perbedaan smoothing dan rebonding
Wahai Wanita, Inilah Perbedaan Smoothing dan Rebonding yang Wajib Diketahui
27/10/2018
cara menumbuhkan jenggot
Mau Terlihat Lebih Maco? Ini 5 Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami
29/10/2018

7 Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Dengan Mudah dan Cepat

cara menghilangkan noda tinta di baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju – Bagi ibu-ibu rumah tangga masalah noda pada pakaian adalah masalah besar. Menjadi masalah besar karena memakan waktu lama dalam mencuci Bahkan menghabiskan energi sendiri.

Bagi mereka yang kurang sabar akhirnya bajunya dibuang dan mending membeli baru. Terutama jika terkena noda-noda yang antimainstream seperti tinta printer atau spidol, Noda lumpur saluran got, noda kecap, atau noda terkena tumpahan minyak, bahkan sampai minyak goreng atau oli.

Oli merupakan salah satu noda membandel yang susah untuk dihilangkan. Berada dalam satu jajaran dengan tinta spidol dan tinta printer.

cara menghilangkan noda tinta di baju

Mencuci Noda Tinta Dengan Mesin Cuci Tidak Efektif

Bagi ibu rumah tangga yang mencuci dengan mesin cuci. Kadang mengulang-ulang mencuci untuk memastikan noda di baju hilang.

Tetapi lebih sering malah tidak efektif, karena beberapa deterjen mesin cuci terkadang tidak bisa menjangkau pada sudut-sudut pakaian yang terjadi malah pemborosan dan deterjen.

Lain lagi dengan ibu-ibu yang mencuci dengan manual tangan, karena seringkali menggosok noda di baju membutuhkan tenaga esktra dan menghabiskan waktu dan juga menghabiskan deterjen.

Polanya juga sama dengan ibu-ibu yang menggunakan mesin cuci. Akhirnya harus mengulang ulang cucian agar nodanya hilang ujungnya juga sama membuang deterjen dan pemborosan air.

Pada beberapa orang bahkan lebih mempercayakan ke laundry langganan mereka tinggal menaruh baju yang penuh noda. Mulai dari baju main si kecil yang sering mengaduk-aduk lumpur.

Baju kemeja ayah karena tinta kantor hingga daster ibu yang terkena rembesan minyak goreng. Baju-baju dengan noda ini bisa dengan mudah dibereskan laundry langganan Karena biasanya mereka punya cairan pembersih khusus.

Resikonya adalah anda harus mengeluarkan ongkos lebih. Hanya demi menghilangkan noda-noda tersebut.

Bahkan kalau setelah di laundry noda-noda bandel tersebut masih betah saja menempel Anda sepertinya juga masih mencuci kembali di rumah kan? Berarti mengulang kerja dua kali. Menjadi sangat tidak efektif.

cara menghilangkan noda tinta di baju

7 Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Atau Noda Mebandel Dengan Mudah dan Cepat

Akhirnya salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan tips-tips yang pernah diajarkan oleh mereka-mereka yang berpengalaman. Tips tips jitu ini bernama life hacks. Atau dalam bahasa Indonesia merupakan tips singkat mempercepat kemudahan-kemudahan dalam hidup.

Berikut tips-tips singkat cara menghilangkan noda di baju. Dari noda biasa hingga noda membandel.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

1.Noda membandel karena terkena tumpahan anggur merah (red wine) atau sirup

Cara menghilangkan noda tinta di baju atau terkena anggur merah maka coba gunakan campuran deterjen cair dan hidrogen peroksida. Kemudian bubuhkan pada kain baju yang terkena tumpahan noda.

Kemudian dikucek berkali-kali dan ulangi hingga noda di kain baju mulai hilang.

2.Noda membandel karena lumpur atau tanah

Si kecil biasa kalau bermain suka mengobok obok lumpur, Sehingga membuat baju dan celananya bercampur lumpu.

Pertama mungkin cuci kain baju dengan air hingga terlihat noda-noda membandelnya. Siapkan ember yang telah diberi air, cairan pencuci piring dan sedikit cuka. Kemudian rendam baju tersebut ke dalamnya minimal 10 menit. Angkat dan kemudian ulangi lagi jika noda masih membandel. Bagian akhir tinggal membilasnya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian yang Paling Ampuh

3.Noda membandel karena rumput

Pada beberapa jenis rumput yang kering dan kotor karena lumpur, Baju dan celana bisa terkena noda rumput yang susah untuk hilang.

Walaupun telah berkali-kali di cuci Salah satu cara yang efektif adalah degan menggunakan cuka dan Oleskan cuka pada spons biasa.

Kemudian gosok baju atau celana yang terkena noda rumput. Ulangi prosesnya Jika noda masih saja membandel Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan mencampur cuka dan baking soda di atas kain baju yang kotor Kemudian tinggal mengucek dan membilasnya.

4.Noda membandel karena lipstik

Pernah melihat si kecil memainkan lisptik dan mencoret coret baju anda?

Jangan khawatir, karena noda membandel karena lipstik bisa dengan mudah dibersihkan.

Baca Juga  Jangan Kaget, Ini 7 Manfaat Setrika Wajah Untuk Kecantikan

Pertama siapkan alkohol dan cotton bud. Kemudian oleskan cotton bud ke dalam alkohol dan bersihkan noda lipstik di baju.

Selain cara tersebut, anda bisa menggunakan tisu wajah untuk bayi sebagai bahan pembersih. Karena tisu basah untuk bayi juga mengandung alkohol.

5.Noda membandel akibat bekas make up

Bagi anda yang sering menggunakan foundation, bedak, concealer. Maka potensi untuk meninggalnya noda make up di baju anda semakin besar.

Cobalah gunakan shaving cream sebagai bahan pembersih. Caranya kucek dan gosok kain dengan pembersih shaving cream Hingga noda menghilang lalu bilas dengan air bersih.

6.Noda membandel akibat minyak dan oli

Cara menghilangkan noda tinta di baju atau noda minyak oli, Anda bisa menggunakan cairan WD40 atau cairan pelumas anti karat yang bisa dibeli di supermarket, bengkel atau toko otomotif.

Semprotkan kain yang terkena noda minyak atau oli. Kemudian tinggal ditaburi bedak bayi.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah Perbedaan Smoothing dan Rebonding yang Wajib Diketahui

Gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas hingga membentuk gumpalan. Gumpalan yang terbentuk menandakan bedak telah menyerap minyak atau oli dengan baik. Kemudian anda tinggal membilasnya dengan air bersih.

7.Noda membandel akibat kopi

Tumpahan kopi hitam pada baju biasanya susah untuk dibersihkan

Cobalah menggunakan baking soda yang ditaburkan di atas noda dan Kucek lembut dengan tangan dan kemudian bilas dengan air bersih.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *