Mengenal Letak Usus Buntu dan Penyakit Usus Buntu
09/08/2018
Ciri Ciri Air Mani Mandul Ini Wajib Anda Antisipasi
09/08/2018

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Ampuh dan Efektif

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut – Jengkol masih tergolong satu spesies dengan pete kini mulai banyak digemari orang. Pasalnya, sayuran ini memiliki rasa yang sangat lezat apalagi kalau dimasak dengan resep yang tepat. Tantu saja kelezatan jengkol akan bertambah hingga dua kali lipat.

Meskipun sedap dan lezat, namun tak dapat dipungkiri bahwasanya jengkol juga menghasilkan aroma yang menyengat. Bukan hanya saat dimakan saja, bau jengkol yang sangat semerbak juga akan menetap di mulut hingga air seni. Hanya saja, bau ini hanya bersifat sementara dan akan hilangdalam beberapa waktu yang cukup lama.

Permasalahan bau mulut yang tak kunjung hilang tentu saja membuat Anda kurang percaya diri. Hal ini disebabkan Anda akan merasa khawatir jika lawan bicara Anda nantinya akan terganggu dengan bau yang kurang sedap ini.

Maka dari itu, beberapa orang akhirnya mencari berbagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang paling efektif dan cepat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol

Mengingat bau jengkol yang kurang sedap, tentu memerlukan penangan cepat dan tepat agar orang di sekitar Anda tidak merasa terganggu. Jangan sampai hubungan kekerabatan maupun pertemanan berujung tidak baik pasca Anda menikmati lezatnya jengkol.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol yang kerap kali dijadikan sebagai pilihan.

Gosok gigi dan berkumur

Cara klasik ini memang terbukti ampuh dan efektif dalam mengurangi bau jengkol di mulut. Untuk itu, segeralah menggosok gigi setelah Anda selesai makan jengkol. Usahakan untuk menggunakan pasta gigi beraroma segar, seperti mint.

Selain itu, Anda juga dapat langsung berkumur dengan menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau jengkol. Obat kumur juga dapat digunakan untuk membersihkan mulut.

Segala plak maupun kotoran yang menempel pasca makan akan hilang setelah berkumur. Mengingat besarnya manfaat obat kumur, alangkah lebih baik jika Anda selalu membawa obat kumur kemanapun Anda pergi.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

Obat kumur banyak sekali dipilih untuk dijadikan sebagai alternatif karena lebih praktis dan lebih cepat juga menghilangkan bau jengkol. Penggunaan obat kumur juga sangat disarankan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menggosok gigi berkali-kali.

Daun mint

Aroma segar yang dihasilkan daun mint memang terkenal ampuh menghilangkan semua jenis bau, tanpa terkecuali bau jengkol. Selain dapat menghilangkan bau jengkol, daun mint juga dapat menyegarkan mulut Anda.

Untuk menghilangkan bau jengkol, Anda hanya perlu mengunyah 1-2 lembar daun mint setelah Anda makan jengkol selama 1-5 menit. Kemudian, berkumurlah dengan menggunakan air panas untuk membilas sisa daun mint di mulut.

cara menghilangkan bau mulut setalah makan jengkol

Minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda setelah makan jengkol juga dapat menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan dari jengkol. Bau jengkol akan hilang dengan cepat setelah Anda meminum minuman bersoda.

Minuman bersoda sangat cocok untuk Anda yang mungkin saja tidak sempat untuk menggosok gigi. Namun tetap harus diingat, meminum soda jika terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan.

Air garam dan daun sirih

Sudah tidak asing lagi jika kombinasi garam dan daun sirih dapat memelihara kesehatan gigi dan mulut. Daun sirih juga dipercaya dapat membunuh bakteri dalam mulut. Bahkan saat ini kedua bahan ini sudah dapat Anda temukan dalam varian pasta gigi ternama di Indonesia.

Tak hanya memelihara kesehatan gigi dan mulut sja, ternyata air garam dan daun sirih juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut akibat makan jengkol.

Anda hanya perlu berkumur menggunakan air garam yang sudah dicampur dengan air rebusan daun sirih. Alhasil, bau jengkol pada mulut Anda akan hilang.

Kopi pahit

Baca Juga  Efek Samping Parasetamol Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Meskipun pahit, ternyata kopi hitam juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Kopi akan menetralisir aroma jengkol yang tersisa di mulut hingga aroma tidak sedap yang ditimbulkan dari jengkol akan hilang.

Bahan ini dapat Anda nikmati khasiatnya dengan menyeduh kopi hitam kemudian meminumnya. Selain itu, Anda juga dapat memakan 4 sendok kopi hitam secara langsung.

Namun, jangan pernah tambahkan gula pada kopi Anda. Gula hanya akan membuat bau mulut menjadi semakin tidak sedap.

buah buahan

Buah-buahan berkadar air tinggi

Buah sendiri merupakan pencuci mulut yang alami. Buah akan selalu disajikan sebagai hidangan penutup setelah menyantap makanan berat. Kandungan air yang tinggi dalam buah dapat menghilangkan bau jengkol pada mulut Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk memakan buah berkadar air tinggi setelah Anda makan jengkol.

Permen karet atau penyegar nafas

Mengulum permen karet atau permen penyegar nafas juga terbukti efektif untuk menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Selalu bawalah kedua benda ini agar sewaktu-waktu dapat Anda konsumsi setelah mengonsumsi jengkol.

Permen karet dengan rasa buah dapat menjadi pengganti yang baik jika tidak dapat menemukan buah dengan kadar air tinggi. Permen karet yang dikunyah dalam waktu yang cukup lama mampu terserap ke dalam permen karet tersebut.

Jika Anda lebih memilih mengonsumsi permen penyegar nafas, usahakan untuk memilih permen dengan aroma peppermint atau mentol. Sehingga, bau jengkol akan hilang dan juga dapat memberikan kesegaran pada mulut Anda.

Demikian berbagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol. Apapun cara yang Anda pilih, alangkah lebih baik jika diimbangi dengan mengonsumsi air putih. Selain murah dan menyehatkan, air putih juga dapat dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan bau jengkol di mulut saat Anda sibuk bekerja sekalipun.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *