manfaat belerang
Banyak yang Tidak Tahu, Ini 10 Manfaat Belerang Bagi Kehidupan
06/12/2018
kegunaan jeruk nipis
Tak Perlu Perawatan Mahal, Kegunaan Jeruk Nipis Ini Bisa Dimanfaatkan
07/12/2018

Lupakan Obat, Ini 15 Cara Menghilangkan Bruntusan Tanpa Efek Samping

cara menghilangkan bruntusan

Cara Menghilangkan Bruntusan – Semua orang pasti menginginkan memiliki kulit wajah yang mulus, bersih, dan sehat, apalagi wanita. Sayangnya terkadang muncul permasalahan di kulit wajah yang tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri.

Salah satu permasalahan kulit wajah yang sering muncul adalah bruntusan. Bruntusan sering dianggap sebagai akibat dari biang keringat. Tapi sebenarnya bruntusan merupakan bentuk lain dari jerawat berupa bintik-bintik kecil kemerahan yang muncul di daerah wajah.

Baca Juga  7 Cara Memerahkan Bibir Alami Dirumah Dengan Cepat dan Aman

Berbeda dengan jerawat yang biasa timbul pada remaja karena hormonnya bergejolak tidak stabil, bruntusan bisa muncul pada semua kalangan dengan berbagai sebab. Bruntusan atau jerawat kecil bisa muncul di 1 atau 2 titik saja, tapi sering ditemukan juga bruntusan yang muncul di beberapa area wajah. Bruntusan bisa muncul di daerah hidung, dahi, hingga dagu.

Meskipun ukuran bruntusan tidak besar seperti jerawat, tapi bruntusan tetap mengganggu karena bintik-bintik muncul dalam jumlah banyak dan bisa bertahan lama. Bintik merah di wajah bisa menimbulkan kesan orang tersebut kurang perhatian dengan kebersihan wajah.

Apakah Penyebab Bruntusan di Wajah?

cara menghilangkan bruntusan

Punya satu jerawat yang nempel di wajah saja sudah bikin kesal, apalagi kalau jumlahnya banyak? Ya bruntusan atau jerawat kecil sering muncul di area wajah yang menghasilkan minyak paling banyak atau T-zone wajah. T-zone wajah itu meliputi hidung, dahi, dan dagu. Bruntusan muncul akibat adanya sel-sel kulit mati, kadar minyak berlebih, serta bakteri yang menyumbat pori-pori kulit.

Adanya sumbatan ini akan menyebabkan kulit memerah, meradang, gatal, dan sakit. Nah, sebelum tahu cara menghilangkan bruntusan, ada baiknya mengetahui dulu beberapa faktor yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat hingga menyebabkan timbul bruntusan di wajah

1.Stress

Kondisi stres, depresi yang dialami seseorang bisa mempengaruhi kinerja tubuh. Akibatnya nutrisi untuk kulit terhambat dan memunculkan masalah pada kulit, termasuk bruntusan dan jerawat.

2.Perubahan hormonal

Jika remaja sering mengalami hormon yang bergejolak tidak stabil, orang dewasa juga bisa mengalami ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormonal ini bisa diakibatkan beberapa hal, diantaranya kondisi menjelang haid, penggunaan alat kontrasepsi, maupun karena menjalani pengobatan tertentu.

Baca Juga  Macam Macam Jerawat dan Cara Menanganinya

3.Kandungan bahan kimia berbahaya pada kosmetik

Sebelum memakai kosmetik, ada baiknya kita cek dulu apakah bahan kosmetik tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya atau tidak. Menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa menimbulkan reaksi pada kulit hingga menyebabkan berbagai masalah seperti bruntusan.

4.Sering terkena polusi

Polusi seakan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan, apalagi bagi penduduk kota besar. Polusi baik berupa kotoran, debu, maupun asap akan membuat wajah menjadi kotor dan menutupi pori-pori kulit. Hal ini pada akhirnya menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan bruntusan.

5.Alergi

Alergi bisa menyebabkan bruntusan pada semua kulit, tidak hanya wajah saja. Alergi bisa disebabkan makanan, obat, cuaca, sehingga memunculkan reaksi tubuh dalam bentuk bruntusan di kulit.

6.Malas membersihkan wajah

Malas mencuci atau membersihkan muka akan menyebabkan kulit kotor. Kotoran, bakteri, serta kuman yang menempel di kulit wajah bisa menyumbat pori-pori kulit hingga menyebabkan bruntusan.

Baca Juga  7 Manfaat Masker Alpukat untuk Kulit Wajah Lebih Cerah Alami

7.Memakai kosmetik terlalu tebal

Jika anda berpikir kosmetik tebal akan membuat penampilan semakin sempurna, maka anda salah. Karena penggunaan kosmetik terlalu tebal hanya akan menyumbat pori-pori serta menyebabkan jerawat dan bruntusan.

8.Faktor genetik atau keturunan

Disamping faktor dari luar, bruntusan bisa timbul karena faktor keturunan. Orang tua yang punya riwayat jerawat atau bruntusan, keturunannya cenderung mengalami bruntusan juga. Faktor keluarga yang dominan menurunkan masalah kulit wajah ini adalah dari ibu.

9.Faktor makanan

Penyebab bruntusan tidak selalu kotoran atau bakteri. Makanan dengan kolesterol tinggi seperti gorengan, pizza, burger juga bisa berperan atas timbulnya masalah di kulit wajah. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung gula atau makanan manis. Karena makanan tersebut bisa meningkatkan produksi minyak di kulit wajah, sehingga lebih rentan terkena bruntusan.

10.Merokok

Setiap orang pasti menasihati saudara atau temannya untuk berhenti merokok. Karena merokok berarti memasukkan racun ke dalam tubuh. Salah satu efek rokok dalah menimbulkan bruntusan di wajah. Asap rokok akan merusak sel-sel kulit mati dan memicu penyumbatan pori-pori kulit hingga menyebabkan beruntusan di kulit wajah. Jadi stop merokok ya agar badan jadi sehat dan wajah menjadi mulus.

Lupakan Obat Kimia, Ini 15 Cara Menghilangkan Bruntusan Tanpa Efek Samping

cara menghilangkan bruntusan

Bruntusan biasanya juga menimbulkan rasa perih dan gatal-gatal, sehingga mendorong orang untuk menggaruknya. Padahal terlalu sering menggaruk justru membuat bruntusan tambah parah dan pastinya kebanyakan orang akan memilih obat obatan kimia yang ternyata mungkin saja bisa menimbulkan efek samping.

Tapi tenang, ada bahan-bahan alami yang mampu menghilangkan bruntusan dengan tuntas. Berikut ini cara menghilangkan bruntusan dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami yang banyak ditemukan di sekitar kita

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan 6 Bahan di Dapur

1.Es batu

Cara menghilangkan bruntusan yang paling simple adalah dengan menggunakan air dingin atau es batu. Sensasi dingin es batu mampu mengurangi rasa perih dan gatal-gatal, sekaligus mengempiskan bintiki-bintik merah di wajah. Hal ini karena es membantu menghilangkan kotoran yang menempel di wajah serta mengecilkan pori-pori sehingga bruntusan mereda.

Untuk menghilangkan bruntusan, kompres wajah selama sekitar 5 menit menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam kantong plastik atau es batu yang dibalut dengan kain. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari dan lihatlah perubahan pada wajah.

2.Cuka sari apel

Tidak hanya menyehatkan, cuka sari apel bermanfaat mengatasi berbagai masalah pada wajah, salah satunya menghilangkan bruntusan. Kandungan asam malat membuat cuka sari apel mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur sehingga melindungi kulit dari kotoran, minyak, dan bakteri penyebab bruntusan.

Caranya adalah tuangkan cuka sari apel pada kapas, kemudian usapkan pada wajah yang terkena bruntusan. Anda bisa menambahkan sedikit air untuk mengurangi efek cuka sari apel yang terlalu kuat bagi kulit. Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari, maka anda pun akan segera melihat wajah anda bersih kembali.

3.Lidah buaya

Lidah buaya telah dipercaya khasiatnya dalam perawatan rambut dan kulit sejak jaman dulu. Selain melembabkan kulit, lidah buaya bermanfaat juga mengurangi gatal dan menghilangkan bruntus kemerahan. Hal ini karena lidah buaya mengandung berbagai nutrisi yang mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke kulit wajah, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

4.Madu

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Madu mengandung asam amino dan vitamin yang bermanfaat mengelupas kulit serta mengganti sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab bruntusan. Perawatan dengan madu akan membuat kulit wajah lebih lembut, bercahaya, dan sehat.

Untuk menghilangkan bruntusan, cukup oleskan madu ke kulit wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Baca Juga  Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Cara Menggunakanya

5.Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang berkhasiat menghilangkan bruntusan tanpa efek samping apapun. Minyak zaitun mengandung senyawa aktif eugenol yang berkhasiat mengatasi gatal serta meregenerasi kulit dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Untuk mengobati bruntusan, mengkombinasi minyak zaitun dengan madu secukupnya, campur hingga rata dan oleskan ke bagian wajah yang terkena bruntusan. Selain dengan madu, anda dapat juga mengkombinasi minyak zaitun dengan bahan alami lainnya seperti kunyit dan minyak cengkeh.

6.Masker oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa digunakan juga untuk mengatasi bruntusan di kulit wajah. Kandungan alami pada oatmeal mampu mencegah iritasi kulit serta menyembuhkan peradangan, termasuk radang akibat bruntusan.

Cara mengatasi bruntusan dengan oatmeal gampang banget, campur bubuk oatmeal dengan air lalu aduk mingga mengental dan berbentuk bubur. Gunakan bubur oatmeal untuk dioleskan pada area wajah yang bruntusan,diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

7.Masker pepaya

Manfaat buah pepaya tidak hanya mengatasi sembelit, tapi juga berkhasiat mengatasi berbagai masalah kulit. Pepaya mengandung senyawa papain yang berfungsi sebagai antiinflamasi, sehingga mampu mengatasi peradangan yang diakibatkan bruntusan di wajah.

Untuk mengatasi bruntusan, buatlah jus dengan memblender buah pepaya. Oleskan jus pepaya ke wajah, diamkan selama 10 menit hingga mengering dan basuh wajah dengan air bersih.

8.Susu

Susu sangat baik dimanfaatkan untuk mengatasi bruntusan di wajah. Susu kaya akan fosfor, vitamin A, serta klorida yang menyehatkan kulit. Tidak itu saja, susu juga berkhasiat memutihkan kulit dan membuat wajah tampak lebih kencang. Untuk mengatasi bruntusan, siapkan susu murni tanpa tambahan apapun. Lalu cuci wajah dengan susu muni hangat dan bersihkan dengan air hangat

Baca Juga  Tak Perlu Pakai Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Panu Dengan Alami

9.Putih telur

Putih telur ternyata bisa juga dijadikan masker alami yang ampuh mengatasi bruntusan di wajah. Putih telur kaya akan protein yang bermanfaat memnyingkirkan sel kulit mati pada wajah. Selain itu. Putih telur juga mengandung vitamin E yang bagus untuk membuat kulit kencang kembali.

Untuk mengatasi bruntusan, anda bisa mencapurkan putih telur dengan tepung jagung dan mengaduknya hingga rata hingga membentuk pasta. Lalu gunakan adonan pasta tersebut sebagai masker dengan mengoleskan ke wajah yang bruntusan. Tunggu selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih

10.Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, salah satunya mengatasi jerawat dan sebagai cara menghilangkan bruntusan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit diantaranya vitamin B1, minyak atsiri, asam amino, glikosida, dan asam sitrun.

Untuk menghilangkan bruntusan, ambil air perasan jeruk nipis lalu celupkan kapas ke air perasan dan usapkan ke wajah yang terkena bruntusan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

11.Kulit pisang

Pisang tidak hanya menyehatkan dan rasanya enak, tapi juga ampuh menghilangkan bruntusan di wajah. Pisang mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi radang yang diakibatkan oleh bruntusan. Caranya amat mudah, anda tinggal mengoleskan kulit pisang ke wajah yang terkena bruntusan. Tungga 30 menit lalu basuh dengan air hingga bersih.

Selain cara menghilangkan bruntusan di atas, beberapa bahan alami berikut ini juga memiliki khasiat menghilangkan bruntusan dengan cepat

12.Cuka putih

13.Tomat

14.Ketumbar

15.Baking soda

Demikian tadi sharing informasi cara menghilangkan bruntusan menggunakan bahan-bahan alami. Gimana? Sangat mudah dan sederhana kan? Anda dapat mempraktekkan langsung sendiri di rumah dan ucapkan selamat tinggal bruntusan di wajah ya!!

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *