odol pemutih gigi
Mengetahui Kandungan Odol Pemutih Gigi dan Fungsinya Untuk Kita
12/09/2018
Penyebab Tensi Rendah Yang Perlu Anda Ketahui
13/09/2018

Ciri Ciri Kanker Serviks Yang Wajib Anda Waspadai

Ciri Ciri Kanker Serviks – Kesehatan merupakan harta yang paling mahal yang harus Anda syukuri. Mengapa demikian? Tentu saja jika suatu penyakit bersarang dalam tubuh maka perlu dilakukan penanganan dengan biaya yang super mahal.

Di samping itu, tubuh juga akan merasakan sakit dan juga aktivitas sehari-hari tidak bisa dijalani dengan cara yang normal seperti sedia kala.

Maka dari itu, penting mulai dari sekarang menjaga kesehatan dan juga mengantisipasi datangnya berbagai penyakit salah satunya kanker serviks.

Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan dan sebagian besar menyerang wanita. Kanker serviks ini di awal kemunculan tidak terlalu menunjukkan gejala dan ciri-cirinya sehingga penting bagi Anda untuk mengantisipasi kedatangannya.

Baca Juga  Kenali 4 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat

Berikut ini akan kami sampaikan gejala dan ciri kanker serviks yang wajib untuk Anda ketahui.

Ciri dan Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Adanya pendarahan pada vagina

Ciri ciri kanker serviks stadium awal yang pertama yaitu adanya pendarahan yang keluar dari vagina. Pendarahan ini terjadi secara tidak beraturan.

Artinya, pendarahan yang biasanya terjadi pada saat menstruasi dan juga pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seks dengan pasangan.

Tidak hanya bagi para wanita yang masih berada di usia produktif saja, namun tanpa ini juga muncul bagi wanita yang sudah menopause. Untuk itu, penting bagi Anda untuk segera pergi ke dokter dan mengecek kondisi tubuh Anda.

Munculnya rasa nyeri

Rasa nyeri yang muncul pada saat berhubungan seksual juga menjadi salah satu ciri ciri kanker serviks stadium awal yang harus benar-benar antisipasi. Biasanya, rasa nyeri dan sakit ini muncul ketika Anda berhubungan badan dengan pasangan.

Tepatnya pada saat penis masuk ke dalam vagina Anda. Rasa nyeri tersebut akan terasa sangat menyakitkan ketika terus Anda lawan.

Ketika Anda mengalami kondisi ini maka segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Keputihan bercampur darah dan juga berair

Keputihan merupakan kondisi yang normal yang dialami oleh setiap wanita. Tidak hanya itu saja, keputihan ini menunjukkan bahwa organ reproduksi dalam kondisi yang normal. N

Namun keadaan ini berbeda jika tubuh Anda terserang kanker serviks karena keputihan yang akan Anda alami tidak lagi berwarna putih kental namun cenderung berair dan juga tercampur dengan darah. Gejala kanker serviks s tadium awal ini biasanya muncul.

Baca Juga  Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria

Keputihan menyebabkan bau yang tidak sedap

Keputihan memang memunculkan bau sesuatu yang aneh namun bagi Anda yang sudah berpasangan tentu saja bau keputihan menjadi bau yang menyenangkan.

Namun kondisi ini tentu sangat berbeda karena salah satu tanda keputihan pada wanita yang mengalami kanker serviks adalah keputihan yang menimbulkan bau busuk dan bau tidak sedap.

Kesulitan buang air kecil

Ciri ciri kanker serviks stadium awal yang juga harus Anda waspadai yaitu adanya rasa sulit ketika harus buang air kecil. Selain buang air kecil, ternyata kesulitan untuk buang air besar juga menjadi salah satu tanda adanya kanker serviks yang ada di dalam tubuh seorang wanita.

Kesulitan ini biasanya ditandai oleh adanya rasa nyeri ketika hendak buang air kecil ataupun besar dan juga susah untuk merasakan bahwa tubuh ingin buang air kecil.

Jika ini yang Anda rasakan maka penting bagi Anda untuk segera datang ke dokter untuk meminta pertolongan.

Adanya pembengkakan pada kaki

Pembengkakan pada kaki baik salah satu kaki atau pun dua kaki merupakan salah satu gejala kanker serviks stadium awal yang harus Anda antisipasi. Biasanya, pembengkakan ini akan muncul secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas.

Kaki akan membesar dan mungkin Anda akan merasakan kesulitan ketika harus berjalan. Dengan gejala ini biasanya kegiatan aktivitas sehari-hari Anda sudah mulai terganggu.

Penurunan berat badan

Gejala kanker serviks stadium awal yang menjadi tanda bahwa Anda harus segera berobat dan menjalani perawatan yang intensif yaitu ketika tubuh Anda kehilangan berat badan yang terjadi secara signifikan.

Meskipun sudah mendapatkan perawatan sebelumnya namun pada sebagian wanita tetap akan mengalami berat badan ketika tubuh sudah terserang kanker serviks ini.

Untuk itu, meskipun Anda merasakan sakit yang luar biasa atau sudah khawatir dengan beberapa tanda yang muncul maka Anda tetap harus semangat untuk sembuh dan tidak lupa mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi seimbang sehingga tubuh tidak akan kekurangan nutrisi.

Nah, jika tujuh tanda tersebut sudah Anda ketahui maka langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari kanker serviks yang sangat berbahaya tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan pap smear dalam waktu dekat.

Pemeriksaan ini menjadi cara terbaik dari dalam diri Anda untuk melihat perubahan-perubahan yang ada di dalam sel rahim sejak diri. Tidak hanya itu saja, pendeteksian yang dilakukan sejak awal juga akan memudahkan untuk mengobati dan menghilangkan sel-sel yang tidak normal.

Baca Juga  Ciri Ciri Air Mani Mandul Ini Wajib Anda Antisipasi

Pengecekan ini disarankan untuk dilakukan oleh para wanita yang berada di kurun usia antara 25 tahun sampai dengan 49 tahun yang bisa dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Khusus untuk wanita yang berusia 50 tahun sampai dengan 64 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih rutin yaitu satu tahun sekali.

Khusus bagi wanita yang sudah berusia 65 tahun penting sekali untuk segera melakukan pemeriksaan jika sampai di umur 50 tahun belum pernah melakukan pemeriksaan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati maka segeralah memeriksakan tubuh Anda!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *