Tambal Gigi Permanen: Pengertian dan Manfaat
08/08/2018
Macam-Macam Buah Penurun Tensi Lezat dan Murah
08/08/2018

Cara Merontokan Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

Cara Merontokan Gigi Berlubang – Salah satu masalah yang kerap menghantui banyak orang adalah gigi berlubang. Gigi berlubang menjadi masalah yang sulit ditangani dan ditakuti karena saat kambuh, rasa sakitnya tidak tertahankan dan dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Ada banyak penyebab yang menjadi latar belakang gigi berlubang, beberapa diantaranya adalah karena perawatan kita terhadap gigi sangat kurang, kesukaan kita terhadap makanan manis, jarang gosok gigi, dan berbagai penyebab lainnya.

Gigi berlubang biasanya akan mulai sakit jika ada makanan yang masuk ke dalam lubang dan mengenai syaraf gigi kita. Jika tidak cepat dibersihkan, rasa sakit akan semakin menjadi-jadi.

Berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan gigi berlubang kita dapat menjadi salah satu solusi. Selain itu, mengonsumsi obat pereda rasa sakit akan menjadi solusi cepat agar rasa sakit gigi yang menyiksa dapat berkurang sehingga Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

Jika gigi berlubang semakin parah, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuatnya tidak terasa sakit lagi. Salah satu caranya adalah dengan merapuhkan gigi dan merontokannya. Cara merontokan gigi berlubang akan dibahas pada ulasan kali ini.

gigi kuat

Mengapa merontokan gigi berlubang? Apa tidak bahaya?

Mengapa orang ingin merontokan gigi berlubang? Hal ini karena gigi yang berlubang kerap memberikan rasa sakit yang menyiksa, sementara mencabutnya akan sangat menyiksa dan kadang sembuh cukup lama.

Salah satu cara mudah menghilangkan gigi berlubang adalah dengan menghancurkannya. Cara ini dianggap lebih aman karena bahan yang digunakan juga bahan alami yang ada di sekitar kita.

Cara ini juga dianggap praktis karena kita tidak perlu berkunjung ke dokter gigi karena tidak memiliki banyak waktu luang. Namun, perlu Anda pahami bahwa penghilangan gigi dengan cara pencabutan atau perontokan harus didasarkan atas alasan yang sesuai.

Baca Juga  Selain Nikmat, Inilah Ragam Khasiat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Hal ini karena sejatinya gigi dapat bertahan sampai sepanjang umur kita jika dipelihara dengan baik. Selama gigi berlubang Anda belum parah dan masih dapat diperbaiki dengan ditambal, sebaiknya tambal saja gigi Anda.

Setelah itu, lakukan perawatan gigi dengan rajin sehingga gigi Anda dapat utuh sampai tua kelak. Akan sangat menyenangkan jika kita masih memiliki gigi lengkap saat sudah tua kelak bukan?

Cara Merontokan Gigi Berlubang Alami

Tahukah Anda bahwa ada banyak bahan alami yang dapat kita temukan di sekitar kita yang dapat dijadikan sebagai cara merontokan gigi berlubang. Adapun beberapa bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Getah jarak

Getah jarak sudah diketahui menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi karena memiliki efek pereda nyeri.

Ternyata, selain dapat menyembuhkan sakit luar biasa pada gigi kita, getah jarak ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan yang dapat merapuhkan gigi. Agar gigi dapat lepas sampai akar-akarnya dengan mudah, getah jarak bisa digunakan.

Getah jarak sudah digunakan sejak zaman dulu untuk mencabut gigi dengan mudah. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan getah dari pohon jarak ke gigi yang akan Anda rapuhkan.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa meneteskan getah pada kapas baru kemudian menempelkannya pada gigi yang berlubang. Anda bisa mendiamkannya selama satu malam sebelum membersihkannya dengan cara berkumur.

Asam

Biji asam juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membuat gigi menjadi rapuh dan lunak. Hal ini karena biji asam memiliki ph yang rendah sehingga dapat membuat gigi menjadi lebih lunak.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya harus menghaluskan biji asam, kemudian menggosokkan asam pada bagian gigi yang akan dirontokan.

Baca Juga  Anyang-anyangan: Penyebab, Cara Penanganan, dan Maksudnya

Getah dari pohon widuri

Apa Anda tahu apa itu pohon widuri? Pohon satu ini ternyata juga memiliki getah yang dapat digunakan untuk merontokan gigi yang sudah berkubang.

Caranya hampir sama dengan menggunakan getah jarak, yaitu dengan meneteskan pada gigi berlubang yang akan dirotokan atau dengan menggunakan bantuan kapas. Biarkan semalam sebelum dibersihkan menggunakan air hangat dengan cara berkumur.

Cengkeh

Cengkeh juga dapat menjadi salah satu cara yang mudah untuk merontokan gigi berlubang. Caranya dengan menyangrai biji cengkeh segar hingga berwarna kecokelatan.

Setelah kering kecokelatan, Anda bisa menumbuk cengkeh sampai halus dan taburkan bubuk cengkeh ke bagian gigi berlubang yang ingin Anda rontokan. Setelah itu, Anda bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkannya.

Minyak kelapa

Penggunaan minyak kelapa sebagai bahan untuk merapuhkan gigi juga cukup mudah. Caranya dengan mengoleskan gigi berlubang dengan minyak kelapa dengan kapas dan mendiamkannya semalam.

Itu tadi ulasan mengenai berbagai cara merontokan gigi berlubang yang dapat dilakukan. Anda dapat menggunakan cara lainnya seperti menggunakan getah dari pohon kamboja, ragi tape, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk melakukannya dengan hati-hati. Jika Anda masih bisa memperbaiki gigi berlubang Anda, akan lebih baik melakukan penambalan terlebih dahulu. Pilih cara perontokan sebagai opsi terakhir yang Anda lakukan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *