memutihkan gigi
Ini Dia Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel
10/08/2018
Merasa Buta Warna? Lakukan Tes Buta Warna Parsial
10/08/2018

Ibu Harus Tahu, Ini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

bayi cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi – Menjadi seorang ibu adalah impian bagi hampir setiap wanita di dunia ini. Memiliki anak dan mengurusnya sendiri memberikan kebahagiaan yang tidak bisa diukur dengan materi bagi para wanita.

Dalam mengurus anak tentunya para ibu kerap menemui masalah dan pertanyaan,termasuk tentang cegukan.

Para ibu baru yang belum berpengalaman dalam mengurus anak pasti akan menemui cukup banyak hal membingungkan pada pengalaman mempunyai anak pertama. Anda mungkin akan menemui kondisi-kondisi darurat yang perlu penanganan segera dengan tepat.

Menangani anak bayi memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Oleh sebab itu, biasanya ibu baru akan meminta saran pada orangtua atau orang sekitar yang sudah berpengalaman untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh bayi mereka.

Nah, salah satu yang bisa membuat ibu baru menjadi panik adalah ketika bayi mengalami cegukan yang berkelanjutan. Ibu yang belum paham biasanya akan bingung mencari cara untuk menghentikannya. Kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi.

cegukan pada bayi

Tak Perlu Panik, Ini Dia Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi dengan Efektif

Cegukan pada bayi bisa terjadi karena reaksi otot diafragma pada bayi. Reaksi ini membuat diafragma akan mengencang dan menutup pita suara. Tertutupnya pita suara ini yang membuat timbulnya suara khas cegukan.

Bayi cegukan setelah menyusui memang sering dialami oleh bayi di bawah 1 tahun dan pada dasarnya tidak berbahaya bagi bayi.

Akan tetapi, menghilangkan cegukan pada bayi memang perlu dilakukan dengan cepat agar bayi kembali merasa nyaman dan tidak rewel. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi bayi yang cegukan atau gumoh:

Perhatikan posisi menyusui

Posisi menyusui yang salah bisa membuat posisi otot-otot bayi tidak berada pada posisi yang seharusnya. Posisi menyusui yang benar akan melancarkan jalan ASI masuk ke dalam tubuh bayi tanpa mengganggu fungsi tubuh lainnya.

Pastikan ketika menyusui posisi puting dan areola masuk ke bagian mulut bayi. Tak hanya itu perut bayi juga harus berhadapan dengan perut Anda. Posisi ini memungkinkan bayi menelan ASI dengan lancar namun perlahan sehingga cegukan bisa dihindari.

Sesuaikan posisi menyusui yang paling nyaman

Baca Juga  Pusing BB Bayi Kurang? Berikan 5 Susu Penambah Berat Badan Bayi Ini

Cegukan bisa disebabkan karena posisi menyusui yang kurang tepat sehingga ada udara yang masuk bersama ASI ke dalam mulut bayi. Maka dari itu sebaiknya perhatikan apakah posisi Anda dan bayi sudah sama-sama nyaman.

Setiap kali menyusui Anda perlu memastikan bahwa udara tidak masuk ke dalam mulut bayi. Udara yang masuk terus-menerus bisa memicu bayi tak hanya cegukan bahkan bisa tersedak.

Peluk bayi untuk memberikan ketenangan

Ketika cegukan, tubuh bayi akan berguncang dan membuatnya tidak nyaman. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memberikan kenyamanan pada bayi dengan cara memeluknya.

Memeluk bayi sambil mengusap-usap punggung atau tubuhnya akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman sehingga cegukan dapat lebih cepat mereda. Pastikan Anda melakukan pelukan dan usapan dengan benar-benar lembut.

Berikan makanan kepada anak sedikit demi sedikit

Hal ini berlaku bagi anak-anak di atas usia 6 bulan atau yang sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Ketika memberikan MPASI berilah dalam jumlah sedikit dan perlahan supaya anak tidak kesulitan menelan makanan sekaligus.

Ritme makan yang terlalu cepat dan terburu-buru dapat dengan mudah memicu cegukan bahkan tersedak. Hal yang tidak diinginkan adalah jika cegukan ini sampai membuat bayi memuntahkan makanannya.

Menepuk lembut bagian punggung bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya adalah dengan menepuk-nepuk bagian punggung bayi dengan lembut. Menepuk punggung bayi akan memicunya untuk bersendawa dan mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam tubuh.

Cara menepuk punggung bayi ini dilakukan dengan menggendong bayi dalam posisi berdiri terlebih dahulu. Ketika bayi sudah berada di posisi yang tepat Anda bisa mengusap dan menepuk perlahan bagian punggung hingga bayi sendawa.

Itu tadi 5 hal yang bisa dilakukan untuk meredakan cegukan bayi. Selain cara menghentikannya, ada hal-hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai cegukan agar Anda lebih paham dalam menangani si kecil.

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebagai cara menghilangkan cegukan pada bayi:

Membuat bayi kaget

Ada mitos yang mengatakan bahwa cegukan bisa dihentikan ketika seseorang dikagetkan secara tiba-tiba. Hal ini harus Anda hindari karena justru bisa berbahaya bagi bayi. Bayi yang kaget justru bisa bereaksi berbeda dan berisiko terjadi cedera.

Baca Juga  Panduan Perkembangan Bayi 2 Bulan Yang Harus Diketahui Ibu dan Ayah

Menekan atau menarik lidah bayi

Hal selanjutnya yang harus dihindari adalah menarik ataupun menekan lidah bayi. Cara ini mungkin dianggap efektif oleh sebagian orang, tetapi faktanya justru bisa berbahaya bagi bayi. Selain itu tangan yang kurang steril justru akan memasukkan bakteri ke tubuh bayi.

Memberi bantuan pernapasan

Anda tak perlu memberikan bantuan pernapasan sebagai cara menghilangkan cegukan pada bayi. Hal ini karena cegukan bukan terjadi karena tersumbatnya saluran pernapasan melainkan sebagai reaksi dari otot diafragma.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi Tak Kunjung Berhasil ?

Cegukan yang normal biasanya akan reda dan berhenti setelah beberapa saat, baik dengan cara menghilangkan cegukan pada bayi yang disebutkan sebelumnya ataupun dibiarkan secara alami. Tetapi Anda patut waspada jika cegukan terus berlanjut dalam waktu lama.

Cegukan berkelanjutan pada bayi bisa menjadi indikasi masalah lain yang lebih serius dan harus segera mendapat penanganan, seperti reflux gastroesophageal. Kondisi ini terjadi akibat asam lambung yang naik kembali ke tenggorokan. Reflux tersebut bisa menjadi penyebab dari cegukan yang tak kunjung berhenti.

Selain cegukan tidak berhenti, perhatikan pula gejala-gejala reflux di bawah ini yang biasa menyertai :

bayi menangis

Bayi lebih rewel dan sering menangis

Rasa tidak nyaman pada tenggorokan maupun bagian tubuh lainnya memicu bayi menangis terus-menerus. Anda perlu peka dan mencari penyebab tangisan bayi dengan segera.

Sering meludah dan mengeluarkan liur

Bayi yang mengalami reflux ada yang terlihat memproduksi liur dalam jumlah lebih banyak dan lebih sering meludah.

Sering melengkungkan punggung

Kondisi tidak nyaman pada tenggorokan dan lambung membuat bayi cenderung melengkungkan bagian punggung lebih sering dari biasanya.

Itu tadi sekilas mengenai cara menghilangkan cegukan pada bayi dan beberapa informasi terkait. Atasi cegukan dengan cara yang tepat dan sudah terbukti secara ilmiah. Hindari melakukan tindakan berdasarkan mitos yang belum diketahui secara pasti efeknya bagi bayi.

Apabila cegukan terus berlanjut sebaiknya segera bawa bayi bertemu dokter atau tenaga kesehatan profesional lain. Berkonsultasi dengan ahlinya dapat memberikan solusi paling tepat untuk masalah cegukan bayi Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *