cara mengatasi telat datang bulan
Jangan Khawatir, Ini 13 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan
13/02/2019
khasiat jeruk lemon
3 Khasiat Jeruk Lemon Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
13/02/2019

Lupakan Mencabutnya, Ini 7 Cara Menghilangkan Uban Dengan Alami

cara menghilangkan uban

Cara Menghilangkan Uban – Rambut manusia secara unik memiliki pigmen yang berbeda-beda, namun umumnya adalah berwarna hitam atau cenderung gelap. Hal itu karena kandungan melanin yang tinggi.

Ketika rambut tersebut berubah warna dari gelap menjadi lebih putih, atau disebut uban, hal itu terjadi karena menurunnya kadar melanin dalam tubuh. Pada kasus melanin tidak diproduksi lagi oleh tubuh, maka rambut yang baru tumbuh pun akan putih.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat Alami

Memutihnya rambut atau uban biasanya terjadi karena usia yang semakin tua, walaupun sekali lagi hal itu bergantung pada melanin dalam tubuh. Ada anak muda yang sudah memiliki rambut putih secara total, ada juga orang tua yang tetap berambut hitam.

cara menghilangkan uban dengan alami
Lupakan Mencabutnya, Ini 7 Cara Menghilangkan Uban Dengan Alami

Nah, untuk menjaga kadar melanin tersebut kita bisa melakukan beberapa hal. Berikut ini cara menghilangkan uban atau memperbaiki rambut yang kekurangan melanin tanpa mencabutnya, lalu apa sajakah itu

1. Mengusapkan Minyak Kelapa

Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan vitamin E, vitamin K, dan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan tersebut baik untuk meregenerasi rambut.

Kamu bisa mencampurkan air lemon sebagai campuran minyak kelapa ini. Selain mengandung antioksidan yang baik menangkal radikal bebesa, lemon juga memberi aroma yang lebih baik.

Baca Juga  Ragam Cara Pelurus Rambut Alami 20 Menit Ini Bisa Dicoba

Usapkan campuran minyak kelapa dan air lemon sampai ke kulit kepala, sambi memijat-mijatnya. Kamu harus membilasnya sampai bersih jika akan bepergian keluar rumah. Jangan sampai minyak kelapa malah menjadi perekat debu dan turun ke wajah.

2. Mengusapkan Minyak Kemiri

Selain minyak kelapa murni, minyak kemiri juga diklaim sangat baik bagi rambut. Pada dasarnya, minyak kemiri memang digunakan secara tradisional untuk menebalkan dan menghitamkan rambut.
Hal itu karena dalam minyak kemiri mengandung berbagai vitamin dan asam lemak. Kandungan ini juga kerap terdapat pada sampo.

Cara mengolahnya adalah dengan menyangrai kemiri hingga sedikit gosong, kemudian baru tumbuk sehingga mengeluarkan minyak. Usapkan minyak yang keluar tersebut ketika malam dan tidak akan beraktivitas keluar rumah. Bilas keesokan harinya.

3. Mengusapkan Ramuan Kulit Kentang

Siapa yang menyangka bahwa kulit kentang yang biasanya dibuang ternyata bermanfaat baik bagi rambut. Dalam kulit kentang terdapat pati yang baik dalam mengoptimalan warna alami rambut.

Untuk memanfaatkannya, gunakan kulit kentang yang masih segar. Artinya, untuk melepaskan kulit dari daging kentang jangan dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

Kemudian rebus kulit kentang, campuran pewangi bila perlu, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengusap rambut. Aroma asli kulit kentang ini mungkin sedikit sulit disukai.

4. Usapkan Daun Jambu Biji

Kini daun jambu biji memang semakin kerap digunakan untuk perawatan kecantikan. Selain baik untuk membersihkan wajah, daun jambu biji juga baik bagi rambut.

Baca Juga  Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Diet, Ibu Hamil Dan Janin

Cara menghilangkan uban menggunakan daun jambu biji ini adalah dengan menumbuknya hingga halus. Kamu juga bisa mengblendernya hingga benar-benar jadi bubur dengan tambahan sedikit air.

Setelah menjadi bubur, usapkan daun jambu tersebut ke seluruh rambut. Biarkan setidaknya setengah jam sebelum akhirnya dibilas. Pada progres yang baik, dalam seminggu rambut sudah akan menunjukan perubahan yang terlihat.

cara menghilangkan uban dengan bawang

5. Mengusapkan Bawang Bombay

Bawang bombay diklaim mengandung enzim katalase yang akan menangkal hidrogen peroksida, yaitu senyawa yang akan merusak rambut. Dengan berigu secara otomatis bawang bombay akan mengatasi masalah-masalah rambut seperti kerontokan, rambut patah, hingga warna yang memudar.

Cara menghilangkan uban menggunakan bawang bombay ini cukup dengan memarut atau memblendernya, lalu maskerkan pada rambut. Tutupi rambut menggunakan handuk atau sejenisnya selama setengah jam.

Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan sampo samai bersih. Aroma yang ditimbulkan mungkin kurang sedap, namun hasilnya bisa efektif.

6. Mengusapkan Bunga Sepatu

Tanaman yang pelan-pelan menjadi primadona dalam pengobatan herbal adalah tanaman kembang sepatu. Kembang sepatu diketahui memiliki kandungan polifenol dan saponin yang diklaim akan mengembalikan warna rambut.

Cara menghilangkan uban menggunakan kembang sepatu ini adalah dengan menumbuknya bersama minya(kepala/kemiri/zaitun). Yang dipakai untuk ini adalah kelopak bunga dari tanaman kembang sepatu.

Baca Juga  Selain Dijadikan Bahan Makanan, Ini 3 Manfaat Daun Seledri

Hangatkan di atas api campuran tersebut beberapa saat. Tunggu hingga dingin sebelum membalurkannya ke seluruh rambut.

7. Mengonsumsi Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Diketahui bahwa tubuh yang kekurangan asam folat dan vitamin B12 akan mempengaruhi melanin.

Beberapa bahan makanan yang mengandung asam folat adalah dari jenis sayur-sayuran hujau seperti brokoli, bayam, dan kubis . Bisa juga dari buah-buahan seperti alpukat, buah bit, pepaya, pisang.

Asupan vitamin B12 yang tinggi dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan seperti daging mamalia, ikan, kerang, atau sereal gandum.

Nah, itu tadi adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan uban. Yang harus diketahui adalah bahwa sebenarnya uban tidak menunjukan masalah tertentu pada tubuh. Namun, apabila hal itu disertai dengan gejala lain, maka lain cerita.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *