manfaat neurobion
Inilah 11 Manfaat Neurobion Untuk Kesehatan, Apa Sajakah Itu?
24/09/2018
kuliah di jerman
Panduan Lengkap Kuliah di Jerman dan Syarat Yang Harus Dipenuhi
25/09/2018

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Garam– Sahabat, apakah Anda pernah mengalami kondisi gigi dengan perubahan warna yang menggelap, terutama di dekat gusi? Itu adalah karang gigi.

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang mengeras pada gigi manusia. Karena biasanya berwarna berbeda dari gigi, maka tentu saja karang gigi akan mengganggu penampilan. Selain itu, karang gigi juga dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti radang gusi.

Penyebab karang gigi

Karang gigi terjadi karena sisa-sisa makanan yang tidak segera dipersihkan. Sisa-sisa makanan yang barangkali tebalnya hanya setebal rambut itu akan mengeras dengan bantuan liur.

Karena karang gigi dapat menyebabkan beberapa masalah seperti bau mulut, gigi berlubang, radang gusi, dan periodontitis, banyak orang yang berusaha untuk segera membersihkan karang gigi.

cara menghilangkan karang gigi dengan garam
Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

Kini Anda dapat mengkonsultasikan masalah ini pada tenaga kesehatan. Namun, Anda juga mencoba beberapa cara sederhana untuk menghilangkan karang gigi di rumah/ Mau tahu caranya?

Baca Juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dapur

Caranya adalah menggunakan garam. Namun, selain garam masih ada beberapa bahan campuran agar hasilnya lebih optimal. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat dijadikan cara menghilangkan karang gigi dengan garam

1. Air hangat

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam yang umum dan paling mudah dilakukan adalah dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Hal ini biasanya juga dilakukan untuk menghilangkan sakit batuk.

Caranya adalah dengan berkumur dengan air garam hangat sebanyak 3 kali dalam sekali kumur, dengan selang waktu beberapa menit.

2. Baking soda

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam yang selanjutnya adalah dicampur dengan baking soda.

Cara ini tentu lebih keras dari cara sebelumnya, namun efektifitasnya juga lebih tinggi. Caranya adalah dengan menggunakan campuran garam dan baking soda sebagai pengganti pasta gigi.

Dalam mencampurkan garam dan baking soda, Anda harus hati-hati karena baking soda juga punya efek samping jika terlalu banyak digunakan.

Gunakan cara ini sebanyak 2 kali dalam satu hari dan coba setidaknya selama seminggu.

3. Minyak mustard

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan minyak mustard diklaim dapat menghilangkan karang gigi karena minyak mustard sendiri dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

Caranya adalah dengan mencampurkan garam dan minyak mustard untuk pengganti pasta gigi. Lakukan itu sebanyak 2 kali sehari.

4. Jus lemon

Pada dasarnya, jus lemon dapat memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi secara alami. Nah, jika dicampurkan dengan garam, larutan keduanya dipercaya dapat juga membersihkan karang gigi.

Untuk ini, Anda tidak perlu menggosokannya dengan sikat, tetapi cukup dengan mengoleskannya saja.

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

5. Minyak wijen

Selain untuk menghilangkan karang gigi, campuran dua bahan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

Anda dapat menggunakannya dengan cara menjadikan minyak wijen dan garam sebagai pasta gosok gigi atau pun juga dengan mengkumurkannya.

6. Minyak kelapa

Garam juga dipercaya mampu menghilangkan karang gigi jika dicamppurkan dengan minyak kelapa asli.

Caranya adalah dengan mengoleskan campuran garam dan minyak kelapa tersebut di bagian yang terdapat karang giginya.

Minyak kelapa sendiri juga diketahui sebagai bahan alamai yang baik untuk mengobati gusi yang mengalami peradangan akibat karang gigi.

Baca Juga  Ini Dia Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel

7. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya memang dikenal memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Tanaman yang satu ini juga berguna bagi seseorang yang bermasalah dengan karang gigi.

Dengan dicampur garam, lidah buaya juga dapat mengatasi pembengkakan pada gusi.

Sama dengan bahan-bahan sebelumnya, Anda bisa memakai campuran garam dan lidah buaya sebagai pasta gigi.

8. Cuka putih

Kandungan asam memang terkenal untuk menghilangkan bergaia karang, bahkan karang pada besi atau karatan. Namun, tentu saja yang ini sangat aman bagi tubuh manusia.

Kandungan asam asetat pada cuka putih dapat berguna sebagai demineralisasi enamil pada gigi.

Caranya adalah dengan menggunakan campuran garam dan cuka putih sebagai cairan kumur.

9. Minyak rosemary

Penelitian membuktikan bahwa ekstrak dari tanaman rosemary dapat digunakan sebagai pencegah pertumbuhan bakteri di mulut yang memproduksi glukan. Glukan tersebut yang akan memicu penimbunan dan terbentuknya plak.

Untuk menggunakannya, Anda dapat memakai campuran minyak rosemary dan garam menjadi pasta gigi. Selain itu, dapat juga dijadikan obat kumur.

Baca Juga  Cara Mengolah Lidah Buaya Dengan Benar Agar Bermanfaat

Nah, itu tadi adalah beberapa bahan yang dapat dijadikan campuran garam untuk membersihkan karang gigi. Jika bahan-bahan alami tersebut tidak efektif, Anda dapat mempertimbangkan konsultasi kepada dokter. Intinya, sahabat, jaga terus kesehatan badan ya!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *