manfaat jus buah naga
Manfaat Jus Buah Naga, Si Manis yang Berkhasiat Bagi Kesehatan
13/12/2018
Bahaya Akibat Sering Onani
Jangan Keseringan, Ini 8 Bahaya Akibat Sering Onani Pada Pria
13/12/2018

Terasa Nyeri dan Mual, Awas Ciri Ciri Asam Lambung Naik!

ciri ciri asam lambung naik

Ciri Ciri Asam Lambung Naik – Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit asam lambung atau yang sering disebut dengan maag.

Tapi tahukah kalian jika penyakit maag dibiarkan akan berbahaya bagi keselamatan jiwa anda?? Penyakit maag ini identik dengan naiknya asam lambung ke daerah kerongkongan atau esophagus. Oleh karena itu biasanya seseorang akan merasa mual-mual dan sakit atau nyeri pada daerah ulu hati.

Penyebab penyakit asam lambung ini memang bervariasi. Akan tetapi pada awalnya yang menyebabkan penyakit ini adalah tingkat pola makan seseorang yang tidak teratur.

Baca Juga  Kenali 4 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat

Selain itu banyak faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit asam lambung ini, diantaranya adalah faktor psikis yaitu tingkat stress seseorang, obesitas, ataupun faktor keturunan.

Ciri-ciri penyakit asam lambung ini biasanya kita sadari sejak awal melalui gejala-gejala sepele yang muncul. Akan tetapi kebanyakan orang akan menyepelehkan ciri-ciri penyakit asam lambung ini karena dianggapnya bukan hal yang luar biasa.

pantangan asam lambung
Terasa Nyeri dan Mual? Awas Ciri Ciri Asam Lambung Naik!

Padahal jika ciri ciri penyakit asam lambung dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena asam lambung akan naik terus dan membahayakan metabolisme yang ada di dalam tubuh.

Oleh karena itu kita harus menyadari apa saja ciri-ciri asam lambung naik agar kita dapat mengantisipasi dan mengobati dari awal. Berikut ini adalah ciri ciri asam lambung naik sebagai berikut:

1. Rasa Nyeri di Ulu Hati

Sebagian besar orang akan merasakan ciri-ciri asam lambung naik dengan ditandai munculnya rasa nyeri pada ulu hati atau dada yang sering disebut dengan heartburn. Pada saat asam lambung naik maka akan naik sampai ke kerongkongan atau esophagus sehingga akan menyebabkan sensasi terbakar pada bagian ulu hati atau dada. Oleh karena itu disebut denganheartburn.

2. Tenggorokan gatal

Ciri ciri asam lambung naik selanjutnya adalah timbul rasa gatal pada tenggorokan layaknya kalau kita mau terserang flu. Hal ini disebabkan naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan.

Akan tetapi gatal tenggorakan jika asam lambung naik ini berbeda dengan sakit flu. Pada saatasam lambung naik timbul rasa gatal sekali pada tenggorokan tapi tidak dibarengi demam dan batuk pilek.  Untuk mengilangkan gatal tenggorokan ini kalian bisa konsumsi obat radang tenggorokan.

Baca Juga  Penyebab Asam Lambung Naik Kepala Pusing Dan Cara Mengatasinya

3. Rasa Pahit pada Mulut

Ketika badan kita tidak fit pasti kita sering merasakan mulut terasa pahit sekali untuk makan. Begitu juga ketika asam lambung naik maka mulut akan teraa pahit, sehingga seseorang akan malas untuk makan.

Ciri ciri asam lambung naik ini merupakan efek dari naiknya asam lambung sampai di faring atau bagian tenggorokan yang belakang. Untuk meredakan ciri-ciri asam lambung naik cukup dengan konsumsi obat-obatan pereda asam lambung.

ciri asam lambung

4. Rasa Mual

Ciri-ciri asam lambung naik lainnya yaitu timbulnya rasa mual. Hal ini merupakan akibat juga dari keadaan mulut yang terasa pahit.

Pada saat asam lambung naik sampai di kerongkongan, maka akan menyebabkan sensasi mual dikarena asam lambung sudah mencapai di kerongkongan. Untuk itu, segeralah minum obat yang dapat meredakan rasa mual tersebut.

5. Suara Serak

Suara serak merupakan ciri-ciri asam lambung naik yang tidak segera ditangani dari awal. Akibatnya menginfeksi pita suara sehingga menimbulkan suara serak.

Akibat dari naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan yang tidak segera diobati dengan obat pereda asam lambung maka akan menginfeksi pita sura yangletaknya tidak jauh dari kerongkongan tersebut.

Oleh karena itu jangan tunggu sampai suara jadi serak ya guys jika kalian sudah merasakan ciri-ciri asam lambung naik.

6. Produksi Air Liur Banyak

Ciri-ciri asam lambung naik lainnya adalah pada air liur yang diproduksi tidak seperti keadaan normal. Hal ini dikarenakan untuk mentralisir asam lambung yang naik sampai ke tenggorokan.

Maka mulut akan merespon dengan mengkonsumsi air liu yang banyak, sehingga akan sering meludah. Karena pada mulut terasa pahit.

Baca Juga  9 Ciri Asam Lambung Naik, Salah Satunya Muntah Setelah Makan

7. Merasa Sesak Nafas

Ciri-ciri asam lambung yang ini memang agak ekstrim ya guys. Sesak nafas dapat timbul jika asam lambuk yang naik tidak segera diatasi atau terkesan dibiarkan.

Asam lambung yang naik sampai ke tenggorokan ini akan berdampak buruk pada sistem pernafasan karena terjadinya penyempitan saluran pernafasan di daerah dada akibat dari asam lambung yang naik dan penyempitan tersebut merupakan salah satu refleks tubuh ketika asam lambung mulai naik terus.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *