kapsida
Inilah Manfaat Kapsida dan Harga Kapsida Di Apotek-Apotek
01/10/2018
penyebab stretch mark
6 Penyebab Stretch Mark yang Harus Anda Hindari Sejak Dini
02/10/2018

Ketahuilah Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid Dengan Mudah

cara menghitung masa subur setelah haid

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid – Penting bagi wanita untuk dapat memahami masa subur setelah haid. Masa subur setelah haid merupakan waktu yang tepat untuk mempertemukan sel telur dengan sperma.

Hal ini sangat penting diketahui untuk dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan seks bagi yang ingin memiliki keturunan maupun yang ingin menundanya.

Baca Juga  10 Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Menambah Sperma

Sebelumnya, kita perlu mengetahui siklus haid kita. Siklus haid adalah jumlah hari, dari hari ke satu saat haid hingga hari haid berikutnya.

cara menghitung masa subur setelah haid

Tiap Wanita Memiliki Siklus Haid yang Berbeda-Beda

Tahukah anda bahwa ternyata setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda beda. Jika hitungan siklus haid anda 22 hari, maka bisa dibilang siklus haid anda pendek karena siklus haid normal wanita adalah 28 hari.

Dengan menghitung siklus tersebut, kita dapat mengetahui kapan masa subur kita, yaitu saat terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur dari ovarium sehingga kita bisa menentukan cara menghitung masa subur setelah haid. Biasanya, ovulasi atau pembuahan terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Penting untuk Para Pria

Terjadinya ovulasi ini berbeda beda tergantung dari siklus haid kita tadi. Maka dari itu penting bagi seorang wanita untuk mencatat waktu haid agar nantinya dapat menghirung atau memperkirakan waktu ovulasi.

cara menghitung masa subur setelah haid

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Setelah seorang wanita dapat menghitung atau memperkirakan waktu terjadinya ovulasi pada tubuh, barulah kita bisa mengetahui masa subur yang tepat setelah haid. Masa subur berkisar disekitar waktu ovulasi, kurang lebih 5 – 6 hari sebelum terjadi ovulasi. Bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur yakni 28 hari, masa suburnya berkisar antara 12 sampai 14 hari sebelum masa menstruasi berikutnya.

Dengan kata lain, masa subur yang dialami rata-rata wanita antara hari ke sepuluh hingga kira-kira hari ke tujuhbelas setelah hari pertama menstruasi terakhir.

Sebagai contoh, bagi Anda yang memiliki siklus haid teratur, cara menghitung masa subur setelah haid ini mudah. Cukup kurangi hari pertama haid selanjutnya dengan 14.

Misalkan Anda mengalami haid tanggal 1 September, tambahkan dengan 28 hari (siklus haid normal) , jadi 29 september. Itu adalah hari pertama anda haid berikutnya. Kemudian kurangi dengan 14. Ketemulah 15 September sebagai masa subur anda.

Baca Juga  Inilah Ciri-Ciri Hamil Muda Sebelum Telat Haid

Bagi Anda yang sedang program hamil, sel telur harus dibuahi dalam waktu kurang lebih 12 jam hingga 24 jam setelah wanita ovulasi. Umumnya, masa subur ini dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus menstruasi setidaknya selama 8 bulan terakhir dan berikut di bawah ini adalah cara menghitunnya dengan rumus perkiraan masa subur :

• Siklus haid terpendek Anda misalkan 25 hari, kurangi dengan 18. Hasilnya adalah 7. Di angka 7 inilah hari pertama Anda berada pada masa paling subur.

• Siklus haid terpanjang Anda misalkan 30 hari, kurangi dengan 11. Hasilnya adalah 19. Angka ini adalah hari terakhir pada masa subur Anda.

Dengan demikian, jika siklus Anda rata-rata 25-30 hari, maka masa Anda yang paling subur di hari ke-7 hingga 19.

Indikator Masa Subur Wanita

Dan untuk semakin tepatnya cara menghitung masa subur setelah haid, berikut di bawah ini adalah beberapa indikator masa subur wanita setelah masa menstruasi yang dapat anda pelajari, diantaranya:

1. Meningkatnya suhu tubuh Anda pada pagi hari, ini menandakan terjadinya ovulasi.

2. Keluarnya lendir dari mulut rahim wanita

Pada masa subur, lendir ini berwarna licin, bening, elastis seperti putih telur mentah. Lendir ini konsistensi encer hingga perubahan lendir ini menunjukkan perubahan kadar hormon estrogen pada tubuh, dan menunjukkan pertanda bahwa ovulasi wanita akan segera terjadi.

Cairan lendir inilah yang akan memperlancar serta melindungi jalannya sperma menuju rahim untuk bertemu sel telur.

Baca Juga  7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil

3. Terasa nyeri pada bagian punggung

Selain itu kebanyakan wanita seringkali merasakan nyeri yang terasa ringan hingga berat yang terjadi bagian pada perut atau salah satu bagian punggung Anda. Rasa sakit seperti itu juga sebagai pertanda untuk membantu mendeteksi masa subur wanita dimasa ovulasi.

4. Gairah meningkat

Perasaan yang lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi saat mengalami masa subur.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *