Merasa Buta Warna? Lakukan Tes Buta Warna Parsial
10/08/2018
Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dapur
14/08/2018

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan Secara Tradisional

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan – Tersedak duri di leher tentu saja pernah dialami oleh sebagian besar orang. Adanya duri ikan yang tiba-tiba masuk ke leher saat sedang asyik-asyiknya menikmati ikan tentu saja sangat mengganggu. Leher akan terasa mengganjal, bahkan terasa tidak nyaman saat menelan.

Rasa sakit saat menelan yang ditimbulkan akibat tersedak duri harus segera ditangani. Karena jika tidak dilakukan tindakan segera, dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan pada area tenggorokan.

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan

Mengingat bahaya yang ditimbulkan akibat tersedak duri ikan akan sangat besar jika tidak segera ditangani, maka dari itu beberapa orang memutuskan untuk mencari berbagai cara menghilangkan duri di tenggorokan.

Berikut ini akan kami ulas mengenai berbagai cara menghilangkan duri di tenggorokan yang dapat Anda pilih dan dijadikan referensi.

Batuk

Pada saat Anda dengan tidak sengaja menelan duri ikan, Anda dapat mengeluarkan duri tersebut dengan cara batuk keras. Kendati waktu itu Anda tidak ingin batuk, usahakan untuk tetap dapat melakukannya. Sesekali lakukan pula gerakan layaknya mengeluarkan sebuah dahak.

Yang perlu Anda ingat yaitu jangan sesekali memasukkan jari ke dalam tenggorokan untuk mengambil duri. Hal ini akan memicu Anda muntah dan juga menyebabkan cedera pada tenggorokan. Selain itu, jari yang Anda masukkan tentu dipenuhi bakteri sehingga tindakan tersebut sama saja memasukkan berbagai bakteri ke dalam tubuh Anda.

Air garam

Konon, air garam dipercaya dapat mengeluarkan duri yang menyangkut di tenggorokan. Duri yang tersangkut di tenggorokan nantinya akan terbawa bersama air garam masuk ke dalam sistem pencernaan.

Penggunaan air garam pada cara ini pun terbilang mudah. Anda hanya perlu melarutkan garam pada segelas air hangat lalu di aduk secara rata. Minum air garam yang sudah larut hingga habis.

Baca Juga  Alami Hipertensi? Jangan Khawatir Ini 5 Cara Menurunkan Tensi Darah

Menelan nasi putih

Anda dapat menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan hanya dengan menelan nasi putih saja. Namun usahakan untuk mengonsumsi nasi putih hangat agar lidah dan tenggorokan tidak terbakar.

Adapun cara melakukannya sangatlah mudah. Anda bisa langsung mengambil sekepal nasi putih dan dibulatkan hingga membentuk bola ping pong. Nasi yang sudah dibulatkan kemudian di kunyah terlebih dahulu.

Hal yang senantiasa harus Anda ingat yaitu jangan membuat bulatan terlalu besar agar tidak tersedak. Selain itu, persiapkan segelas air putih untuk membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

Manuver heimlich

Manuver heimlich merupakan suatu gerakan yang bertujuan untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan. Gerakan ini dapat Anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan mengepalkan tangan dan letakkan dia tas pusar. Cengkeram kepalan tangan tersebut kemudian bungkukan tubuh Anda. Jika diperlukan, berilah tumpuan pada bagian bawah perut menggunakan meja atau kursi.

Langkah selanjutnya yaitu dorong dan tekan kepalan tangan agak miring ke atas kemudian lepaskan. Lakukan gerakan ini secara berulang hingga 6-10 kali sampai duri yang tersangkut pun terlepas.

Menarik daun telinga

Entah cara ini dikategorikan mitos ataupun fakta, namun konon ceritanya orang-orang zaman dahulu akan menarik satu atau kedua daun telinganya saat tersedak duri ikan. Cara ini memang cukup aneh, tetapi Anda dapat mencobanya. Gerakan menarik telinga juga diikuti dengan menelan makanan lunak maupun minum air putih sebanyak mungkin.

Menelan marshmallow

Permen lunak dengan bentuk bantal yang sangan digemari anak-anak hingga orang dewasa ternyata juga memiliki khasiat menghilangkan duri yang menyangkut di tenggorokan. Bahkan duri yang tidak dapat dihilangkan dengan air putih dapat dihilangkan menggunakan marshmallow.

Baca Juga  Makanan Penambah HB Atau Hemoglobin yang Bisa Anda Konsumsi

Anda cukup mengunyah marshmallow seadanya tanpa perlu sampai halus. Kemudian, telan marshmallow tersebut. Jika berhasil, maka duri yang ada pada tenggorokan Anda akan masuk ke dalam sistem pencernaan bersama marsmallow yang Anda makan.

Jika belum berhasil, lakukan hal tersebut pada permen marshmallow kedua, ketiga, dan seterusnya hingga duri yang ada di tenggorokan hilang.

Meminta bantuan orang lain untuk menepuk punggung

Pertolongan pertama saat Anda tersedak duri yaitu dengan meminta bantuan orang lain untuk menepuk punggung Anda. Meski cara ini tidak berpeluang besar untuk berhasil, namun Anda dapat mencobanya.

Untuk melakukan cara ini, Anda harus berdiri membungkuk. Orang yang akan membantu Anda hendaknya berada di samping Anda. Kemudian, mintalah orang tersebut untuk melingkarkan lengannya ke leher ataupun dada lalu tepuk punggung bagian atas.

Gerakan ini dilakukan berulang-ulang hingga duri pada tenggorokan Anda benar-benar keluar.

Demikian berbagai cara menghilangkan duri di tenggorokan dengan mudah. Apabila dari kesekian cara sudah dicoba namun tak kunjung membuahkan hasil, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT.

Selain itu, apabila duri ikan yang tertelan sudah sangat mengganggu bahkan sampai mengakibatkan pembengkakan, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan X-ray dan laringoskopi. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek bagian belakang tenggorokan.

Akan tetapi, jika Anda sampai mengalami kesulitan berbicara, kemungkinan besar dokter akan menyuruh Anda melakukan CT-Scan. CT-scan juga digunakan untuk melihat tingkat kerusakan pada bagian tenggorokan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *