghentikan mimisan
Cara Menghentikan Mimisan Anak dengan Mudah dan Praktis
04/09/2018

Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria

ciri ciri pria mandul

Ciri Ciri Pria Mandul – Mandul atau infertilitas merupakan salah satu kondisi medis yang banyak ditakutkan karena pada kondisi infertil, pasangan suami istri tidak dapat mempunyai keturunan.

Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat berat karena pasangan suami istri tentunya memiliki mimpi memiliki keturunan buah cinta mereka berdua. Kemandulan atau infertilitas sendiri dapat menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita.

Jangan hanya salah wanita saat sepasang suami istri tidak dapat memiliki keturunan. Hal ini karena nyatanya, kasus kemandulan atau infertilitas justru banyak disebabkan oleh pria.

Baca Juga  6 Cara Memperbesar Otot Dada Anda Hari Ini

Sebanyak 40% kasus infertilitas datang dari para pria, 40% lagi dari wanita, sisanya adalah karena pasangan suami istri tersebut sama-sama mengalami masalah kesuburan, dan ulasan kali ini membahas mengenai ciri ciri pria mandul dan berbagai aspek yang dapat mempengaruhinya.

Penyebab Pria dan Wanita Mengalami Kemandulan

ciri ciri pria mandul

Sebelum mengetahui tentang ciri ciri pria mandul, mari kita cari tahu terlebih dahulu mengenai apa penyebab kemandulan baik pada pria maupun wanita.

Selain karena hormonal, ada banyak penyebab kemandulan yang ternyata terjadi karena efek dari luar.

Hal ini membuat kita sebenarnya dapat mencegahnya dengan menghindari penyebab luar tersebut. Adapun penyebab yang kerap membuat pria dan wanita mandul diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hormon yang tidak stabil pada tubuh

2. Keturunan atau genetika

3. Mengalami stres yang parah

4. Mengonsumsi rokok, alkohol, serta obat-obatan terlarang

5. Adanya efek samping dari konsumsi obat atau tindakan pengobatan tertentu

6. Terlalu banyak terpapar polusi

7. Menderita penyakit kelenjar tirod

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Penting untuk Para Pria

8. Menderita peyakit diabetes

9. Menderita sirosis hati

10. Mengalami kecelakaan yang mengebabkan organ reproduksi mengalami luka atau terjadi kecacatan

11. Dampak dari kemoterapi serta terapi radiasi

12. Menderita gangguan testikel, prostat, dan seksual

13. Timbul varises pada organ intim yang dimiliki pria

14. Kondisi kelainan dari lahir yang disebut kriptokismus

15. Kegemukan atau kelebihan berat badan

Itu tadi beberapa penyebab mandul yang dapat diderita baik pria atau wanita. Beberapa penyebab dari luar dapat kita hindari dengan tindakan yang sederhana seperti tidak merokok, tidak menggunakan narkoba dan minum alkohol, menurunkan berat badan, dan sebagainya.

Waspada Inilah Ciri Ciri Pria Mandul yang Perlu Diperhatikan

ciri ciri pria mandul

Setelah mengetahui penyebabnya, saatnya kita mengetahui ciri ciri pria mandul. Adapun beberapa ciri luar yang dapat kita amati diantaranya adalah sebagai berikut.

– Memiliki hasrat seksual yang rendah

Ciri yang pertama adalah hasrat seksual yang rendah. Hasrat seksual sangat penting dalam berhubungan suami istri. Hasrat yang rendah ini dapat disebabkan karena faktor hormonal. Hasrat seksual pria sangat dipengaruhi oleh hormon testosteron pada pria.

Pertumbuhan rambut tubuh sedikit

Kita tahu bahwa pria biasanya memiliki tubuh yang lebih ‘hairy’ dibandingkan wanita. Karena hormon yang tidak seimbang, ada beberapa pria yang tidak memiliki banyak bulu pada tubuh.

Karena infertilitas pada pria juga dapat disebabkan karena faktor ketidakseimbangan hormon, maka, pertumbuhan bulu pada tubuh pria dapat dijadikan sebagai indikator. Walaupun, tidak semua orang yang tidak memiliki banyak bulu tubuh itu mandul.

– Jumlah sperma yang sedikit

Sperma menjadi faktor penting dalam mendapatkan keturunan. Jika jumlah sperma rendah, maka kemungkinan sel telur dibuahi akan semakin rendah.

Kisaran jumlah sperma pada air mani dikatakan rendah adalah saat jumlahnya tidak mencapai 15 juta per ml.

Baca Juga  Cara Menaikan Trombosit dengan Mudah

Penurunan jumlah sperma dapat disebabkan oleh banyak hal seperti tumor, antibodi penyerang sperma, hormon yang tidak seimbang, penyakit celiac, infeksi, efek pengobatan, akibat operasi, dan sebagainya.

– Testikel yang bengkak dan sakit

Penyebab testikel terasa bengkak dan sakit disebabkan oleh timbulnya varises pada bagian kemaluan pria. Pembengkakan terjadi karena pembuluh darah di sekitar kelamin mengalami pembengkakan.

Pembengkakan ini akan menjadi penghalang sperma untuk keluar sehingga jumlah sperma saat ejakulasi akan menurun.

Masih ada beberapa ciri lain yang kasat mata dan dapat diamati. Beberapa diantaranya adalah sesak nafas, testikel yang padat dan kecil, indera penciuman yang tidak berfungsi, gangguan fungsi seksual, dan sebagainya.

Inilah Tes Kemandulan Atau Fertilitas

Agar kita mengetahui apakah kita mengalami kemandulan atau tidak, jangan takut atau malu untuk melakukan tes. Hal ini untuk mengantisipasi penyebab kemandulan. Ada beberapa tes kemandulan yang dapat dilakukan pria. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut.

– Analisis sperma

– Pemeriksaan hormon

– USG

– Biopsi testis

– Pemeriksaan chlamydia salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS)

– Pemeriksaan genetik

Nah, itu tadi bahasan mengenai ciri ciri pria mandul dan beberapa penyebab serta tes yang dapat dilakukan untuk mengecek kemandulan. Untuk menghindari penyebab kemandulan dari luar, melakukan pola hidup sehat adalah hal yang utama.

Tidak ada salahnya untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi alkohol, tidur cukup, kurangi stress, konsumsi asam folat, dan minum suplemen.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *