Mengenal Penyakit Chikungunya Lebih Dalam
24/08/2018
daun brotowali
11 Manfaat dan Khasiat Daun Brotowali
25/08/2018

11 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Alami

suara serak

Cara Menghilangkan Suara Serak – Suara serak menjadi tanda adanya kerusakan atau infeksi pada pita suara yang disebakan oleh kangguan kesehatan seperti flu dan radang tenggorokan.

Selain itu, suara serak juga dapat diakibatkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman berkafein atau beralkohol hingga terlalu banyak berteriak.

Suara serak memang sangat mengganggu, terlebih untuk Anda yang membutuhkan banyak suara untuk beraktifitas sehari-hari.

Selain pengobatan dengan resep dokter, suara serak juga dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain tanpa efek samping penggunaan obat herbal juga murah dan mudah didapat.

Berikut beberapa penyebab suara serak yang harus Anda ketahui

  • Iritasi tenggorokan
  • Dehidrasi
  • Banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat
  • Minuman bersoda
  • Batuk kronis
  • Cidera pita suara
  • Kanker pita suara
  • Terjadi gangguan pada kelenjar tiroid
  • Alergi
  • Pubertas pada laki-laki
  • Kanker paru-paru, tenggorokan

Cara Menghilangkan Suara Serak

Mengkonsumsi jahe

Jahe sangat berguna sebagai cara menghilangkan suara serak akibat flu ataupun radang tenggorokan. Jare memilki antibakteri yang berperan untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, jahe juga efektif untuk menghangatkan tubuh dari cucaca dingin

Mengkonsumsi licorice

Licorice adalah sejenis obat dari bahan alami yang memilki kandungan anti-inflamasi dan dapat mengatasi sakit tenggorokan serta menghilangkan suara serak. Di dalam licorice terdapat sebuah zat di mana zat tersebut dapat mengencerkan dahak penyebab suara serak di tenggorokan.

daun mint

Mengkonsumsi peppermint

Bagi Anda yang ingin menghilangkan suara serak dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi peppermint yang biasanya sudah berbentuk permen pereda tenggorokan. Peppermint memiliki sensasi dingin yang dapat melegakan tenggorokan serta mengencerkan lendir penyebab suara serak.

Kandungan mentol yang ada di dalam peppermint juga dapat mengatasi masalah iritasi tenggorokan yang diakibatkan oleh cuaca buruk atau minuman bersoda.

Baca Juga  Mengenal Penyakit Chikungunya Lebih Dalam

Meminum air jeruk lemon

Air jeruk lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu untuk meredakan radang tenggorokan dan infeksi pada pita suara Anda. Air lemon hangat yang dicampurkan madu juga dapat menurunkan berat badan Anda secara efektif.

Selain lemon minuman lain yang dapat mengembalikan suara serak adalah campuran teh hangat serta madu. Anda bisa meminumnya di pagi dan malam hari menjelang tidur. Campuran madu dan teh juga dapat membantu meningkatkan kekebakan tubuh dari berbagai macam jenis penyakit.

Mengurangi makan-makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi

Makanan yang mengandung kadar asam tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan lambung. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam dapat meningkatkan kadar asam lambung naik hingga ke tenggorokan. Akibatnya dapat merusak pita suara dan infeksi pada tenggorokan.

Ganti kebiasaan makan-makanan asam dengan buah-buahan serta sayuran segar.

Menyembuhkan suara serak dengan menggunakan humidifier

Humidifier adalah alat yang dapat digunakan untuk mengatur suhu kelembapan udara di dalam ruangan Anda. Suhu yang dihasilkan humidifier dapat menghangatkan tubuh serta mempercepat penyembuhan pada tenggorokan Anda.

stop merokok

Stop merokok

Merokok itu merugikan. Tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang di sekitar Anda.

Asap rokok dapat mengakibatkan infeksi pada pita suara hingga timbul masalah serius yaitu kanker tenggorokan, penyakit jantung hingga infeksi kandungan pada ibu hamil.

Stop merokok dari sekarang untuk kesehatan tubuh Anda, memang tidak mudah namun jika ada niat semua pasti akan dipermudah.

Berkumur dengan air hangat

Berkumur air hangat dicampur garam efektif untuk meredakan infeksi pita suara dan radang tenggorokan. Penggunaan obat kumur juga ampuh untuk membersihkan kuman penyebab bau mulut.

Baca Juga  Cara Mengobati Telinga Berdengung dengan Mudah Berikut Penyebabnya

Cek up ke dokter spesialis THT

Suara serak juga dapat menjadi salah satu tanda penyakit serius. Jika segala uapaya sudah dilakukan dan tidak ada hasil, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis THT agar dapat di diagnosis secara dini apa yang terjadi pada pita suara Anda.

Istirahat bicara dan banyak mengkonsumsi air putih

Jika sedang mengalami sakit tenggorokan hingga kehilangan suara cara yang tepat untuk menyembuhkannya adalah dengan mengurangi frekuensi bicara.

Air putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tak terkecuali pada penderita radang tenggorokan yang kehilangan suaranya. Cobalah untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas perhari untuk membantu melegakan tenggorokan dan membawa kembali suara Anda yang hilang.

Olahraga yoga

Mengembalikan suara yang hilang dapat dilakukan dengan mencoba olahraga yoga.

Selain berguna untuk merelaksasi pikiran dan membentuk badan ideal gerakan-gerakan yoga dapat menghangatkan tubuh tak terkecuali pada bagian diagfragma sehingga dapat mengencerkan lendir yang ada di dalam tenggorokan.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan suara serak yang Saya bagikan untuk Anda, terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *