kata kata mutiara bahasa inggris
Kumpulan Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris Serta Artinya
15/03/2019
cara belajar berbahasa inggris
10 Cara Belajar Berbahasa Inggris Untuk Pemula Dirumah
16/03/2019

4 Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Panjang Secara Alami

cara menghilangkan kutu di rambut panjang

Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Panjang – Merasakan gatal pada rambut, hati-hati kutu rambut menyerang. terlebih bagi Anda yang memiliki rambut panjang, kutu akan lebih cepat berkembang biak.

Memiliki rambut panjang yang berkutu, artinya Anda akan mendapatkan kesulitan untuk menghilangkan kutu. Menggunakan shampo saja tidak cukup, Anda perlu menggunakan shampo dengan kandungan pengusir kutu yang kuat.

cara menghilangkan kutu di rambut panjang
Apakah Penyebab Adanya Kutu Pada Rambut?

Anda bisa mendapatkan kutu rambut dimana saja, melalui helm yang digunakan bersama orang lain, handuk bekas atau topi. Jika Anda berinteraksi dekat bersama dengan orang yang memiliki kutu rambut maka keesokan harinya telur kutu sudah ada di rambut Anda.

Baca Juga  Penyebab Kutu Rambut, Gejala, Serta Solusi Membasminya

Cara mengetahui apakah rambut panjang Anda memiliki kutu adalah dengan sisir serit. Cobalah untuk menyisir rambut Anda dengan sisir serit dari bagian kulit rambut hingga ujung jangan terputus.

perhatikan apakah terdapat kutu dan telurnya yang tersangkut pada sisir serit. Lakukan langkah tersebut berulang sampai seluruh bagian rambut. Jika Anda menemukannya maka sudah saatnya untuk mengetahui cara menghilangkan kutu di rambut panjang.

penyebab kutu rambut
4 Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Panjang Secara Alami

Banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Bahan-bahan yang mudah didapatkan sekaligus cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Minyak kelapa

Bahan yang paling mudah ditemukan di rumah adalah minyak kelapa. Minyak mengandung bahan yang akan mengusir kutu rambut sehingga cocok untuk rambut panjang. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengoleskan sambil memijat minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut.

Baca Juga  Tak Hanya Menyegarkan, Ini 10 Khasiat Buah Semangka Bagi Tubuh

Tutup rambut yang sudah diolesi minyak merata dengan shower cap atau handuk. Diamkan sekitar 6 jam kemudian bersihkan kutu dengan sisir serit. Banyak kutu yang mati dan telurnya yang akan rontok.

Bilas rambut dengan shampo hingga bersih dan tidak berminyak. Anda bisa menggunakan cara ini hingga kutu benar-benar hilang.

2. Bawang merah

Meskipun memiliki bau yang menyengat dan membuat pedas di mata, Anda bisa menggunakan bawang merah untuk menghilangkan kutu rambut. Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang akan membasmi kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu di rambut panjang dengan bawang merah adalah menggunakannya sebagai masker. Cukup haluskan 5 siung bawang merah hingga menjadi pasta. Oleskan pada seluruh bagian rambut merata dan tutup dengan shower cap.

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih Dirumah

Akan tetapi Anda perlu hati-hati agar air bawang merah tidak menetes di mata. Diamkan selama dua jam agar kutu mati. Setelah itu bilas rambut dengan air hangat dan shampo. Lakukan langkah ini berulang hingga kutu rambut benar-benar hilang.

3. Cuka dapur

Bahan dapur lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah cuka. Cuka memiliki kandungan asam yang akan membunuh kutu rambut secara efektif. Cuka akan merontokan kutu yang cara menggunakannya perlu ditambahkan minyak mineral.

Campurkan cuka dapur dan minyak mineral dengan takaran yang sama. Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur dan diamkan selama semalaman. Jangan lupa untuk menutup kepala dengan shower cap.

Cuci dengan shampo keesokan harinya dan dilakukan langkah ini dalam 2 kali seminggu. Apabila Anda memiliki luka pada kulit kepala sebaiknya hindari pengobatan dengan cara ini. Cuka akan menimbulkan rasa perih dan berujung pada iritasi.

Baca Juga  8 Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Aman dan Alami

4. Almond

Bagi Anda yang sedang diet dan memiliki stok almond cukup banyak gunakan bahan alami ini untuk menghilangkan kutu di rambut. Cara menghilangkannya adalah dengan pasta almond.

Rendam almond semalaman untuk melupakannya kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit rambut merata dan diamkan selama 2 jam. Minyak almond akan bekerja membasmi kutu rambut.

Setelah itu bilas dengan air dingin. Perawatan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama dan sangat efektif. Anda perlu mengaplikasikannya seminggu sekali selama satu bulan.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *