cara membuat kimbab
Cara Membuat Kimbab Halal dengan Bahan Murah Dirumah
03/09/2018
domperidone adalah
Domperidone Adalah Jenis Obat Anti Emetik, Apa Kegunaanya?
03/09/2018

Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

mengobati cantengan

Cara Mengobati Cantengan – Cantengan adalah penyakit yang mucul akibat adanya kuku yang menusuk ke dalam kulit dan disertai dengan kemerahan, bengkak, dan rasa sakit dan berdenyut di sudut kuku.

Cantengan paling sering ada di bagian jempol kaki dan dapat membuat Anda minder karena disertai dengan nanah dan bau yang sangat menyengat.

Baca Juga  4 Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda dan Bahan Lainnya

Cantengan ini menimbulkan rasa sakit pada kaki, sehingga harus segera untuk diatasi. Dengan demikian maka perlu diketahui dengan jelas mengenai cara mengobati cantengan sehingga tidak ada lagi hal-hal yang bisa mengganggu aktivitas keseharian.

Inilah Beberapa Penyebab Kuku Cantengan

cara mengobati cantengan

Kuku cantengan memiliki nama lain dalam dunia medis, yakni Paronynchia. Ada beberapa penyebab kuku cantengan antara lain adalah sebagai berikut.

– Memotong kuku secara asal

Memotong kuku yang tidak sesuai ataupun teralu pendek dapat menjadi penyebab terjadinya kuku cantengan karena apabila kuku kaki tumbuh, dapat menusuk dan menembus kulit jari kaki. Sehingga menyebabkan infeksi.

– Kaki yang tidak cepat dikeringkan ketika berkerigat

Keringat yang muncul pada kaki dapat membuat kuku lebih lunak dan lebih mudah rusak sehingga dapat terselip di kulit kaki apabila tidak segera dikeringkan, sehingga akan membuat kuku cantengan.

Baca Juga  Cara Mengempeskan Jerawat Batu Dengan 7 Bahan Alami Dirumah

– Cedera kaki

Cedera pada kaki dapat menyebabkan kuku cantengan karena rusaknya kuku sehingga kuku yang rusak itu  menusuk pada kulit kaki. Cedera pada kaki itu dapat terjadi akibat anda tersandung ataupun menendagn beda yang eras tanpa disengaja.

– Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sempit

Menggunakan sepatu yang sempit dapat menyebabkan munculnya kuku cantengan karena adanya tekanan pada kuku kaki yang mnyebabkan kuku kaki dapat tertembus oleh kulit.

– Aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat menjadi penyebab cantengan karena ada beberapa aktivitas fisik yang melibatkan kaki sebagai pusat aktivitasnya, seperti balet dan sepak bola.

Begini Cara Mengobati Cantengan yang Tersa Sakit Dengan Bahan Alami

kuku cantengan

Jika Anda pernah mengalami cantengan pastinya kuku Anda akan terasa sakit bukan? apalagi seringkali kita merasakan demam akibat adanya cantengan pada kuku, namun jangan khwatir karena terdapat banyak cara mengobati cantengan.

Dan Ternyata mengobati cantengan sangat simpel dan murah. Apalagi jika jari yang mengalami cantengan tersebut belum mengalami infeksi seperti jari yang mulai membengkak dan berisi cairan nanah.

Jika sudah ada tanda-tanda infeksi, Anda harus ditangani oleh praktisi atau dokter yang lebih faham tentang penyakit dan cara menanganinya. Adapun cara mengobati cantengan yang bisa Anda aplikasikan di rumah  ialah sebagai berikut:

1. Rendaman dengan air hangat

Apabila Anda merasa bahwa kuku  anda terkena penyakit cantengan, Anda bisa merendam kaki Anda menggunakan air hangat yang dicampur garam sebanyak beberapa sendok. Anda dapat menrendam kaki yang cantengan selama 15 menit sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Cara ini dipercaya dapat mengecilkan pembengkakan pada kuku cantengan. Selain itu, air garam hangat dipercaya sebagai ramuan untuk menghilangkan nanah yang ada di cantengan.

2. Rendaman minyak zaitun dan minyak pohon teh

Cara mengobati cantengan selanjutnya yakni dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah anti-bakteri.

Dengan demikian, minyak zaitun ini dapat digunakan untuk meminimalisasi laju pertumbuhan bakteri yang menyebabkan cantengan. Minyak pohon teh memiliki fungsi yang menakjubkan sebagai anti-jamur, anti-septik, dan anti-bakteri yang bermanfaat untuk mencegah sekaligus menangani infeksi.

Pemakaian kedua minyak tersebut cukup mudah. Yakni campurkan kedua minyak tersebut pada takaran yang sepadan lalu aduk hingga rata, setelah itu rendam jari dan kuku yang terkena cantengan dan diamkan hingga 15 menit. Sembari direndam lakukan pijatan-pijatan ringan terhadap jari-jari kaki tersebut.

Baca Juga  Cara Mengobati Telinga Berdengung dengan Mudah Berikut Penyebabnya

3. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan cuka yang berkhasiat untuk menghambat laju pertimbuhan infeksi pada cantengan. Pembuatan dan pemakaiannya mudah dan praktis.

Yakni, cukup mencampurkan cuka sari apel kedalam air hangat hingga rata, kemudian rendam kaki yang terkena cantengan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menggunakan Air lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati cantengan. karena lemon memiliki asam yang kuat yang dapat menyembuhkan infeksi yang sudah ada pada kuku jari tersebut. Caranyapun sangat sederhana, tinggal balutkan dengan kassa lemon yang sudah diiris tipis ke kuku yang terkena cantengan tersebut.

5. Menggunakan daun pacar kuku

Daun pacar kuku merupakan daun yang secara alami dapat dipercaya untuk menyembuhkan cantengan. pemakaiannya sederhana karena hanya membutuhkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Pertama, Anda hanya harus memiliki daun pacar kuku, gula merah, danjeruk nipis. Penggunaannya ialah tinggal mengompreskan ke bagian yang sakit selama 3 jam.

6. Menggunakan Jahe

Bumbu dapur satu inim memang sering digunakan untuk dijadikan sebagai obat herbal.Ketika Anda ingin mengungunakan obat ini, anda harus memarut jahe yang ada ang ada lalu parutan dari jahe tersebut dicampuri oleh minyak kelapa.

Selesai di aduk, maka anda tinggal melulurinya ke kaki yang sakit dan membalutanya dengana kassa.

7. Hidrogen Peroksida

Cukup banyak orang yang menggunakan hidrogen peroksida untuk mengatasi cantengan pada kuku. Cara penggunaannya sangatlah mudah, yakni dengan menggunakan bahan ini pada bagian yang infeksi.

Setelah beberapa saat, luka akan menjadi bersih tanpa ada kotoran, begitupun dengan nanah. Bahan ini merupakan cara mengobati cantengan yang cukup efektif.

8. Mencabut Kuku

Cara ini adalah cara yang cukup menakutkan bagi banyak orang. Namun cara ini perlu dilakukan jika kuku sudah terlalu menancap dalam pada kaki dan tidak bisa dibantu lagi dengan obat.

Setelah mencabut kuku, maka kondisi bisa kembali baik-baik saja seperti semula. Namun hal ini harus dilakukan oleh dokter.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui terkait cara mengobati cantengan. Banyak orang yang menganggap cantengan ini adalah hal yang bisa, tetapi apabila dibiarkan maka bisa mengakibatkan infeksi yang lebih parah. Untuk itu, usahakan mengetahui penyebab dan cara untuk mengobatinya dan jika misalkan cara diatas belum berhasil maka ada baiknya segera hubungi dokter.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *