khasiat daun bidara
Mengenal 11 Khasiat Daun Bidara dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
17/11/2018
manfaat pisang ambon
Selain Sumber Energi, Ini 7 Manfaat Pisang Ambon Untuk Tubuh
19/11/2018

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan 6 Bahan di Dapur

cara menghilangkan kutil di wajah

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah – Kutil adalah salah satu jenis penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja. Kutil berbentuk benjolan kecil di atas kulit dan memiliki tekstur yang kasar. Virus HPV (Human Papilloma virus) adalah virus penyebab timbulnya kutil pada wajah. Adanya penumpukan keratin pada atas kulit membuat tekstur baru sehingga menimbulkan kutil.

Meskipun tidak berbahaya namun virus penyebab kutil dapat menyebar dengan sangat mudah. Oleh karena itu Anda harus selalu berhati-hati karena kapans saja Anda berada di tempat umum virus ini bisa saja menyerang.

Virus HPV dapat menular melalui sentuhan langsung apalagvi ketika imun tubuh sedang menurun virus akan cepat menyerang.

Bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh atau memiliki penyakit khusus bahkan setelah operasi sangat rentan untuk terkena virus ini. Kebanyakan anak-anak dan remaja juga mudah terkena kutil.

Ciri Ciri Kutil Pada Wajah

cara menghilangkan kutil di wajah
Kutil bisa tumbuh di mana saja di bagian kulit. Kutil yang sangat mengganggu berada di area wajah. Adanya benjolan membuat tidak percaya diri dan rasa sakit yang diderita bisa sangat mengganggu.

Pernahkah Anda mendengar mitos bahwa orang yang suka mengintip akan terkena kutil pada area mata? Tentu saja itu hanya mitos karena sumber penyebab kutil adalah virus.

Ciri-ciri kutil di wajah bisa berukuran 0,1 cm hingga 1cm. Jangan samakan kutil dengan kanker kulit yang juga akan timbul di permukaan kulit. Kutil bukanlah kanker atau bersifat sejenisnya sehingga untuk mengobati pun akan ada banyak cara yang bisa digunakan.

Baca Juga  Mau Terlihat Lebih Maco? Ini 5 Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami

Apabila Anda memeriksakan ke dokter maka Anda akan diberikan resep salep penghilang kutil wajah. Salep ini bersifat antibiotik dan harus digunakan sampai kutil benar-benar hilang.

Selain salep ada banyak cara menghilangkan kutil di wajah dengan bahan-bahan yang alami, lalu apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Simak kelanjutannya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan 6 Bahan di Dapur

cara menghilangkan kutil di wajah
Langkah pengobatan yang dipilih untuk mengobati kutil bisa bervariasi. Anda bisa memilih untuk mengatasi kutil dengan berobat ke dokter atau hanya dengan memilih pengobatan herbal yang bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur.

Cara menghilangkan kutil di mata dengan bahan alami sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Sebelum adanya obat-obatan salep, obat alami dengan bahan dari tanaman lebih banyak dipergunakan. Pengobatan alam ini bisa menjadi alternatif pengobatan kutil. Berikut ini daftarnya.

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan yang paling mudah dan cepat ditemukan di dapur. Bawang putih merupakan bahan yang akan menyembuhkan kutil. Zat yang terkandung di dalam bawang putih dipercaya mampu mengempeskan kutil dan menyembuhkannya dalam waktu yang sangat cepat.

Baca Juga  Lupakan Obat, Ini Cara Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih Dirumah

Jika Anda ingin menggunakan bawang putih cukup menghaluskan bawang putih kemudian menempelkannya pada bagian wajah yang terkena kutil. Lakukan ini dengan kasa dan dibalut hingga bawang putih menempel dengan benar.

Diamkan bawang putih yang menempel hingga seharian penuh. Cairan bawang putih akan meresap ke dalam pori kayu sehingga kutil akan mengelupas dengan cepat. Bagi orang yang telah mencobanya kutil akan terlepas setelah satu minggu.

2. Cuka apel

Bahan lain yang juga banyak ditemukan di dapur adalah cuka apel. Cuka apel dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Cuka apel mempercepat pengelupasan kutil dalam beberapa hari. Cara menggunakannya campurkan terlebih dahulu cuka apel dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air. Setelah itu oleskan pada wajah yang terkena kutil.

Baca Juga  Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Lakukan cara ini secara rutin, Anda tidak perlu membilas cuka apel karena akan meresap dan mengobati kulit berkutil dengan cepat. Di dalam cuka apel terdapat multi vitamin dan asam amino yang mempercepat penyembuhan penyakit kulit seperti kutil.

3. Kulit pisang

Jangan buang kulit pisang jika Anda sedang terkena kutil di wajah. Kulit pisang akan membantu cara menghilangkan kutil di waja dengan cepat. Di dalam kulit pisang terdapat enzim proteolitik yang akan menghancurkan virus penyebab kutil.

Enxim ini akan bekerja baik apabila kulit pisang dibuat menjadi bubur kemudian ditempelkan pada bagian kutil. Lakukan cara ini setiap dua kali sehari sehingga kutil akan segera sembuh.

Baca Juga  Fungsi Baking Powder Dan Perbedaan Baking Soda Vs Baking Powder

4. Baking powder

Bahan yang mudah ditemukan di dapur antara lain adalah baking powder. Bahan ini akan menghilangkan kutil dengan cepat. Cara menghilangkan kutil di wajah adalah mencampurkan baking powder terlebih dahulu dengan minyak kastor. Campuran tersebut lalu ditempelkan pada bagian kutil selama seharian. Kutil akan segera mengering dan mengelupas.

5. Daun kemangi

Selain enak buat lalapan daun kemangi memiliki efek untuk cara menghilangkan kutil wajah. Virus dari kutil bisa diatasi dengan penggunaan daun kemangi yang bersifat antiinflamasi. Untuk itu siapkan daun kemangi yang segar dan tempelkan dengan plester anti air. Lakukan setiap dua kali sehari karena daun kemangi lama kelamaan akan membusuk.

Pastikan Anda selalu mengganti dengan daun kemangi yang masih segar. Lakukan cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

6. Garam

Garam pasti selalu tersedia di dapur. Jika Anda memilih cara menghilangkan kutil di wajah dengan garam ini cukup menguras kesabaran karena Anda harus melakukan perendaman kutil di dalam larutan air garam selama 10 menit. Pastikan Anda menggunakan air hangat. Setelah kutil mulai lembab usapkan bagian tersebut dengan batu apung, rasanya sedikt sakit namun kutil akan cepat hilang.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Berikut Cara Pengolahannya

Jika sudah digosok menggunakan batu apung gunakan kapas untuk menekan bagian kutil lalu jika sudah bersihkan dengan air bersih. Keringkan kutil dan tutup dengan plester. Menjaga area yang berkutil tetap bersih akan mempercepat penyembuhan.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *