cara menghentikan mimisan
Cara Menghentikan Mimisan Anak dengan Mudah dan Praktis
04/09/2018
aplikasi pengusir nyamuk
Aplikasi Pengusir Nyamuk Nakal Ini Bisa Kamu Download Sekarang Juga
05/09/2018

Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

cara menghilangkan ketombe dengan garam

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam – Sebagai mahkota yang mempercantik tampilan kita tentunya rambut juga memerlukan perawatan khusus.

Hal ini karena rambut yang tidak dirawat dengan baik akan mengalami banyak masalah yang dapat menyebabkan kerusakan sehingga membuat rambutmu terlihat tidak mempesona lagi.

Kerusakan nantinya dapat menggiring kita ke hal yang lebih parah, yaitu masalah hair loss dan berbagai masalah serius lainnya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah munculnya ketombe pada kulit kepala.

Penyebab Munculnya Ketombe Pada Rambut

Sebelum kita mencari tahu mengenai cara menghilangkan ketombe dengan garam dan bahan lainnya, ada baiknya jika kita mengetahui penyebabnya sehingga kita bisa mencegah timbulnya ketombe pada rambut Anda.

Beberapa penyebab ketombe muncul pada rambut Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Gak Cuman Untuk Kecantikan, Ini 17 Kegunaan Vaseline Petroleum Jelly

– Kondisi kulit yang kering

Memang ada banyak macam hal yang menyebabkan ketombe dapat muncul di kulit kepala. Ternyata, kondisi kulit kepala yang kering juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

Ketombe yang disebabkan karena kulit kepala yang kering biasanya memiliki karakteristik ukuran yang lebih kecil dan bentuknya seperti kulit yang mengelupas layaknya kulit pada bagian tubuh lain yang mengelupas.

– Jarang keramas

Penyebab yang paling umum dari munculnya ketombe pada kulit kepala adalah karena tidak jarang membersihkan rambut dengan keramas.

Rambut yang kotor akan menimbulkan penumpukan kotoran dan minyak pada kulit kepala yang kemudian menjadi ketombe yang mengganggu.

– Sensitif dengan produk perawatan rambut

Penyebab yang ketiga adalah karena kulit kepala kita sensitif dengan produk perawatan rambut tertentu.

Hal ini membuat saat kita menggunakan produk tersebut, kulit kepala kering atau terkena iritasi yang memicu munculnya ketombe.

Selain 3 penyebab di atas, ada juga penyebab ketombe lainnya. Beberapa penyebab tersebut diantaranya karena infeksi jamur, psoriasis atau penumpukan sel kulit mati, eksim, iritasi, dan dermatitis.

Untuk menghindari penyebab ketombe karena hal sepele seperti rambut yang kotor, kita dapat mencegahnya dengan membersihkan rambut secara teratur.

Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

cara menghilangkan ketombe dengan garam
Ketombe pada kulit kepala membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Keberadaan ketombe juga membuat kita kurang percaya diri karena rambut akan selalu terkesan kotor. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Dan mungkin kebanyakan orang jika mengalami ketombe maka akan segera menghilangkannya dengan bantuan sampo yang saat ini bisa kamu beli di pasaran.

Baca Juga  4 Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda dan Bahan Lainnya

Namun, tahukah kamu ternyata garam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

– Melakukan pemijatan pada rambut basah dengan garam

Cara pertama adalah menggunakan teknik pijatan. Pijatan menggunakan garam ini dilakukan pada kulit kepala yang sudah dibasahi.

Hal yang harus Anda lakukan diantaranya adalah membasahi rambut, menabur garam pada kulit kepala, kemudian lakukan pijatan dengan lembut dengan ujung jari.

Setelah memijat selama beberapa menit, Anda bisa bilas dengan menggunakan air hangat sebelum Anda bersihkan kembali dengan sampo jika perlu.

– Melakukan pemijatan pada rambut kering dengan garam

Selain dilakukan pada rambut basah, Anda juga dapat melakukannya pada rambut kering.

Caranya dengan menaburkan garam pada kulit kepala kering secara merata. Kemudian, basahi tangan Anda dan mulailah memijat kulit kepala dengan lembut.

Lakukan pembilasan jika Anda sudah memijatnya selama 15 menit. Bersihkan rambut dengan keramas.

cara menghilangkan ketombe dengan garam
Manfaat Garam Untuk Kesehatan Rambut

Cara menghilangkan ketombe dengan garam banyak dicari karena garam termasuk bahan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa manfaat garam bagi kesehatan rambut diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

– Mencegah minyak berlebih

Manfaat garam yang pertama bagi kesehatan rambut adalah menyerap minyak berlebih pada rambut. Kita tahu bahwa penumpukan minyak adalah salah satu pemicu munculnya ketombe.

Dengan garam, kita bisa mencegah timbulnya penumpukan minyak dengan menyerap minyak berlebih pada rambut.

– Menjaga kelembaban

Walaupun memiliki fungsi menyerap minyak berlebih pada rambut, garam ternyata juga dapat menjaga kelembaban rambut.

Hal ini membuat kita memiliki rambut yang tidak kelebihan minyak namun, tidak kering rambut yang memiliki kelembaban yang tepat akan membuat tampilan Anda semakin kece. Rambut pun akan lebih mudah diatur dibandingkan dengan rambut yang kering.

– Membantu mempercepat pengangkatan sel kulit mati

Agar kulit kepala dapat beregenerasi dengan cepat, sel kulit mati harus cepat terangkat. Pengangkatan sel kulit mati pada kulit kepala akan merangsang kulit untuk beregenerasi dengan lebih cepat pula.

Itu tadi cara menghilangkan ketombe dengan garam. Anda dapat dengan mudah melakukannya di rumah karena bahannya tersedia dan mudah didapatkan. Anda dapat memilih cara basah atau pun cara kering sesuai dengan keinginan.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut secara teratur agar ketombe dapat hilang dan tidak kembali lagi. Jangan lupa hindari beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab ketombe.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *