biaya kuliah di jerman dalam rupiah
4 Gambaran Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah yang Perlu Diketahui
18/12/2018
kuliah kedokteran di jerman
10 Pilihan Tempat Kuliah Kedokteran di Jerman Paling Rekomendasi
18/12/2018

Nyeri Gigi Berlubang? Gunakan 3 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ini

cara mengobati gigi berlubang

Cara Mengobati Gigi Berlubang – Sudahkah menggosok gigi secara teratur pada saat pagi, setelah makan dan malam hari? Jika belum besiap-siaplah untuk memiliki gigi yang berlubang. Jika anak-anak suka dengan makanan manis maka mereka juga harus rajin gosok gigi , walaupun masih gigi susu dan nantinya akan copot dan digantikan dengan gigi tetap namun kebiasaan merawat gigi harus diterapkan.

Anak kecil yang malas menggosok gigi susu masih bisa terselamatkan karena gigi akan digantikan dan tumbuh kembali. Namun jika kebiasaan malas menggosok gigi terus terjadi masalah gigi berlubang tidak akan bisa dihindari.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gigi Ngilu atau Sensitif

Ya malas menggosok gigi adalah penyebab utama timbul gigi berlubang. Lubang pada gigi ini muncul karena sisa makanan yang menempel pada gigi tidak segera dibersihkan. Akibatnya sisa makanan akan menjadi kerak dan sulit dihilangkan hanya dengan sikat gigi saja. Karang gigi, adalah sisa makanan yang mengeras pada sela-sela gigi dan menjadi pemicu gigi berlubang.

Lakukan Cara Menyikat Gigi yang Benar

penyebab gigi berlubang
Cara menyikat gigi juga harus benar karena sisa makanan harus dibersihkan dan tidak dibiarkan mengendap kembali pada sela gigi. Aturan menyikat gigi yang benar adalah minimal 2 menit dan seluruh area gigi atas dan bawah harus benar-benar tersikat seluruhnya. Sikat gigi yang digunakan juga harus tepat yakni berukuran sesuai dengan gigi dan memiliki bulu sikat lembut sehingga bisa mencapai pada area sela-sela gigi.

Selain menyikat gigi hindari sakit gigi berlubang parah dengan pola makan. Makanan yang dikonsumsi seperti makanan manis, asam dan pedas memang sangat enak. Namun mengkonsumsinya berlebihan akan menimbulkan karies gigi. Makanan yang mengendap pada gigi tersebut akan menimbulkan bakteri dan menimbulkan lubang.

Baca Juga  Harga Pasang Behel Gigi Terbaru dan Jenis-Jenis Behel Gigi

Jagalah jenis makanan yang dikonsumsi, pastikan banyak mengkonsumsi serat. Jika ingin makan makanan manis seperti cokelat pastikan sikat gigi setelahnya. Jangan makan cokelat sebelum tidur karena bakteri akan berkembang cepat pada saat malam hari.

Bakteri Pada Mulut Bisa Dihilangkan Dengan Berbagai Macam Cara

Menghilangkan bakteri sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bakteri penyebab gigi berlubang juga akan menimbulkan bau mulut. Mengatasi bau mulut akibat bakteri bisa dihindari dengan kumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Garam akan membasmi bakteri lebih baik dibandingkan obat kumur.

Jika sakit gigi muncul, kenali darimana asalnya dan apakah yang terjadi pada mulut. Apakah sakit gigi muncul karena gusi yang membengkak atau karena gigi yang berlubang. Bahkan kenali juga apakah sakit gigi muncul karena gigi geraham paling belakang sedang tumbuh.

Penyebab sakit gigi bisa berbeda dan cara mengatasinya juga akan berbeda. Cara paling cepat untuk melakukan perawatan gigi berlubang, gusi bengkak atau gigi yang sedang tumbuh bisa langsung pergi ke dokter gigi. Di sana pasien penderita sakit gigi akan diteliti penyebab utamanya dan akan segera diobati.

Dokter biasanya akan mempertahankan gigi sebaik mungkin dengan menambal area gigi yang berlubang. Namun jika lubang sudah parah maka keputusan yang harus diambil adalah pencabutan gigi. Tenang saja jika gigi masih terasa sakit maka dokter akan memberikan resep untuk meredakan nyeri baru setelah beberapa hari gigi akan dicabut. Cara mengobati gigi berlubang ke dokter adalah cara yang paling cepat, namun bagi yang takut ke dokter tidak usah khawatir adapula cara alami yang bisa ditempuh.

Terasa Nyeri Gigi Berlubang? Gunakan 3 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ini

cara mengobati gigi berlubang dengan alami
Menggunakan cara alami untuk mengobati gigi berlubang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pergi ke dokter gigi. Bahan alami yang digunakan biasanya berfungsi untuk meredakan nyeri karena gigi berlubang dan bukan benar-benar menghilangkan rasa sakit.

Bagi yang masih takut ke dokter gigi dan sedang mempersiapkan mental sebaiknya gunakan penanganan pertama menggunakan bahan alami berikut ini:

1. Minyak cengkeh

Jika memiliki minyak cengkeh di dapur maka bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang menjadi anti bakteri dan anastesi pada nyeri gigi berlubang. Cara menggunakannya adalah dengan kumur menggunakan minyak cengkeh yang sudah dicampur dengan air hangat. Lakukan cara ini pada pagi dan malam hari setelah gosok gigi.

Bisa juga dengan cara menempelkan minyak cengkeh pada bagian gigi berlubang. Bakteri yang menimbulkan rasa nyeri akan segera dibasmi dan perlahan rasa nyeri akan menghilang atau berkurang.

2. Air kelapa

Selain menghilangkan racun dalam tubuh untuk membantu kinerja ginjal dan hati, air kelapa bagus untuk meredakan nyeri sakit gigi berlubang. Kandungan anti septik alami akan bekerja maksimal mengusir bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Bahkan air kelapa sangat mudah ditemukan di dekat rumah.

Baca Juga  Cara Merontokan Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

Menggunakan air kelapa untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan kumur air kelapa. Buanglah air kelapa yang sudah selesai dikumur agar bakteri yang terdapat di dalamnya keluar. Jangan telan air kelapa karena bakteri akan masuk ke dalam mulut.

3. Serai

Serai sama seperti minyak cengkeh dan air kelapa, kandungan anti septik akan bekerja mengusir bakteri. Selain itu serai juga akan mengatasi gusi bengkak. Bakteri yang mengakibatkan gigi berlubang juga bisa menjadi pemicu gusi membengkak. Serai dapat mengatasi kedua masalah tersebut.

Cara mengobati gigi berlubang dengan serai adalah rebuslah serai dengan air kemudian tunggu air menjadi hangat. Kumurkan air rebusan serai tersebut dan buang. Air akan bekerja menghilangkan rasa nyeri.

Ketiga bahan alami di atas akan bekerja dengan ampuh menyingkirkan rasa nyeri akibat gigi yang berlubang. Jika masih merasakan nyeri yang tak tertahankan disertai gusi membengkak segera periksa ke dokter agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut lagi.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *