cara mengatasi telinga berdengung
Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah
11/06/2019
manfaat kolang kaling
Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan
12/06/2019

Penyebab dan 3 Cara Menghilangkan Dengkuran Secara Mudah

cara menghilangkan dengkuran

Cara Menghilangkan Dengkuran – Mendekur atau mendengkur merupakan salah satu gejala atau fenomena normal yang terjadi pada semua orang, mendengkur dapat terjadi pada anak-anak usia bayi, balita, remaja dan sering terjadi pada orang tua.

Penyebab terjadi dengkuran dapat bervariasi dan antara satu orang dengan orang lainnya bisa saja berbeda-beda. Secara umum dengkuran dapat terjadi karena adanya faktor dari dalam tubuh, faktor eksternal dari luar tubuh dan juga karena faktor fisiologi dan anatomi rongga hidung dan mulut.

Baca Juga  Cara Menambal Gigi Berlubang Secara Alami Dengan Mudah

Beberapa faktor internal dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan dengkuran adalah tubuh terlalu lelah, banyak bekerja dan kurang beristirahat sehingga menyebabkan empu tubuh mengalami kelelahan dan menyebabkan dengkuran pada rongga mulut dan hidungnya.

Apakah Penyebab Dengkuran?

cara menghilangkan dengkuran
1. Keseringan mengonsumsi alkohol

Selain itu dengkuran juga dapat terjadi karena keseringan mengonsumsi alkohol, nah bagi anda yang sering kali mengonsumsi alkohol bisa anda perhatikan bisa jadi ini adalah penyebab dengkuran anda tiap malam. Dengkuran yang disebabkan karena konsumsi alohol bisa dicegah jika anda mengurangi konsumsi alkohol.

2. Faktor berat badan berlebihan

Penyebab dengkuran dari internal faktor lain adalah faktor berat badan, orang dengan berat badan berlebih akan lebih banyak memiliki kemungkinan mendengkur dalam tidurnya karena anatomi rongga mulut dan hidung akan mengalami penyesuaian sehingga menyebabkan tidur anda mendengkur.

Baca Juga  Apa Itu Diet Keto? Dan 4 Hal yang Diperhatikan Saat Diet

3. Posisi tidur yang salah

Sementara faktor-faktor dari eksternal yang menyebabkan seseorang mendengkur adalah posisi tidur. Kebanyakan posisi tidur yang bisa menyebabkan mendengkur adalah posisi terlentang atau tengkurap. Posisi terlentang akan membuat rongga mulut dan hidup terasa lepas kontrol dan kurang bisa menyesuaikan diri sehingga tubuh mengeluarkan dengkuran.

Sementara posisi tidur yang tengkurap akan membuat rongga mulut dan rongga hidung tertekan dan tubuh bereaksi mengeluarkan dengkuran.

4. Posisi anatomi tubuh

Selain faktor-faktor di atas, dengkuran bisa terus terjadi jika anatomi dan fisiologi rongga mulut dan hidung yang menyebabkan terjadinya dengkuran. Akan tetapi secara umum dengkuran yang masih dalam tahap wajar bisa ditoleransi dengan mengurangi faktor-faktor penyebabnya.

Hanya saja anda perlu respek atau toleransi dengan keluarga dan anak istri anda jika mereka terganggu karena anda terus menerus mendengkur saat tidur. Anda bisa mengurangi faktor-faktor penyebab dengkuran dengan mencarinya sesuai dengan penyebab di atas.

3 Cara Menghilangkan Dengkuran Secara Mudah Dirumah

cara menghilangkan dengkuran
Anda disarankan mencari cara menghilangkan dengkuran jika anda merasa dengkuran anda menyebabkan rongga mulut dan hidung anda terasa nyeri, setiap malam sehabis mendengkur anda terengah-engah dan kecapekan, sering seperti merasa tersedak, kesulitan berkonsetrasi dan mengalami sakit tenggorokan atau sakit kepala.

Cara paling cepat adalah anda segera menghubungi dokter untuk diberikan obat untuk meredakan dan mengurangi penyakit anda. Selain itu, anda bisa mengurangi faktor-faktornya dengan melihat sejumlah faktor pemicu yang terjadi yang telah dijelaskan di atas. Kemudian anda juga bisa mengikuti tiga cara menghilangkan dengkuran secara mudah:

Baca Juga  Catat, Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin Penggemuk Badan

1. Jaga berat badan tubuh

Pertama, jaga berat badan anda pada posisi ideal. Posisi ideal ini sangat penting karena biasanya dengkuran sering menyerang kepada mereka yang berat badannya di atas normal.

Sehingga jika anda merasa berat badan anda melebihi normal, maka anda perlu segera menurunkan berat badan anda. Anda bisa menghitung berat tubuh ideal dengan rumus indeks massa tubuh.

2. Perbanyak olahraga

Kedua, perbanyak olahraga dan cari posisi tidur yang benar. Olahraga akan membuat aliran darah dan udara di dalam tubuh anda berjalan lancar. Selain itu, olahraga juga bisa membakar lemak di dalam tubuh yang otomatis membuat berat badan anda semakin ideal.

Kemudian ubahlah posisi tidur anda yang dari awalnya terletang atau tengkurang menjadi miring. Anda bisa siapkan dua bantal di depan dan di belakamg anda untuk menjaga agar anda tetap bisa miring ketika tidur.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

3. Kurangi gaya hidup tak sehat

Ketiga, kurangi gaya hidup tak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol jenis apapun. Rokok menjadi penyebab utama masalah-masalah tenggorokan dan paru-paru, sementara alkohol bisa memicu masalah dengkuran.

Jika anda mendapat resiko dari mengkonsumsi keduanya, maka anda bisa mendapat masalah besar dengan dengkuran anda.

Cobalah kurangi merokok dan mengonsumsi alkohol jenis apapaun, mulailah hidup sehat, mengurangi gorengan dan makanan-makanan fast food, banyak makan sayuran dan buah-buahan akan membantu rongga mulut dan tenggorokan anda menajdi lebih baik.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *