perkenalan diri dalam bahasa jerman
Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Jerman yang Benar
09/01/2019
cara merawat kelinci
Cara Merawat Kelinci yang Benar dan Jarang Diketahui
09/01/2019

Ciri Ciri Paru-Paru Basah yang Perlu Anda Waspadai

ciri ciri paru paru basah

Ciri Ciri Paru Paru Basah – Paru-paru basah (Pneumonia) adalah infeksi yang memicu inflamasi kantung udara di satu atau kedua paru-paru. Kantung udara dapat terisi dengan cairan atau nanah (bahan bernanah) yang menyebabkan batuk berdahak atau nanah, demam, kedinginan, dan sulit bernapas. Hal ini disebabkan oleh berbagai organisme, termasuk bakteri, virus, dan jamur.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

Paru-paru basah bisa ternyata bisa yang mengancam jiwa dan penyakit ini bisa dinyatakan penyakit yang lebih serius jika terjadi pada bayi maupun untuk anak kecil, orang yang berusia tua, dan orang dengan masalah kesehatan atau sistem kekebalan yang lemah penyakit ini paling sering terjadi

Ciri Ciri Paru Paru Basah yang Perlu Anda Waspadai

penyebab paru paru basah

Ciri ciri paru–paru basah dan gejalanya sangat bervariasi dari yang ringan hingga yang berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman penyebab infeksi, dan usia serta kesehatan secara keseluruhan. Ciri ciri paru paru basah gejala ringan seringkali mirip dengan gejala flu atau pilek, tetapi gejala tersebut bertahan lebih lama.

Ciri Ciri paru paru basah dapat meliputi:

• Nyeri dada saat bernapas atau batuk

• Kebingungan atau perubahan kesadaran mental (pada orang dewasa usia 65 dan lebih tua)

• Batuk yang bisa menghasilkan dahak

• Kelelahan

• Demam, berkeringat, dan menggigil kedinginan.

• Lebih rendah dari suhu tubuh normal (pada lansia dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah)

• Mual, muntah atau diare.

• Sesak napas

• Pada bayi mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Mungkin bisa muntah, demam dan batuk, tampak gelisah atau lelah dan tanpa energi, atau kesulitan bernapas dan makan.

Baca Juga  Awas, Inilah Ciri Ciri Kelenjar Getah Bening Membengkak dan Penyebabnya

Penyebab Paru-paru Basah

Banyak kuman yang bisa menyebabkan paru-paru basah, yang paling umum adalah bakteri dan virus di udara yang kita hirup. Sistem imun tubuh biasanya mencegah kuman-kuman ini menginfeksi paru-paru. Tetapi terkadang kuman-kuman ini dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh, meskipun kesehatan tubuh secara umum baik. Paru-paru basah yang paling umum, disebabkan oleh:

• Bakteri.

Penyakit ini menyerang segala usia dan dapat berkembang setelah terkena flu ringan ataupun flu yang parah. Beberapa penyebabnya yaitu Streptococcus pneumoniae, Legionella pneumophila, dan

Chlamydophila pneumonia. Bakteri Pneumocystis jiroveci terkadang bisa ditemukan pada penderita HIV/AIDS yang mengalami penurunan sistem imunitas sehingga tubuh sudah tidak mampu melawan infeksi.

• Mycoplasma.

Organisme ini tidak tergolong bakteri dan virus, tetapi memiliki sifat kedua-duanya. Biasanya menghasilkan gejala yang lebih ringan daripada jenis paru-paru basah lainnya

• Jamur.

Jenis penyakit ini paling umum pada orang dengan masalah kesehatan kronis atau sistem kekebalan yang melemah, dan pada orang yang telah menghirup organisme dalam dosis besar. Jamur penyebabnya
dapat ditemukan di tanah atau kotoran burung dan bervariasi tergantung pada lokasi geografis.

cara mengobati  paru paru basah
Diagnosa Paru-paru Basah

• Tes darah.

• Tes dahak.

• Oksimetri nadi.

• Tes urin.

• CT scan.

• Sampel cairan.

• Bronkoskopi.

Perawatan

Perawatan akan tergantung pada jenis paru-paru basah yang diderita, seberapa parahnya, dan kesehatan umum.

• Perawatan yang ditentukan dokter

Obat antibiotik, antivirus, dan antijamur biasanya digunakan untuk mengobati pneumonia, akan tetapi tergantung pada penyebab spesifik dari kondisi tersebut. Sebagian besar kasus pneumonia bakteri dapat diobati di rumah dengan antibiotik oral, dan kebanyakan orang merespons antibiotik dalam satu hingga tiga hari.

Dokter juga dapat merekomendasikan obat batuk untuk menenangkan batuk sehingga pasien dapat beristirahat.

• Perawatan di rumah

– Minum obat sesuai resep

– Banyak istirahat

– Minum banyak cairan

– Tidak berlebihan dengan kembali ke sekolah atau bekerja terlalu cepat

• Rawat inap

Jika gejala sangat parah atau memiliki masalah kesehatan lainnya, mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Di rumah sakit, dokter bisa melacak detak jantung, suhu, dan pernapasan. Perawatan mungkin termasuk:

– Antibiotik intravena. Ini disuntikkan ke pembuluh darah.

Baca Juga  Kenali 5 Ciri Ciri Sakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Sekarang Juga

– Terapi pernapasan

Terapi ini menggunakan berbagai teknik, termasuk memberikan obat-obatan spesifik langsung ke paru-paru. Terapis pernapasan juga dapat mengajari atau membantu melakukan latihan pernapasan untuk memaksimalkan oksigenasi.

– Terapi oksigen

Perawatan ini akan membantu menjaga kadar oksigen dalam aliran darah. Anda dapat menerima oksigen melalui tabung hidung atau masker wajah. Jika gejala yang terjadi sangat
parah, Anda mungkin memerlukan ventilator (mesin yang mendukung pernapasan).

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai ciri ciri paru paru basah sampai cara mengatasinya dan semoga saja artikel diatas ini dapat bermanfaat yah.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *