contoh percakapan bahasa perancis
Contoh Percakapan Bahasa Perancis dan Cara Membacanya
11/02/2019
perkenalan bahasa inggris interview
5 Tips Perkenalan Bahasa Inggris Interview Agar Berhasil
12/02/2019

Ngantuk Saat Kerja? Lakukan 6 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ini

cara menghilangkan rasa ngantuk

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk – Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat kita sedang bekerja di kantor. Suasana kantor yang hening bisa membuat rasa ngantuk tersebut semakin bertambah.

Penyebab Rasa Kantuk

Umumnya rasa ngantuk menghampiri kita karena disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

• Kurang tidur atau terlalu banyak tidur

• Mengalami stres atau depresi yang menyebabkan gangguan tidur

• Berdiam diri terlalu lama di depan komputer

• Mengalami dehidrasi

• Terlalu banyak mengonsumsi kafein atau minuman beralkohol

• Mengonsumsi obat – obatan tertentu yang memiliki efek samping membuat ngantuk

Rasa ngantuk saat bekerja atau saat sedang melakukan aktivitas perlu Anda hindari. Ini dikarenakan rasa ngantuk bisa menyebabkan Anda kehilangan konsentrasi dan juga menurunkan daya ingat.

Baca Juga  Selain Kopi, Inilah 5 Cara Menghilangkan Kantuk yang Sering Menganggu

Itu sebabnya rasa ngantuk membuat seseorang menjadi tidak produktif saat bekerja. Agar rasa ngantuk tidak mengganggu aktivitas bekerja, simak cara menghilangkannya berikut ini.

Ngantuk Saat Kerja? Lakukan 6 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ini

cara menghilangkan rasa ngantuk dengan alami
Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat bekerja? Sebagian orang menganggap kopi bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat bertindak sebagai stimulan pada sistem saraf pusat dengan mendorong pelepasan adrenalin. Tetapi pada kenyataannya, reaksi tubuh setiap orang terhadap kopi berbeda – beda.

Ada orang yang setelah minum kopi detak jantungnya malah menjadi berdebar debar sehingga hilang rasa ngantuknya, tetapi ada pula orang yang sudah minum kopi rasa ngantuknya tidak menghilang. Beberapa cara menghilangkan ngantuk lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Mencuci Muka

Cara menghilangkan rasa ngantuk bisa Anda lakukan dengan mencuci muka Anda. Mencuci muka menjadi cara yang efektif yang dapat membuat Anda kembali segar. Menurut Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa terapi air dapat menetralisir suasana hati.

Baca Juga  Lupakan Rasa Pahit, Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

2. Melakukan Olahraga Ringan

Duduk diam terlalu lama di depan komputer sering menjadi penyebab timbulnya rasa ngantuk. Cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot – otot Anda. Selain itu, Anda juga bisa beranjak sebentar dari tempat duduk Anda dan berjalan – jalan sebentar sambil menyapa teman kerja Anda.

3. Minum Air Putih

Rasa ngantuk bisa datang saat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Pada saat dehidrasi, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan otak menjadi kekurangan oksigen.

Minum air putih bisa menjadi cara menghilangkan rasa ngantuk yang efektif saat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan air putih berfungsi menambah pasokan oksigen ke dalam otak, sehingga rasa ngantuk Anda akan hilang dan membuat Anda bisa terus terjaga.

cara menghilangkan rasa ngantuk dengan musik

4. Mendengarkan Musik

Cara menghilangkan rasa ngantuk lainnya yaitu dengan mendengarkan musik. Anda bisa mendengarkan musik yang iramanya membuat Anda semangat kembali.

Baca Juga  10 Khasiat Binahong Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

5. Hindari Duduk Bersandar

Pada saat ngantuk menyerang, duduk bersandar hanya akan membuat Anda semakin mengantuk. Cobalah untuk tidak bersandar di tempat duduk Anda agar rasa ngantuk yang Anda alami bisa segera hilang.

6. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang ampuh untuk Anda menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang. Berdasarkan penelitian dari Chiba University yang dipimpin oleh Yoshiyuki Hirano, diketahui bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kewaspadaan hingga 7 persen.

Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet dapat membuat otot – otot rahang menstimulasi bagian – bagian tertentu dari otak yang berfungsi meningkatkan gerakan dan reaksi. Selain dapat melawan ngantuk, mengunyah permen karet juga dapat membersihkan gigi.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *