contoh narrative text legend
Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Narrative Text Legend
12/02/2019
cara menghilangkan gusi bengkak
7 Cara Menghilangkan Gusi Bengkak dan Cara Mudah Mencegahnya
12/02/2019

Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Alami

cara menghilangkan bekas cacar

Cara Menghilangkan Bekas Cacar – Cacar air atau Varicella seringkali menyerang anak – anak. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan cacar air bisa menyerang orang dewasa yang memiliki sistem imun lemah dan setiap orang yang tidak mendapatkan vaksin cacar.

Munculnya cacar air ini ditandai dengan demam, munculnya ruam pada kulit, dan rasa gatal yang disebabkan oleh virus varicella-zoster virus (VZV). Mengalami cacar air saat dewasa tentunya sangat membuat tidak nyaman.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

Hal ini dikarenakan cacar air bisa meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan dan tak jarang membuat Kita malu. Bahkan, peradangan pada kulit yang terjadi pada cacar air bisa menyebabkan bekas luka cekung pada kulit. Semua orang yang terkena cacar air, pastinya ingin memudarkan dan menghilangkan bekas cacar air terutama di bagian wajah.

 cara menghilangkan bekas cacar dengan alami
Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Alami

Nah, bisakah bekas cacar hilang? Bagaimana cara menghilangkan bekas cacar? Yuk kita simak cara menghilangkan bekas cacar dengan menggunakan berbagai macam bahan alami berikut ini.

Bekas cacar air bisa hilang dengan perawatan secara teratur. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan cacar air diantaranya:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau sering disebut Aloe Vera mengandung senyawa polisakarida dan mannose-6-phosphate yang berperan penting dalam penyembuhan luka. Kandungan lidah buaya yang beragam juga terbukti dapat digunakan sebagai penyubur rambut dan untuk perawatan kulit.

Baca Juga  5 Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah Salah Satunya Membasmi Jerawat

Selain kaya vitamin, mineral, dan antioksidan, lidah buaya juga mengandung cairan yang dapat menghidrasi kulit. Cara menghilangkan bekas cacar dengan lidah buaya bisa Anda lakukan dengan mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar air. Lakukan perawatan ini 3 kali sehari secara rutin setiap harinya.

2. Madu

Madu murni bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar. Kandungan asam amino dan antioksidan pada madu dapat membantu proses penyembuhan luka. Madu juga bersifat antibakteri, antiseptik serta antiradang yang mampu mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang mengalami kerusakan dan menyamarkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan madu yaitu oleskan madu pada bekas cacar air dan biarkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air setelahnya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini secara teratur

3. Air Kelapa

Air kelapa ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar. Anda bisa menggunakan air kelapa ini untuk membasuh bekas cacar air atau bisa juga dengan mencampurkan air kelapa ke dalam air yang Anda gunakan untuk mandi.

Baca Juga  5 Manfaat Air Kelapa Hijau dan Khasiat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

4. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Minyak vitamin E dapat melembabkan kulit, menghaluskan kulit, menetralisir efek radikal bebas. Umumnya minyak vitamin E ini dijual dalam bentuk tablet. Nah, Anda bisa menemukan minyak vitamin E ini di apotek.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan minyak vitamin E ini bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak vitamin E pada area bekas cacar di kulit sambil dipijat secara perlahan agar minyak ini meresap ke dalam kulit.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen dan mempercepat penyembuhan kulit. Cara menghilangkan cacar dengan minyak kelapa yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa secara teratur pada bagian kulit dimana bekas cacar berada.

6. Sari Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam lemon berguna sebagai antioksidan yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Untuk menghilangkan bekas cacar, Anda bisa membuat sari lemon dan mengoleskan sari lemon tersebut pada kulit dimana bekas cacar air berada.

Baca Juga  3 Manfaat Kentang Untuk Wajah Yang Jarang Diketahui

Anda juga bisa menggunakan kapas yang dicelupkan pada sari lemon lalu menempelkannya pada bekas cacar. Biarkan hingga meresap lalu bilaslah dengan air bersih.

 cara menghilangkan bekas cacar

7. Mengkudu

Buah mengkudu sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Walaupun buah ini memiliki bau yang tidak sedap, namun mengkudu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka pada kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan mengkudu yaitu parut buah mengkudu, kemudian oleskan parutan buah mengkudu ini pada bagian bekas cacar. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Baking Soda

Baking soda yang sering Anda temui sebagai bahan dalam pembuatan kue, bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas cacar. Caranya, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan air secukupnya. Kemudian aduk hingga rata dan berbentuk menyerupai pasta.

Baca Juga  8 Manfaat Bubur Kacang Hijau Jika Dikonsumsi Secara Rutin
leskan pasta tadi ke bagian bekas cacar pada kulit lalu bilas dengan air setelahnya.

9. Kacang Hijau

Cara menghilangkan bekas cacar dengan kacang hijau bisa Anda lakukan dengan merendam satu genggam kacang hijau selama 6 jam. Kemudian, tumbuk kacang hijau yang hingga halus dan tambahkan air secukupnya hingga kacang hijau berbentuk pasta.

Oleskan pasta kacang hijau pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar secara merata. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air setelahnya.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *