khasiat daun binahong
Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan
14/12/2018
cara memutihkan sepatu
Jangan Dibuang, Ini 4 Cara Memutihkan Sepatu dari Noda Kuning
15/12/2018

Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

ciri ciri penyakit tipes

Ciri CIri Penyakit Tipes – Tipes merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan bagian bawah. Penyebabnya karena infeksi bakteri salmonella typi di saluran usus halus dan usus 12 jari.

Baca Juga  7 Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Gejala tipes diawali dengan gejala tipes ringan dan kemudian jika tidak tertangani akan menjadi gejala tipes berat dan bahkan mengharuskan penderitanya dirawat di rumah sakit. Sebelum anda terkena gejala tipes berat, akan lebih baik mengenali indikasi gejala tipes ringan di tubuh anda.

Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

Cara-cara mengenali gejala tipes ringan sangat mudah dilakukan oleh pemula. Bahkan tidak memerlukan peralatan kesehatan serba canggih, lalu seperti apakah ciri ciri penyakit tipes? berikut cara mengenalinya dengan mudah.

ciri penyakit tipes
1.Demam

Indikasi adanya demam bisa jadi merupakan ciri ciri penyakit tipes ringan. Anda jangan sampai terkecoh. Karena kebanyakan orang mengabaikan dan menganggap demam merupakan penyakit biasa seperti masuk angin, kelelahan, atau penyakit lain demam berdarah dan flu. Demam sendiri merupakan indikasi adanya penyakit tifoid

Demam sendiri terbagi-bagi, berbeda antar penyakit, dan beberapa lebih spesifik pada gejala-gejala penyakit tertentu. Seperti gejala tipes ringan, demam adalah indikasi utama yang perlu diperhatikan.

Demam pada gejala tipes ringan bersifat spesifik, yaitu terjadi di awal-awal ciri ciri penyakit tipes ringan menyerang tubuh. Demam meninggi di awal sakit, naik turun, dan kadang hanya muncul sesekali. Kondisi demam tubuh yang diserang gejala tipes ringan berada di sekitaran 38-39 derajat celcius.

Baca Juga  Kenali 5 Ciri Ciri Sakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Sekarang Juga

Anda bisa membeli termometer seharga 50 ribu di apotek terdekat untuk mengukur suhu harian tubuh anda. Suhu normal tubuh manusia dewasa berada di batas atas 37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh anda melewati batas tersebut bisa menjadi indikasi adanya demam gejala tipes ringan.

Termometer apotek yang telah anda beli bisa digunakan mengukur di dua tempat. Pertama, di bagian bawah lidah dengan memasukkan ujung termometer, tunggu beberapa saat hingga termometer berbunyi menghitung suhu tubuh. Kedua, di bagian ketiak sebelah kanan atau kiri. Caranya sama dan bisa diulangi dalam beberapa jam sekali.

2.Gangguan Pencernaan dan Kehilangan Nafsu Makan

Indikasi adanya gangguan pencernaan merupakan indikasi berikutnya dalam mengenali ciri ciri penyakit tipes. Cara ini mudah dideteksi jika anda mulai kehilangan nafsu makan. Dilanjutkan dengan rasa mual sejam atau dua jam setelah makan-makanan berat.

Sejam atau dua jam merupakan waktu makanan yang kita cerna melewati usus halus dan usus 12 jari. Tempat infeksi bakteri gejala tipes bersarang. Selain rasa mual dan tidak nyaman di bagian perut bawah.

Gangguan pencernaan juga meliputi diare ringan yang terus menerus. Jika anda bisa mengenali gejala tipes ringan kedua ini. Anda bisa memulai dengan menjaga asupan makan yang halus dan lembut seperti bubur ayam dan minum air putih sebanyak-banyaknya.

penyebab  penyakit tipes

3.Lemas dan Mudah Lelah

Karena anda mengalami kehilangan nafsu makan dan gangguan pencernaan. Maka tubuh secara otomatis kehilangan tenaga. Sehingga membuat kinerja tubuh berkurang dan merasa lemas dan mudah lelah. Ciri ciri penyakit tipes ini mudah dikenali dengan membandingkan kebiasaan kerja sehari-hari kita yang biasanya produktif menjadi malas bergerak dan perut terasa kurang nyama baik ketika tidur ataupun berdiri. Terlebih setelah makan-makanan berat.

Baca Juga  Awas, Inilah Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening Membengkak dan Penyebabnya

Bagaimanakah Cara Diagnosis Tipes?

Jika anda masih ragu-ragu apakah ciri ciri penyakit tipes atau gejala tipes yang anda derita tidak sembuh setelah minum obat pada umumnya. Cara terakhir ini bisa diandalkan.

Tes Widal adalah tes untuk menguji kandungan bakteri Salmonella Typhi di dalam darah. Tes ini menjadi tes umum bagi penderita gejala tipes ringan untuk mendeteksi tipes di tubuhnya. Tes widal bisa dilakukan di semua laboratorium dengan biaya murah 100 ribu. Hasil tes widal bisa anda gunakan untuk konsultasi dengan dokter.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *