harga jas hujan eiger
Harga Jas Hujan Eiger Tahun 2018 Berikut Tipe-Tipenya – Originals.id
27/08/2018
cara mengatasi rambut mengembang
8 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Agar Rambutmu Jadi Lurus
28/08/2018

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah Tanpa Racun

cara mengusir tikus dari plafon rumah

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah – Sebisa mungkin Anda merahasiakan artikel ini dari tikus di plafon rumah Anda, karena jangan sampai mereka tahu dan malah memikirkan cara yang lebih ampuh untuk mengusir Anda. Nah, kalau semua sudah kondusif, mari kita mulai.

Di beberapa daerah nusantara, tikus menjadi buruan manusia karena dagingnya yang dipercaya nikmat untuk dikonsumsi.

Namun, lain halnya di beberapa daerah yang lain, terutama di daerah perkotaan atau pemukiman padat, tikus menjadi buruan musuh manusia karena… karena apa ya? Ah pokoknya manusia tidak suka pada tikus karena dianggap binatang perusak dan pengganggu.

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah Tanpa Racun Berbahaya

cara mengusir tikus dari plafon rumah

Sebagai pecinta binatang kecuali tikus, manusia boleh mengusirnya. Apalagi jika sudah berani bersarang di plafon dan cerikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda pakai untuk mengusir tikus dari plafon rumah tanpa menggunakan racun.

1. Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah dengan Bau-bauan.

Tikus memiliki bentuk wajah yang monyong. Dengan struktur tengkorak yang demikian itu, secara gamblang terlihat bahwa hidung tikus berada lebih depan ketimbang mulut, mata, dan telinga. Maka, penciuman tikus pun sangat baik.

Ehehe. Jangan percaya penjabaran konyol barusan. Intinya, hewan tikus memang memiliki indera penciuman yang sangat baik. Dengan pemaham tersebut, dapat dimungkinkan mengusir hewan pengerat itu menggunakan bau yang tidak disukainya.

Baca Juga  Mengenal Penyakit Chikungunya Lebih Dalam

Pada kalangan petani yang biasa bermasalah dengan tikus di lumbung padi, kulit durian menjadi solusi yang cukup ampuh. Kulit durian mengeluarkan bau menyengat yang konon tidak disukai tikus. Anda bisa mencobanya dengan menaruh kulit durian di plafon rumah Anda.

Seandainya tidak berhasil mengusir tikus dari plafon, Anda tidak akan banyak rugi. Kulit durian tidak akan membusuk melainkan mengering. Tetapi beda cerita kalau yang Anda taruh di atas plafon adalah durian utuh. Mungkin tikus malah bergembira.

Selain kulit durian, bau yang tidak disukai tikus adalah bau buah mengkudu. Kalau Anda tidak menyukai bau buah mengkudu, jangan langsung menganggap diri Anda adalah tikus. Kenyataannya memang banyak mahkluk tidak menyukai buah yang satu ini. Untuk pengaplikasiannya, cukup dibelah menjadi dua lalu diletakkan di atas plafon, niscaya tikus akan terganggu dan pergi.

Mengusir tikus dari plafon rumah menggunakan kulit durian dan buah mengkudu memang didasarkan pada ongkos yang murah. Namun, jika Anda merasa cukup loyal dalam masalah ini, Anda dapat memanfaatkan bau mint.

Bau mint bisa didapatkan dari minyak mint yang sudah dijual dalam bentuk jadi atau pun dengan membuat sendiri. Untuk membuat minyak mint sendiri, tentunya Anda harus memiliki daun mint. Daunt mint tersebut dapat Anda tumbuk, lalu dicampur dengar air.

Menggunakan alat penyemprot bunga, sebarkan ramuan yang telah Anda ciptakan di atas plafon rumah. Dengan cara yang sama Anda juga dapat menggunakan kapur barus yang ditumbuk.

Kalau bau-bauan tidak berhasil mengusir tikus dari plafon rumah, masih ada cara lain yaitu dengan bunyi-bunyian.

2. Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah dengan Bunyi-Bunyian

Tikus adalah hewan nokturnal. Itulah sebabnya kenapa dia berisik di plafon saat Anda sedang mulai tidur. Hewan-hewan Nokturnal kebanyakan tidak mengandalkan mata, namun mengandalkan pendengaran yang sangat tajam. Kesimpulannya, mengusir tikus menggunakan bunyi-bunyian yang tidak disukanya adalah cara yang sangat rasional.

Di pinggiran hutan, seseorang yang berburu tikus menggunakan suara anjing yang menyalak untuk memancing tikus bergerak dari semak-semak. Meniru cara tersebut, Anda dapat menaruh pelantang suara pada atas plafon untuk mengganggu si jerry. Suara-suara yang tidak disukai si jerry dapat Anda putar, seperti suara anjing, suara kucing, atau suara berfrekuensi tinggi yang bisa didapat dari youtube.

cara mengusir tikus dari plafon rumah

Baca Juga  Ternyata Shampo Kuda Bisa Digunakan Manusia, Ini Manfaatnya

Apabila cara di atas dirasa tidak efektif, dapat digunakan juga mainan rusak dari anak atau adik Anda. Nyalakan saja mainan tersebut sampai batreinya habis di atas plafon karena intinya adalah bahwa tikus tidak menyukai kebisingan. Namun, jangan mainan yang berbentuk boneka tikus. Nanti malah ngumpul ngopi bareng.

Apabila tikus masih tabah dengan bunyi-bunyian yang mengganggu tersebut, ada cara terakhir yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan cahaya.

3. Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah dengan Cahaya

Sebagai hewan nokturnal, tikus terbiasa beraktivitas dengan kondisi gelap tanpa cahaya. Keunikan tersebut dapat kita manfaatkan dengan memberikannya kondisi terang secara terus menerus. Anda dapat memasang lampu terang hemat energi di atas plafon rumah saat malam hari. Saat siang hari, Anda dapat menyalakan lampu terang yang sama.

Namun, lebih bijak jika Anda mengganti beberapa buah genting dengan genting kaca/viber tembus cahaya. Dengan cara itu, selain membuat ruangan di atas plafon Anda terang, juga membuatnya menjadi lebih kering dan berudara panas. Hal tersebut juga tidak membuat nyaman tikus.

Itu tadi adalah beberapa cara mengusir tikus dari plafon rumah tanpa menggunakan racun tikus yang berbahaya tetapi jika semua cara pengusiran tersebut tidak berlaku, Anda dapat mulai memikirkan cara untuk membasminya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *