amoxilin obat apa
Amoxilin Obat Apa dan Apa Kegunaan Obat Amoxilin?
02/10/2018
ciri ciri sakit usus buntu
Kenali 5 Ciri Ciri Sakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Sekarang Juga
03/10/2018

Cara Merawat Kucing Persia yang Simpel dan Mudah

cara merawat kucing persia

Cara Merawat Kucing Persia – Kucing persia memiliki bulu yang lebat dengan tubuh yang gemuk dan bulat, pendek serta hidung pesek yang membuat kalian ingin memelihara kucing yang menggemaskan ini.

Ada 4 jenis kucing persia yang banyak dipelihara yaitu kucing persia peaknose, kucing persia flatnose, kucing persia medium dan kucing persia himalaya.

Baca Juga  Ketahuilah 10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Sangat Mudah

Kucing persia memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dibandingkan kucing anggora dan kucing kampung. Jika kalian tertarik untuk memelihara kucing persia, maka kalian harus tahu cara merawat kucing persia ini.

Bagaimana cara merawat kucing persia yang benar?

cara merawat kucing persia

1. Memberikan tempat tinggal atau kandang buat kucing persia

Memelihara kucing pastinya kita harus memberikan kandang kucing persia yang kita pelihara. Kandang kucing ini bisa berupa kandang besi, kayu ataupun yang lainnya.

Nah, cara merawat kucing persia ini tidak hanya memberikan kandang saja, tapi kita juga harus memberikan tempat tinggal yang layak sehingga kucing bisa betah dengan tempat tinggal atau kandang yang diberikan.

2. Menyediakan tempat makanan dan minuman

Sebelum memberikan makanan pada kucing, kalian sediakan tempat makanan dan minumannya terlebih dahulu.

Cara merawat kucing persia ini bisa dilakukan dengan menyediakan 1 pasang tempat makanan dan minuman di dalam kandang kucing persia.

Tempat makanan dan minuman ini kita sesuaikan dengan jumlah kucing ya. Jika jumlah kucing di dalam kandang lebih dari 1, maka sediakan tempat makan dan minuman lainnya ataupun tempat makan yang lebih besar agar kucing tidak berebut saat makan.

Baca Juga  Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah Tanpa Racun

Berikanlah tempat minum kucing yang letaknya tidak mudah digeser oleh si kucing, hal ini dimaksudkan agar minuman tidak gampang tumpah dan membasahi kucing yang kita pelihara. Karena kucing persia yang bulunya sering basah maka akan rentan terkena jamur.

3. Memberikan makanan dan minuman

Memberikan makanan dan minuman merupakan cara merawat kucing persia yang paling utama. Berikanlah makanan kucing persia yang mengandung protein tinggi yang bisa kalian di pet shop atau di toko swalayan. Jangan berikan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti mie dan nasi.

4. Menyediakan tempat kotoran

Selain menyediakan tempat makanan dan minuman, kalian juga harus menyediakan tempat kotoran buat si kucing. Agar kucing persia yang kalian pelihara tidak buang kotoran sembarangan, maka kalian perlu menyediakan pasir yang bisa dipakai kucing sebagai tempat untuk membuang kotorannya.

5. Memandikan kucing

Walaupun kucing persia bisa melakukan self – grooming, tapi kalian tetap harus memandikannya ketika kucing terlihat kotor. Gunakan shampo yang tepat agar bulu kucing tidak rontok. Jika kalian tidak sempat memandikan kucing di rumah, kalian bisa membawanya ke pet shop untuk grooming.

cara merawat kucing persia

6. Memberi vaksin

Cara merawat kucing persia selanjutnya yaitu kalian perlu memberikan vaksin secara rutin agar kucing persia terhindar dari virus dan bakteri.

7. Merawat bulu kucing

Memelihara kucing persia tidak cukup hanya dengan memandikannya saja, tapi kalian juga harus merawat bulu – bulu kucing agar tetap cantik dan tidak kusut. Cara merawat kucing persia ini bisa dilakukan dengan menyisir bulu kucing.

8. Mengajak main kucing

Mengajak main kucing juga merupakan cara merawat kucing persia lho. Karena dengan mengajak main kucing, kucing jadi memiliki teman bermain dan terhindar dari stres.

Baca Juga  Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak Paling Ampuh

9. Menjaga kebersihan kucing dan kandangnya

Menjaga kebersihan kucing dan kandangnya termasuk cara merawat kucing persia yang penting dilakukan agar kucing tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kalian bisa menempatkan kandang kucing di dekat jendela agar kucing bisa berjemur.

10. Selalu mengontrol kesehatan kucing

Cara merawat kucing persia yang terakhir adalah selalu mengontrol kesehatan kucing dengan cara memeriksa kesehatannya. Selalu memeriksa makanan, vaksin secara rutin dan juga menjauhkan kucing dari cairan – cairan yang bisa meracuni kucing.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *