penyebab migrain sebelah kiri
Kenali Penyebab Migrain Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya
30/08/2018
susu untuk menggemukan badan
Cara Memilih Susu Untuk Menggemukan Badan dan Tips Meminumnya
30/08/2018

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dengan Mudah

kutu rambut

Rambut bagi sebagian besar orang merupakan mahkota utama untuk menunjang penampilan. Namun bagaimana jika rambut yang Anda miliki berkutu? Simak cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya berikut ini, untuk Anda yang memiliki masalah kutu rambut.

Kesehatan rambut adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian. Memiliki kutu pada rambut, tentunya salah satu hal yang menakutkan bukan? Kutu rambut dapat timbul sebagai akibat dari pola hidup Anda yang buruk, seperti membiarkan rambut hingga berminyak, jarang mencuci rambut, jarang berkeramas, membiarkan rambut Anda dalam kondisi kotor dan lain sebagainya.

Kutu rambut merupakan salah satu jenis serangga yang akan menghisap darah pada kepala Anda, dan efek yang ditimbulkannya adalah rasa gatal yang tidak tertolongkan. Kutu memiliki fase kehidupan yaitu dimulai dari telur dan kemudian menetas menjadi kutu rambut.

Kutu rambut dapat ditularkan melalui angin, hewan sebagai faktor pembawa. Bila Anda memerhatikan kesehatan dan kebersihan rambut Anda maka, masalah kutu rambut dapat Anda hindari.

Lalu bagaimana bila rambut yang kita miliki, telanjur mempunyai masalah dengan kutu rambut dan masalah telur kutu rambut? Tenang, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan mudah.

cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya

Cara menghilangkan kutu dan telurnya dengan mudah menggunakan alat sederhana

Kenal dengan sisir dengan ukuran kecil dengan dua muka sisir? Sisir tersebut sering dikenal dengan sebutan sisir serit. Sisir serit merupakan solusi paling mudah untuk mengurangi kutu rambut dan telurnya.

Cara ini merupakan cara tradisional yang masih ampuh dipercayai untuk mengurangi telur dan kutu pada rambut. Anda dapat menjumpai sisir serit tersebut pada toko yang menjual perlengkapan alat kosmetik.

Baca Juga  Cara Memasang Kondom Pria dan Wanita dengan Tepat

Gunakan sisir serit ini untuk menyisir rambut Anda yang berkutu. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan untuk mengurangi kutu dan telur rambut Anda, Anda dapat memiliki sisir serit dengan jarak antar gigi yang rapat, karena semakin sempit sempit jarak antar gigi sisir, maka semakin efektif fam cepat pula, sisir tersebut mengusir kutu dan telur pada rambut Anda.

Basahi rambut Anda, sebelum Anda melakukan penyisiran rambut dengan sisir serit. Kondisi rambut yang basah dinilai dapat memperlambat gerakan kutu pada rambut Anda. Pada saat kondisi rambut yang basah, keberadaan telur dan kutu juga lebih mudah untuk terdeteksi.

Gunakan teknik menghilangkan kutu dan telur rambut menggunakan sisir serit setiap 4 hingga lima kali sekali di setiap minggunya, agar keberadaan kutu dan telur pada rambut Anda dapat berkurang atau bahkan hilang.

basmi kutu rambut

Menggunakan handuk basah merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi populasi kutu dan telur pada rambut Anda.

Bila Anda memiliki handuk yang sudah tidak terpakai namun dalam kondisi yang masih bersih, maka gunakan handuk tersebut sebagai alat untuk menghilangkan kutu dan telur pada rambut Anda.

Apabila Anda selesai mencuci rambut Anda dengan shampoo, maka bungkus rambut Anda dengan menggunakan handuk beberapa saat dan kemudian gerak-gerakan handuk pada kepala Anda.

Dengan upaya gerak-gerakan handuk tersebut, kutu dan telur pada rambut Anda akan menempel pada handuk, dan dapat Anda buang.

Selain menggunakan beberapa alat tersebut, beberapa bahan dibawah ini juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan telur dan kutu rambut dengan cukup mudah.

lemon

Jeruk nipis atau lemon.

  • Jeruk nipis atau lemon merupakan salah satu buah dengan kandungan asam yang tinggi. Kandungan asam dapat digunakan sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan kutu dan telur pada rambut.
  • Gunakan 2 sampai 3 buah lemon, potong menjadi dua bagian, dan kemudian peras lemon tersebut. Campurkan dengan 150 ml , dan mulailah untuk meneteskan dan memijat-memijatkan kedua bahan tersebut pada kulit dan rambut kepala Anda. Lakukan pemijatan kurang lebih 10 menit dan biarkan selama 30 menit.
  • Bilas rambut Anda dengan menggunakan air hangat. Maka cara tersebut dapat mematikan kutu dan telur rambut Anda.
Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

Minyak kelapa.

  • Kandungan asam lemak jenuh yang dimiliki oleh minyak kelapa dinilai mampu mengurangi kutu dan telur pada rambut Anda. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang dan berkutu, maka minyak kelapa dapat Anda jadikan alternatif untuk menghilangkan kutu rambut Anda.
  • Minyak kelapa memiliki pula kandungan vitamin E yang akan menyehatkan dan melembutkan rambut Anda.
  • Gunakan 2 takar sendok makan minyak kelapa dan yang telah dihangatkan. Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala Anda, pijat hingga lembut selama kurang lebih 15 menit.
  • Kemudian tutup rambut Anda dan biarkan beberapa jam, Anda dapat melakukannya pula saat malam hari saat Anda tidur. Kemudian bilaslah rambut Anda dengan berkeramas menggunakan shampoo.

Bagaimana? Mudah bukan untuk beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan beberapa cara diatas?

Selamat mencoba ya, semoga dapat Anda gunakan untuk mengurangi kutu dan telur pada rambut Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *