kegunaan daun sirih
19 Kegunaan Daun Sirih Untuk Kesehatan Berikut Cara Pengunaanya
13/12/2018
tips mendapat beasiswa ke jerman
Mengintip, 4 Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman Dengan Pasti
14/12/2018

Lupakan Obat, Ini 5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Efek Samping

cara mengobati gusi bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak – Pernahkah kalian mengalamai gusi bengkak?? Pasti sangat menyiksa sekali kan guys apalagi saat kita mau makan, gusi bengkak pasti rasanya sakit sekali saat mengenai makanan yang kita kunyah. Mungkin selama ini kita biasa menggunakan cara cepat untuk mengobati gusi bengkak, yaitu dengan mengkonsumsi obat sakit gigi.

Tapi tahukah kalian jika obat tersebut tidak langsung menyisir pada bagian gusi yang bengkak?? Gusi bengkak ini biasa terjadi saat gigi kita mengalami lubang, dimana gusi akan membengkak karena terjadinya infeksi pada gusi tersebut karena bakteri yang menyebabkan sakit gigi tersebut. Pada saat gusi bengkak terkadang sampai kelihatan secara kasat mata.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi Dengan 4 Langkah

Karena pembengkakan yang terlalu besar sehingga menyebabkan pipi kelihatan menjadi besar. Makanya meskipun gusi bengkak kelihatannya sepeleh tapi sangat menyiksa, dimana saat kita makan pasti terasa sakit gusi yang bengkak jika kita gunakan untuk mengunyah. Padahal sebenernya ingin karena perut sudah lapar. Bahkan gusi bengkak terkadang sakitnya bisa sampai kepala, oleh karena itu gusi bengkak merupakan penyakit sepeleh yang tidak boleh dibiarkan dan harus segera diberikan pengobatan.

Gusi Bengkak Bisa Menyerang Siapa Saja

Gusi bengkak ini merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu jika kita tidak memelihara kesehatan mulut kita. Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh karang gigi atau plak yang tidak pernah dibersihkan. Hal itu disebabkan sisa-sisa makanan yang kita makan. Oleh karena itu sebelum tidur dianjurkan untuk menggosok gigi dulu sehingga tidk timbul plak atau karang gigi.

Plak atau karang gigi yang dibiarkan lama kelamaan akan menumouk sehingga akan menyebabkan timbulnya bakteri karena adanya air liur kita. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya inflamasi. Sehingga menyebabkan gusi bengkak. Tapi tenang, karena ada beberapa cara aman untuk mengobati gusi bengkak yaitu dengan menggunakn bahan alami.

Baca Juga  Mengintip 2 Cara Kerja Baking Soda Untuk Gigi Tampak Putih

Pasti kita sudah tidak asing lagi kan dengan khasiat bahan-bahan alami dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk gusi bengkak ini. Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami selain aman juga tidak mempunyai efek samping atau efek jangka panjang

garam untuk mengobati gusi

Lupakan Obat, Inilah 5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Efek Samping

Jika kita menggunakannya, karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami yang bebas dari bahan kimia. Sehingga tidak menimbulkan dampak buruk nantinya. Nah pasti sudah gak sabar kan pengen tau apa saja cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami ini?? Berikut ini adalah cara menghilangkan gusi bengkak dengan bahan alami yang bisa dicoba dirumah.

1. Menggunakan Garam

Pasti sudah gak asing lagi kan guys dengan salah satu bumbu dapur yang satu ini?? Garam memang sudah lama dipercaya baik untuk kesehatan mulut dan ggi kita. Oleh karena itu saat ini sudah banyak pasta gigi yang mengandung garam di dalamnya. Tapi taukah kalian jika garam ini juga bisa untuk mengobati gusi bengkak.

Karena di dalam garam terkandung sodium yang sangat tinggi. Sodium ini berfungsi sebagai antibakteria, sehingga dapat membunuh bakteri yang ada di mulut yang dapat menyebabkan gusi bengkak dan karang gigi.

Selain itu sodium di dalam garam ini juga sangat berperan dalam menghilangkan bau mulut Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan garam ini cukup mudah kok guys. Cukup masukkan garam sebanyak 1 sendok makan di dalam gelas yang sudah berisi air hangat.

Selanjutnya gunakan untuk berkumur ya guys. Tapi alangkah baiknya jika sebelum berkumur, kalian gosok gigi dulu dan lakukan ini sehari 3 kali sehari agar memperoleh hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Jenis jeruk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi buat kita. Jeruk nipis ini banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi kita. Antioksidan yang tinggi membuat bakteri atau virus yang masuk ke mulut akan mati.

Baca Juga  6 Penyebab Gigi Ngilu Ini Perlu Anda Hindari Sekarang Juga

Oleh karena itu jeruk nipis juga baik untuk mengobati gusi bengkak dengan alami. Untuk mengobati gusi bengkak dengan menggunakna jeruk nipis ini mudah dan tidak jauh berbeda dengan garam, mengobati gusi bengkak dengan jeruk nipis ini cukup dengan memeras jeruk nipis pada gelas. Kemudian ditambahkan air hangat, selanjutnya digunakan untuk berkumur. Lakukan dengan rutin untuk memeperoleh hasil yang efektif.

3. Menggunakan Blimbing Wuluh

Mungkin sebagian dari anda masih tidak paham dengan jenis buah yang satu ini. Kalau biasanya buah blimbing bentuknya besar-besar dan manis rasanya, sangat berbanding terbalik dengan blimbing wuluh.

Dimana blimbing wuluh ini warnanya hijau dan rasanya sangat masam. Blimbing wuluh ini kaya akan vitamin C dan antibakteria. Oleh karena itu blimbing wuluh ini juga baik untuk menjaga kesehatan mulut kita guys. Antibakteria ini lah yang akan membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan blimbing wuluh ini gampang, caranya ambil blimbing wuluh yang belum matang dan cuci terlebih dahulu, kemudian potong-potong blimbing wuluhnya.

Selanjutnya tumbuk blimbing wuluhnya, kemudian letakkan blimbing wuluh yang telah ditumbuk pada gusi kit yang bengkak. Lalu biarkan selama 5-10 menit. Kemudia kumur-kumur dengan air bersih dan lakukan dengan rutin setiap hari sebanyak 2 kali.

cara mengobati gusi bengkak

4. Menggunakan Bawang Merah

Di setiap dapur pasti tidak pernah ketinggalan rempah yang satu ini. Taukah kalian jika selain untuk membuat masakan yang lezat, bawang merah ini juga dapat mengobati gusi berdarah lho guys? Bawang merah ini mengandung antiseptic yang baik untuk mematikan bakteri penyebab gusi bengkak. Caranya gampang, cukup tumbuk 1 siung bawang merah sampai halus, kemudian tambahkan sedikit garam.

Campurkan jadi satu dan oles-oleskan pada gusi yang bengkak ya guys. Diamkan selama 5-10 menit ya guys, kemudian kumur-kumur dengan air bersih, Lakukan sehari 2 kali ya guys untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Bawang Putih

Tidak jauh berbeda dengan bawang merah, bawang putih juga banyak mengandung antibakteria yang baik untuk mengobati gusi berdarah. Caranya juga hampir sama kok guys. Cukup haluskan 1 siung bawang putih kemudian campur sedikit garam dan letakkan pada gusi yang bengkak.

Biarkan selama 5 menit dan selanjutnya kumur-kumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin sehari 2 kali agar gusi bengkak cepat sembuh.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *