manfaat soda kue
9 Manfaat Soda Kue yang Bisa Mengubah Kesehatan Tubuh
17/05/2019
efek samping daun sirih
9 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Efek Samping Daun Sirih
18/05/2019

Jangan Khawatir, Ini 10 Cara Mengobati Varises Dirumah

cara mengobati varises

Cara Mengobati Varises – Tahukah Anda bahwa Sekitar 20 persen orang dewasa akan mengalami varises di beberapa titik? Ada beberapa perawatan medis untuk kondisi ini, meskipun seseorang mungkin juga ingin mencoba pengobatan alami untuk meringankan gejala varises mereka.

Apa itu varises?

Varises memiliki penampilan biru tua atau ungu dan mungkin menonjol keluar dari bawah kulit. Varises dapat berkembang ketika katup kecil di vena menjadi lemah.

Baca Juga  Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

Katup-katup ini biasanya menghentikan aliran darah ke belakang melalui vena, dan ketika mereka rusak darah dapat menyatu dalam vena. Ini menyebabkan pembuluh darah yang bengkok dan membengkak yang juga menjadi sangat terlihat.

Varises dapat terlihat karena penampilannya yang biru tua atau ungu, mereka juga sering menonjol keluar dari bawah kulit.

gejala varises

Gejala gejala varises:

• sensasi terbakar atau berdenyut di kaki

• kaki tidak nyaman yang terasa berat atau pegal

• kram otot yang bisa lebih terlihat di malam hari

• pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki

• kulit kering atau gatal yang nampak lebih tipis di atas varises

cara mengobati varises dirumah

Jangan Khawatir, Ini 10 Cara Mengobati Varises Dirumah

Jika seseorang memiliki varises, maka jangan khawatir karena mereka dapat mencoba berbagai macam cara mengobati varises yang bisa dilakukan di rumah berikut yang berfungsi untuk membantu mengelola kondisi dan memperbaiki gejala:

Baca Juga  Selain Sit Up Ini 7 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

1. Latihan

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki, yang membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor lain yang menyebabkan varises.

Latihan dengan benturan rendah membantu membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Latihan yang efektif dan berdampak rendah meliputi:

• renang

• berjalan

• bersepeda

• yoga

2. Stoking kompresi

Stoking kompresi tersedia di sebagian besar apotek dan dapat membantu dengan memberikan tekanan pada kaki. Ini membantu otot dan pembuluh darah untuk menggerakkan darah ke jantung.

Baca Juga  Penyebab Tensi Rendah Yang Perlu Anda Ketahui

Sebuah studi dari 2018 menemukan bahwa orang yang menggunakan stocking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18 hingga 21 mmHg selama satu minggu, mengatakan adanya pengurangan rasa sakit varises.

3. Ekstrak tumbuhan

Sebuah studi pada tahun 2006 menunjukkan bahwa ekstrak chestnut, Aesculus hippocastanum L, dapat membantu mengurangi nyeri kaki, berat badan, dan gatal-gatal pada orang-orang dengan kekurangan vena kronis, yang merupakan penyebab utama varises. Aesculus hippocastanum L. tersedia untuk dibeli di toko kesehatan dan online.

Sebuah studi pada tahun 2010 melaporkan bahwa ekstrak pinus laut, Pinus maritima, dapat mengobati varises, mengurangi pembengkakan kaki, atau edema, yang sering dikaitkan dengan varises.

Caranya adalah ekstrak tumbuhan dan minyak atsiri harus diencerkan sebelum dioleskan atau digunakan dalam diffuser untuk aromaterapi.

4. Perubahan pola makan

Makanan yang asin atau kaya natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air, jadi mengurangi makanan yang asin dapat meminimalkan retensi air. Makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air.

Makanan yang tinggi potasium meliputi:

• kacang almond dan pistachio

• lentil dan kacang putih

• kentang

• sayuran berdaun

• beberapa ikan, seperti salmon dan tuna

Baca Juga  Mengenal 11 Khasiat Daun Bidara dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit. Ini mungkin penting, karena bisa memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya.

Makanan yang tinggi serat termasuk:

• kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan

• gandum, gandum, dan biji rami

Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami varises, oleh karena itu, mengurangi kelebihan berat badan dapat mengurangi tekanan pada vena dan mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.

cara mengobati varises

5. Mengkonsumsi lebih banyak flavonoid

Menambahkan makanan yang mengandung flavonoid juga dapat membantu seseorang mengecilkan varisesnya. Flavonoid meningkatkan sirkulasi darah, yang akan membuat darah terus mengalir, dan membuatnya cenderung tidak menggenang di pembuluh darah.

Flavonoid juga membantu mengurangi tekanan darah di arteri dan dapat mengendurkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi varises.

Makanan yang mengandung flavonoid meliputi:

• sayuran, termasuk bawang, paprika, bayam, dan brokoli

• buah jeruk dan anggur, ceri, apel, dan blueberry

• biji cokelat

• Bawang putih

Baca Juga  Dapatkan Manfaat dari 10 Makanan yang Mengandung Asam Folat Ini

6. Obat herbal

Menurut National Institute of Health, makan ekstrak biji anggur, Vitis vinifera, secara oral dapat membantu mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah dan gejala lain dari kekurangan vena kronis, meskipun saat ini ada bukti terbatas untuk efektivitasnya.

Seseorang yang diresepkan dengan cara mengobati varises dengan obat pengencer darah harus menghindari mengambil ekstrak biji anggur, sebagai suplemen makanan, karena dapat berinteraksi dengan obat dan meningkatkan risiko perdarahan.

7. Pilih pakaian yang tidak ketat

Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Seseorang mungkin menemukan bahwa sirkulasi mereka ditingkatkan dengan mengenakan pakaian longgar yang tidak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah.

Dan dengan mengenakan sepatu datar bukan sepatu hak tinggi juga dapat membantu cara mengobati varises di kaki.

8. Jaga agar kaki terangkat

Menjaga kaki tetap tinggi, Cara mengobati varises ini dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir dengan lancar kembali ke jantung.

Seseorang harus bertujuan untuk menjaga kaki mereka terangkat jika mereka akan duduk untuk waktu yang lama, seperti saat bekerja atau beristirahat.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

9. Pijat

Memijat bagian yang sakit dengan lembut dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat atau pelembab untuk efek optimal.

Sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

10. Terus bergerak

Hindari duduk untuk waktu yang lama. Jika seseorang harus duduk dalam waktu lama untuk bekerja, mereka harus berusaha untuk bangkit dan bergerak atau mengubah posisi agar darah mengalir dengan lancar.

Hindari duduk dengan menyilangkan kaki, karena ini dapat lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki, yang dapat menambah masalah sirkulasi.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *