ciri ciri anak cacingan
Ciri Ciri Anak Cacingan dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah
14/06/2019
manfaat eceng gondok
Kandungan dan 13 Manfaat Eceng Gondok Bagi Kesehatan Tubuh
15/06/2019

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

cara mengatasi telinga kemasukan air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air – Pernahkah Kamu berenang atau bahkan di bak mandi, memiringkan kepala Kamu dengan cara yang salah dan kemudian kuping kamu kemasukan air?

Seringkali air akan mengalir keluar dengan sendirinya, tetapi jika tidak, ia dapat terperangkap dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai telinga perenang, alias otitis eksterna. Sensasinya tidak nyaman pada awalnya dan terasa sedikit menggelitik, dan telinga terasa seperti berdengung.

Baca Juga  8 Manfaat Klorofil Mulai Dari Obati Luka Sampai Turunkan Resiko Kanker

Banyak orang yang nekat untuk menggunakan berbagai macam alat untuk mengeluarkan air pada telinga, akan tetapi jika cara ini dilakukan dengan cara yang salah sangat dikhawatirkan bisa menyebabkan gendang telinga pecah karena tertusuk oleh benda tajam dan akhirnya Kamu bisa kehilangan intensititas pendengaran.

cara mengatasi telinga kemasukan air dengan alami
Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Tidak ada yang suka air terperangkap di telinga. Terus terang, itu membuat Kamu sengsara, tetapi untuk mengeluarkannya dengan aman dan tanpa melakukan kerusakan lebih lanjut membutuhkan pemahaman tentang bagaimana air berperilaku.

Ingat, gravitasi umumnya menyebabkan air, di mana pun itu mencari tingkat terendah untuk mengendap. Penguapan, pengisapan adalah langkah lain untuk dicoba, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi telinga kemasukan air dengan mudah dan aman:

1. Gravity

Membiarkan gravitasi melakukan apa yang dilakukannya mungkin merupakan cara paling praktis untuk mengeluarkan air dari telinga Kamu.

Cukup dengan menarik atau menggoyang-goyangkan daun telinga Kamu untuk mengubah konfigurasi tabung yang mengarah ke saluran telinga Kamu, sambil memiringkan kepala ke arah bahu Kamu, dapat melakukan triknya.

2. Suction

Ciptakan ruang hampa dengan memiringkan kepala ke samping dan secara bergantian menangkupkan telapak tangan Kamu erat-erat ke telinga Kamu dan menjauh lagi, beberapa kali.

Cara mengatasi telinga kemasukan air ini dapat membantu memindahkan air atau setidaknya melonggarkannya sehingga dapat ditarik keluar.

Baca Juga  7 Manfaat Buah Markisa yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

3. Penguapan

Para ahli merekomendasikan menggunakan blow dryer untuk tujuan ini. Tempatkan pada pengaturan terendah untuk kedua kekuatan dan panas, pegang sekitar telinga Kamu dan gerakkan perlahan-lahan ke depan dan ke belakang untuk mendistribusikan kekuatan udara yang diarahkan ke telinga Kamu. Ini dapat membantu menguapkan air yang terperangkap dan secara bersamaan, lakukan manuver menarik-cuping telinga

4. Wicking

Mirip dengan cara ponsel yang jatuh secara tidak sengaja dalam air dapat dibangkitkan secara ajaib (dalam kondisi yang tepat) dengan menempatkannya ke dalam sekantung beras yang belum dimasak, wicking dapat bekerja untuk menghilangkan air yang terperangkap di telinga Kamu.

Coba gunakan handuk kering atau waslap untuk membersihkan telinga Kamu segera setelah mandi. Menggunakan waslap hangat sebagai kompres di telinga Kamu untuk mengeringkan, menenangkan dan menggabungkan beberapa metode di atas juga dapat membantu.

5. Evaporasi plus pencegahan infeksi

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang terakhir adalah dengan menggabungkan alkohol dan cuka 1-ke-1 dalam pipet steril mungkin memiliki efek gabungan membantu air menguap sambil mencegah pertumbuhan bakteri.

Tempatkan tiga hingga empat tetes ke telinga Kamu dengan kepala dimiringkan ke samping agar larutannya bekerja selama beberapa menit, kemudian keringkan.

cara mengatasi telinga kemasukan air
Komplikasi yang Disebabkan Oleh Telinga yang Kemasukan Air

Dalam kasus yang serius, mungkin ada komplikasi seperti gangguan pendengaran, atau infeksi yang menyebar ke kulit di sekitarnya atau selulitis, yang merupakan infeksi di lapisan dalam kulit.

Komplikasi juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh. Ini dapat termasuk otitis eksterna ganas, di mana infeksi menyebar ke pangkal tengkorak, atau bahkan otitis eksterna ganas yang lebih luas yang mempengaruhi otak dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Mudah

Namun harus diingat bahwa sebagian besar kasus diperlakukan secara sederhana dan efektif. Biasanya dokter Kamu akan mendiagnosis kondisi tersebut dengan memeriksa telinga dengan otoskop. Perawatan sering terdiri dari tetes telinga antibiotik dan mungkin juga termasuk obat tetes telinga antijamur jika infeksi bersifat jamur.

Obat tetes telinga cuka mungkin diresepkan untuk membantu mengembalikan keseimbangan bakteri yang tepat di telinga, dan kortikosteroid dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Dokter Kamu mungkin juga memberi Kamu sesuatu untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Antibiotik oral juga dapat digunakan pada kasus yang persisten. Selama perawatan, Kamu biasanya disarankan untuk tidak berenang.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *